Menu

Mode Gelap
Facebook Mulai Uji Coba Kurangi Konten Politik di 80 Negara, Termasuk Indonesia Tanahnya Ditawar Miliaran Rupiah, Pensiunan PNS Ini Pilih Wakafkan untuk Masjid Al Haris Janji Berantas Sumur Illegal Drilling di Batanghari Pemaparan Visi Misi Cakades Bajubang Laut, Warga : Joni Punya Jaringan, dan Pergaulan Luar Biasa Maulana Terima Penghargaan Menkes Terkait Sanitasi Berbasis Masyarakat

Kabar Daerah · 1 Okt 2021 23:25 WIB

Al Haris Ajak Masyarakat Jambi Kokohkan Persatuan dan Kesatuan Republik


 Gubernur Jambi Al Haris, Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ikut Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual dari Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (1/10/21). Perbesar

Gubernur Jambi Al Haris, Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ikut Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual dari Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (1/10/21).

Kabarjambikito.comHari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober. Hari Kesaktian Pancasila 2021 jatuh pada Jumat (1/10/2021). Penetapan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila dilakukan berdasarkan SK Nomor 153 Tahun 1967 yang diterbitkan Presiden Soeharto pada 27 September 1967.

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober ini diperingati untuk mengingatkan masyarakat soal ideologi Pancasila yang tak bisa digantikan oleh paham apapun.

Pada 24 September 1966, seperti yang tertulis dalam Dokumen Terpilih Sekitar G30S/PKI (1997), Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian mengusulkan supaya peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga dilakukan oleh seluruh jajaran Angkatan Bersenjata.

BACA LAINNYA  Bupati Tanjabbar Sepakati Penandatanganan MoU Bersama Pemkab Batanghari

Hari ini seluruh instansi pemerintah mengelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Seperti di Provinsi Jambi, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya Jakarta secara virtual diikuti Gubernur Jambi Al Haris, Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dari Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (1/10/21).

Gubernur Jambi Al Haris pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila menyampaikan pesan, agar senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dari rongrongan yang berupaya mengganggu keutuhan negara

“Pesan untuk masyarakat Jambi cintai bangsa, kokohkan persatuan dan kesatuan bangsa tetap utuh Indonesia tangguh,” ungkap Al Haris.

BACA LAINNYA  Perkantoran Bupati Muaro Sering Ada Balap Liar, Anggota Dewan Pertanyakan Fungsi Sat Pol-PP

Upacara mengenang jasa pahlawan revolusi diawali dengan mengheningkan cipta dipimpin Presiden Republik Indonesia Joko Widodo selanjutnya pembacaan ikrar oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

BACA LAINNYA  Satgas Covid-19 Keluarkan SE: Seluruh Pihak Terlibat PON XX Papua Wajib Karantina

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Al Haris Janji Berantas Sumur Illegal Drilling di Batanghari

15 Oktober 2021 - 16:50 WIB

Pemaparan Visi Misi Cakades Bajubang Laut, Warga : Joni Punya Jaringan, dan Pergaulan Luar Biasa

15 Oktober 2021 - 16:01 WIB

Maulana Terima Penghargaan Menkes Terkait Sanitasi Berbasis Masyarakat

15 Oktober 2021 - 14:59 WIB

Pemaparan Visi dan Misi Cakades, Warga: Program Nomor Urut 1 Banyak Menyentuh Masyarakat

15 Oktober 2021 - 14:46 WIB

Sumur Minyak Illegal di Batanghari Dipaparkan Depan Menteri ESDM RI

15 Oktober 2021 - 14:39 WIB

Lagi… Siswa SMP Jadi Korban Lakalantas di Rantau Puri

15 Oktober 2021 - 13:43 WIB

Trending di Batanghari