Menu

Mode Gelap
Ketua DPRD Edi Purwanto Apresiasi FORMAJA Gelar Aksi Sosial Jelang Kedatangan Dirjen Kebudayaan Direktorat PTLK Datang, Masyarakat Rambutan Masam Bentuk Kepanitiaan Dirjen IKP: Dewan Pers Satu-satunya Lembaga yang Lakukan Sertifikasi Jurnalis Lepaskan JCH, Fadhil Arief: Doakan Kami Agar Jadi Pemimpin Istiqomah Tinjau Jalan di Sabak, Al Haris: Pemrov Jambi Segera Mengangani Dengan 2 Skema

Provinsi Jambi · 6 Jan 2022 13:04 WIB

Al Haris Berkomitmen Selesaikan Permasalahan Sangeketa Lahan Perkebunan


 Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris Perbesar

Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris

Kabarjambikito.com– Pemerintah Provinsi Jambi berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan sengketa lahan perkebunan yang saat ini banyak dirasakan masyarakat dibeberapa daerah di Jambi.

Ketegasan pemerintah provinsi untuk siap menuntaskan masalah konflik lahan yang terjadi ditengah masyarakat Jambi diungkapkan Gubernur Jambi Al Haris. Ia mengatakan, bahwa berdasarkan dan berpedoman pada amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 42 tahun 2015.

“Pemprov Jambi berpedoman pada amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Koordinasi Penanganan Konflik Sosial dengan meningkatkan efektivitas dan keterpaduan dalam upaya pencegahan konflik, penanganan konflik, dan pemulihan pascakonflik,”ujar Gubernur Jambi Al Haris, Rabu (05/01/2022).

BACA LAINNYA  Pelaku Pembakar Mimbar Masjid Ditangkap dan Diikat di Tiang Telepon

Ia juga menambahkan, Pemerintah Provinsi Jambi bersama pihak terkait dan para pemangku kepentingan menyusun Rencana Aksi Daerah dan melaksanakan berbagai tahapan upaya untuk menangani konflik sosial tersebut.

“Dalam penyelesaian konflik lahan pemerintah daerah itu tidak berpihak kepada pihak manapun yang berkonflik, tetapi mengupayakan solusi terbaik sesuai dengan peraturan dan batas kewenangan daerah,” jelasnya.

Al Haris menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jambi bersedia menerima masukan dari berbagai pihak untuk mengupayakan solusi terhadap permasalahan konflik sosial tersebut. Baik itu dari para pemangku kepentingan, masyarakat, dan perusahaan untuk saling bersinergi dan berkoordinasi untuk mengusahakan solusi terbaik bagi kedua belah pihak yang berkonflik.

BACA LAINNYA  Menteri ATR/BPN Ajak Gubernur Jambi Al Haris Capai Target 2025 Seluruh Tanah Terdaftar

“Saya minta kepada Pokja Penanganan Konflik Sosial lebih sinergis dalam mengatasi masalah, selain itu, capaian kinerja penanganan konflik sosial ini hendaknya menjadi acuan untuk penyusunan strategi peningkatan kinerja dalam pemulihan pasca konflik dan juga penyelesaian potensi gangguan yang mengarah pada konflik,” tegas Al Haris.

Al Haris berharap masyarakat dan pemegang hak penggunaan lahan bisa hidup berdampingan dengan damai. Serta penyelesaian konflik yang di fasilitasi oleh tim terpadu penanganan konflik sosial dilakukan dengan mempedomani aturan yang berlaku seperti yang di amanatkan dalam Undang Undang Dasar 1945.

BACA LAINNYA  Wagub Jambi: Operasi Lilin Memberi Rasa Aman Kepada Masyarakat Selama Nataru

Dimana dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Sehingga lahan yang menjadi konflik dimanfaatkan untuk mendatangkan kemakmuran bersama bukan untuk menyebabkan konflik

“Harapannya agar penyusunan peta potensi konflik kabupaten dan kota di Provinsi Jambi bisa segera diselesaikan untuk dimanfaatkan sebagai bahan atau data dalam mengupayakan solusi mitigasi dan menyusun pencegahan sedini mungkin timbulnya konflik sosial dalam Provinsi Jambi demi menjaga suasana kondusif dan keamanan daerah,” pintanya.

(Adv)

Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Al Haris Berkomitmen Bangun SDM Dibidang Kesehatan

23 Juni 2022 - 21:22 WIB

Hadi Prabowo Sebutkan Data Baru Dugaan Korupsi Anak Perusahaan PTPN 6

22 Juni 2022 - 14:28 WIB

Awal Juli, DAAL Pentaskan Karya Eksperimentasi Berbasis Tradisi di Jambi

19 Juni 2022 - 00:12 WIB

Google-FJPI Adakan Workshop, “Optimizing Google Tools for Journalist”

18 Juni 2022 - 19:15 WIB

Sekda Sudirman: DUMISAKE Merupakan Aksi Nyata Mengentaskan Kemiskinan

17 Juni 2022 - 09:11 WIB

Berbenturan Hari Adat Jambi, Jadwal Pelantikan Pengurus JMSI Provinsi Jambi Ditunda

16 Juni 2022 - 16:38 WIB

Trending di Provinsi Jambi