Menu

Mode Gelap
Geger!!! Ibu Rumah Tangga Ditemukan Bersimbah di Dapur Masya Allah… Ibu di Muaro Jambi Melahirkan Bayi Kembar Tiga Lantik Tiga Pj Bupati, Ini Pinta Al Haris HIMIP UNJA Gelar Mubes ke 3 Besok Pj Bupati Muaro Jambi, Sarolangun dan Tebo Dilantik Gubernur Jambi

Ekonomi · 25 Jan 2022 16:13 WIB

AL Haris: Keberadaan HKTI Dapat Membantu Pemerintah Dalam Upaya Pembangunan


 Al Haris mengikuti acara Pelantikan Pengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) HKTI se Provinsi Jambi Masa Bakti 2020-2025, yang berlangsung di Swissbell Hotel Jambi Perbesar

Al Haris mengikuti acara Pelantikan Pengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) HKTI se Provinsi Jambi Masa Bakti 2020-2025, yang berlangsung di Swissbell Hotel Jambi

Kabarjambikito.com– Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., menyatakan, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) merupakan mitra strategis pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani.

Hal tersebut dinyatakan Al Haris pada acara Pelantikan Pengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) HKTI se Provinsi Jambi Masa Bakti 2020-2025, yang berlangsung di Swissbell Hotel Jambi, Senin (24/01/2022).

Al Haris sangat mengapresiasi keberadaan HKTI mulai dari tingkat nasional sampai ke tingkat Kabupaten/Kota sebagai mitra strategis pemerintah dalam upaya pembangunan sektor pertanian, guna mewujudkan swasembada pangan, ketahanan pangan, dan kedaulatan pangan daerah dan nasional, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

BACA LAINNYA  Gubernur Jambi Al Haris Akui Peran Aktif TNI Bantu Penanganan Covid-19

“Keberadaan HKTI dapat membantu pemerintah dalam upaya membangun pertanian Indonesia yang semakin kokoh, serta benar benar memikirkan pertanian dan petani Indonesia. Saya yakin program kerja HKTI sinergis dengan program pemerintah dan semua pemangku kepentingan di sektor pertanian Indonesia, guna memajukan pertanian dan memakmurkan petani kita,” ujar Al Haris.

“HKTI ini pion dilapangan dalam membantu petani yang berkolaborasi dengan para penyuluh pertanian untuk langsung terjun ke lapangan membina para petani. Jambi merupakan daerah pertanian dan memiliki potensi yang luar biasa, kolaborasi antara HKTI, pemerintah dan petani tentunya akan lebih meningkatkan sektor pertanian di Provinsi Jambi,” lanjut Al Haris.

BACA LAINNYA  Habib Bahar Penuhi Panggilan Polda Jabar, Saya Dilaporkan Secepat Kilat, Penista Agama Malah tidak Diproses

Lebih lanjut Al Haris mengungkapkan, pandemi covid-19 memberikan dampak yang luar biasa terutama pada perekonomian masyarakat nilai tukar petani, namun daerah yang pertaniannya cukup baik dapat bertahan menghadapi tekanan tersebut, termasuk Provinsi Jambi.

Provinsi Jambi memiliki potensi pertanian dan perkebunan yang luar biasa, mulai dari pinang, kayu manis, kopi, karet, kelapa dalam dan lainnya, semua telah memberikan kontribusi ekspor bagi nasional khususnya Provinsi Jambi.

“Produk ekspor Provinsi Jambi sampai saat ini cukup banyak dengan nilai rata rata total ekspor per tahun pada 2021 berada pada angka Rp.6 triliun, angka ini mengalami kenaikan yang tinggi disbanding tahun 2020 berada pada angka Rp.5 triliun, produk ekspor itu semuanya murni dari Provinsi Jambi,” ungkap Al Haris.

BACA LAINNYA  Tak Ada Open House Bagi ASN, Fadhi Arief: Tolong Kawan-kawan Wartawan Sosialisasikan ke Masyarakat

“Hanya saja ada sedikit permasalahan terkait ekspor ini, pengiriman ekspor masih banyak kita lakukan melalui pelabuhan luar Provinsi Jambi karena belum memiliki pelabuhan utama. Jika pelabuhan Ujung Jabung selesai pembangunan, tentunya lebih memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat Provinsi Jambi dan nilai ekspor semakin meningkat,” pungkas Al Haris.

(Adv)

Artikel ini telah dibaca 25 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Harga TBS dan Pupuk Tidak Sebanding, Petani Sawit Harapkan Pemerintah Bijaksana

19 Mei 2022 - 15:22 WIB

SKK Migas Kunjungi Lokasi Temuan Migas Baru di Sumatera Selatan

15 Mei 2022 - 19:36 WIB

Premier Oil Melakukan Pengeboran Laut Dalam di WK Andaman II

13 Mei 2022 - 07:35 WIB

Pasca Idul Fitri, Kapolda Jambi Pimpin Apel Pagi

9 Mei 2022 - 11:15 WIB

SKK Migas – KKKS Jindi South Jambi Serahkan 75 Al Qur’an Kepada Komunitas Milenial Santri Peduli

5 Mei 2022 - 08:27 WIB

Optimasi Pengembangan Lapangan Tahap-2 WK Rokan Disetujui, Tambah Investasi Hulu Migas Rp. 35 Trilyun

29 April 2022 - 06:03 WIB

Trending di Bisnis