Polisi Gelar Festival Lomba Mural Berhadiah Piala Kapolri Alhamdulillah… Hasil Panen Padi Memuaskan, Petani: Kami Kekurangan Mesin Thresher dan Pupuk Sumur Energi di Kawasan PT Reki di Batanghari Meledak, Satu Orang Alami Luka Serius Heboh !!! Warga Muaro Jambi Temukan Mayat Dalam Lobang Jenderal Kapolri Listyo Sigit: Penerapan PPKM Level 1 Hingga 4 di Jambi Menunjukkan Progres yang Baik

Home / Kota Jambi

Minggu, 12 September 2021 - 11:42 WIB

Akankah Penghina Warga Jambi di Proses Hukum ?

Kabarjambikito.com– Ketua Forum Jurnalis Jambi (FJJ) menyesalkan adanya video TikTok viral yang berisikan menghina warga Jambi. Vidio yang berdurasi 10 detik itu mendapat kecamatan dari berbagai pihak.

“Saya sebagai warga Jambi sangat terhina, tidak elok berbicara seperti itu yang seharusnya tidak diucapkan untuk menghina seseorang, kelompok atau daerah,” kata Budi Harto Ketua FJJ, Minggu (12/9/21).

Kendati demikian, dia menghimbau kepada warga Jambi untuk tetap tenang dan sabar. Namun begitu, ia berharap pemilik akun tiktok yang telah membuat geram warga Jambi segera diproses secara hukum.

“Kita mendesak aparat penegak hukum di Jambi untuk segera memproses pemilik akun tersebut, jika tidak di khawatirkan akan menambah kegeraman warga Jambi,” tukasnya.

BACA LAINNYA  Heboh!!! Seorang Siswi Meninggal di Kamar Kos

Tidak hanya itu saja, dia juga meminta kepada pelaku harus meminta maaf di depan publik dan didepan Ketua Lembaga Adat serta tokoh masyarakat Jambi.

Karena kata dia, Jambi merupakan negeri beradat, maka dari itu ia selaku putra Jambi tidak ingin sendi-sendi adat di Jambi rusak oleh orang yang tidak beradab dan tidak bertanggungjawab.

“Kedepannya saya berharap, tidak ada lagi orang yang berbuat serupa. Sebagai orang Jambi seharusnya buat prestasi yang membanggakan,” imbuhnya.

Sebelumya, vidio viral di akun tiktok menampilkan susana perkotaan dan terlihat gedung-gedung tinggi pencakar langit yang direkam dari sebuah ruangan.

BACA LAINNYA  Kecelakaan di Batanghari, Mobil Bupati Merangin Ringsek Hantam Truk Batubara

Namun, dalam peralihan video selanjutnya, terlihat suasana tampilan di salah satu lokasi di Jambi. Tidak hanya itu, video tersebut juga diiringi sebuah musik. Tidak lama kemudian diikuti oleh suara seorang pria yang merekam tersebut.

Ironisnya, laki-laki perekam video tersebut, menyebutkan kalimat yang tidak pantas, tentang Jambi. Dia menyebut Jambi dengan nama hewan, “Jambi orang-orangnya kayak *A*I. Benar-benar *A*i”.

Sementara itu, Kasubdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jambi, AKBP Wahyu Bram mengatakan, saat ini pihaknya telah menerima laporan tersebut.

Diakuinya, pihaknya akan mendalami akun tersebut, dan melakukan pengejaran terhadap pelaku.

BACA LAINNYA  Kota Jambi Pertama di Indonesia Dengan Capai Vaksinasi 77,92 persen

“Yang jelas kami akan cari pelaku, kami akan panggil dan tanyakan maksud dari postingan tersebut apa,” tandasnya.

Dia juga menambahkan, akibat postingan tersebut, tentunya banyak masyarakat Jambi yang tidak terima dan merasa terhina dengan perbuatan pelaku.

“Jadi wajar bila ada yang melaporkan atas perbuatan pelaku. Maka kami akan dalami motif dan tujuannya. Jadi segala sesuatu akan kami periksa,” ungkap Bram.

Akibat perbuatannya, jelas Bram, pelaku dapat dijerat dengan UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis. “Pelaku ini dapat diancam 5 tahun penjara,” tegasnya mengakhiri.

(Ade)

Share :

Baca Juga

Kota Jambi

Penyekatan Kota Jambi Dihentikan, Nikah dan Resepsi Diperbolehkan

Kota Jambi

Minta PPKM Level 4 Dicabut, Kalau Tidak Ini Yang Dilakukan Warga Kota Jambi

Kota Jambi

Hari Ini Pemkot Jambi Putuskan Kelanjutan PPKM

Kota Jambi

Check In Hotel, Belanja, dan Makan di Restoran di Kota Jambi Harus Tunjukan Sertifikat Vaksin-19

Kota Jambi

Nginap di Hotel Pakai Sertifikat Vaksin, Ini Kata GM Luminor Hotel Jambi

Kota Jambi

Pemkot Jambi Gelar Rapat Bersama Forkompinda Bahas PPKM, Ini Hasilnya

Kota Jambi

Kota Jambi Pertama di Indonesia Dengan Capai Vaksinasi 77,92 persen

Kota Jambi

Nenek Tinggal Sebatangkara Terharu Saat Kedatangan Oleh Ketua MPW-PP