Hanya Gegara Ini Warga Marosebo Ulu Bakar Rumah Sarminsen Jambi- Jatim Tandatangan MoU Misi Dagang dan Investasi Sani: Membangunan Mental Ummat Sangat Penting Sekali Membegal Tukang Ojek di Muaro Jambi, Pelaku Diamankan Polisi Penampakan Dua Ekor Harimau Membuat Warga Muaro Jambi Getar-Getir

Home / Kabar Daerah / Provinsi Jambi

Jumat, 1 Oktober 2021 - 23:25 WIB

Al Haris Ajak Masyarakat Jambi Kokohkan Persatuan dan Kesatuan Republik

Gubernur Jambi Al Haris, Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ikut Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual dari Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (1/10/21).

Gubernur Jambi Al Haris, Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ikut Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual dari Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (1/10/21).

Kabarjambikito.comHari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober. Hari Kesaktian Pancasila 2021 jatuh pada Jumat (1/10/2021). Penetapan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila dilakukan berdasarkan SK Nomor 153 Tahun 1967 yang diterbitkan Presiden Soeharto pada 27 September 1967.

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober ini diperingati untuk mengingatkan masyarakat soal ideologi Pancasila yang tak bisa digantikan oleh paham apapun.

Pada 24 September 1966, seperti yang tertulis dalam Dokumen Terpilih Sekitar G30S/PKI (1997), Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian mengusulkan supaya peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga dilakukan oleh seluruh jajaran Angkatan Bersenjata.

BACA LAINNYA  Terima Audiensi AMSINDO Jambi, Walikota Fasha: Jejaring Sosial Sangat Membantu Awasi Kinerja Pejabat

Hari ini seluruh instansi pemerintah mengelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Seperti di Provinsi Jambi, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya Jakarta secara virtual diikuti Gubernur Jambi Al Haris, Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dari Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (1/10/21).

Gubernur Jambi Al Haris pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila menyampaikan pesan, agar senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dari rongrongan yang berupaya mengganggu keutuhan negara

“Pesan untuk masyarakat Jambi cintai bangsa, kokohkan persatuan dan kesatuan bangsa tetap utuh Indonesia tangguh,” ungkap Al Haris.

BACA LAINNYA  Dorong Produksi Kelapa Dalam, Bupati UAS : Pemerintah Desa Harus Lebih Jeli Melihat Potensi Daerahnya

Upacara mengenang jasa pahlawan revolusi diawali dengan mengheningkan cipta dipimpin Presiden Republik Indonesia Joko Widodo selanjutnya pembacaan ikrar oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

BACA LAINNYA  Bupati Anwar Sadat Hadiri Penandatangan MoU Dengan Provinsi Riau

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Polda Jambi Himbau Masyarakat Tidak Adakan Nobar Laga Final Malam Ini

Peristiwa

Jadi Sorotan, Pemrov Jambi dan Kabupaten Harus Serius Tangani Batubara di Jambi

Batanghari

Bupati Fadhil Minta Para OPD Membantu Program PKK

Kabar Daerah

Al Haris: Kesetaraan Gender Dalam Setiap Aspek Kehidupan Bisa Terwujud

Kabar Daerah

Safari Subuh di Merangin, Al Haris Mengulang Nostalgia Saat Jadi Bupati

Kabar Daerah

Beri Contoh Yang Baik, Bupati Mashuri Berhenti Sejenak Saat Warga Bawa Jenazah

Batanghari

Sekda Azan Minta Kades Terpilih Rangkul Semua Masyarakat

Kabar Daerah

Dilantik Jadi Kabag Prokopim, Ini Kata Agus Sumantri