LIVE TV
Ratusan Warga Bersama Pengemudi Ojol di Jambi Terima Zakat Maal Bupati Tanjabbar Saksikan Secara Virtual Gema Membumi Arakan Sahur Online PT Putra Duta Indahwood Mangkir di Sidang Karhutla Jambi Kasatpol PP Tinjau Pos Penyekatan, Puluhan Sepeda Motor Balik Kanan Begini Cara Travel Bandel yang Nekat Melintas Masuk Jambi Saat Peniadaan Mudik 2021

Home / Kabar Daerah / Wisata & Budaya

Jumat, 5 Februari 2021 - 07:35 WIB

Al Haris Resmikan Taman Geopark Merangin, dan 17 Proyek Fisik

Kabarjambikito.com Berwisata ke Jambi tidak akan lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjugi wisata alam di merangin yang satu ini.

Geopark Merangin, wisata alam ini sangat populer di kalangan wisatawan di Jambi karena daya tarik berupa fosil flora berusia 350 juta tahun yang ada di dalamnya.

Dan hari ini, dan taman wisata tesebut telah di resmikan oleh Bupati Merangin H Al Haris di desa wisata Air Batu Kecamatan Ranah Pembarap Kabupaten Merangin bersama sejumlah proyek sarana dan parasarana pendukung pariwisata lainnya di daerah itu.

“Nanti untuk pengelolaan Taman Geopark Merangin ini akan kita serahkan ke Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pemkab Merangin,” kata Bupati Ketua TP PKK Merangin Hj Hesti Haris saat peresmian ikon wisata Kabupaten Merangin itu, Jumat, (5/2/2021)

Bupati Merangin H Al Haris didampingi Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Jambi Ny Azna Legawaty menandatangani prasasti peresmian yang digelar di taman yang akan menjadid daya tarik wisata alam dan petuangan arung jeram di itu.

Baca Juga   Bupati Safrial Hadiri Paripurna Ke-2 Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi

Taman Geopark yang dibangun menggunakan dana APBN di Kebun Durian milik Pemkab Merangin itu, sepenuhnya sudah diserahkan ke Pemkab Merangin melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Pada kesempatan itu, Haris juga meresmikan sebanyak 17 proyek fisik lainnya pelaksanaan 2018-2020, yang bersumber dari dana APBD Merangin.

Pembangunan fisik sektor pendukung pariwisata Merangin lainnya yang diresmikan, sarana dan prasarana Pariwisata Objek Wisata Danau Pauh, antara lain jalur sepeda, panggung kesenian, pergola, ruang ganti dan talud.

Tidak hanya itu, Sarana dan Prasarana Pariwisata Objek Wisata Danau Depati Empat Kecamatan Jangkat, diantaranya pembangunan fisik Boardwalk, Objek Wisata dan Ruang Ganti.

Baca Juga   Blusukan ke Pasar Simpang Sungai Rengas, Al Haris Bicara Revitalisasi Pasar di Jambi

“Suksesnya pembangunan fisik APBD ini atas dukungan semua lapisan masyarakat dan kerja keras tim Pemkab Merangin. Tanpa dukungan sepenuhnya dari masyarakat, pembangunan fisik ini tidak akan tuntas,” terang Bupati.

Keberadaan pembangunan fisik tersebut tegas bupati, sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Ketika jalan masih dalam kondisi buruk, masyarakat membeli satu kantong semen harganya sampai Rp120 ribu, tapi kini sudah Rp70 ribu.

Pembangunan fisik itu sangat mendongkrak ekonomi kerakyatan. Terlebih pada pandemic Covid-19, perekonomian masyarakat yang anjlok harus cepat dipulihkan dengan telah dibangunnya sarana infrastruktur tersebut.

“Masyarakat Merangin memanfaatkan secara optimal proyek-proyek tersebut, guna mendukung kelancaran berbagai aktivitas ekonomi, pergerakan barang dan jasa serta pengembangan Pariwisata,”jelas Bupati.

Sebanyak 17 proyek fisik yang diresmikan bupati itu, dari Dinas PUPR, Jalan Simpang Dusun Tuo – Tanjung Burgo Kecamatan Lembah Masurai, Jembatan Sungai Pangi Desa Muara Pangi Kecamatan Lembah Masurai.

Baca Juga   Kuasa Hukum Al Haris-Sani : Pemohon Lupa Pihak Terkait Bukan Incumbent, Tak Bisa Lakukan TSM

Selain itu, Jembatan Ruas Jalan Talang Paruh Desa Talang Paruh Kecamatan Lembah Masurai, Tugu Pedang Sarko kawasan Ujung Tanjung Muaro Masumai Kecamatan Bangko dan Bangunan Pemukiman Suku Anak Dalam Desa Pauh Menang Kecamatan Pamenang.

Dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merangin diresmikan, Ruang Kelas Baru SMPN Satu Atap, Ruang Laboratorium Komputer SMPN, Ruang Laporatorium IPA SMPN, Ruang Perpustakaan dan Jambang Siswa SMPN.

Sedangkan dari Dinas Kesehatan Merangin dua pembangunan fisik yang diresmikan, Gedung Laporatorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dan Gedung Publik Health Centre (PHC).

Pembangunan fisik dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian Perdagangan Merangin diresmikan, Gedung Sentra Produksi Kopi Bubuk Desa Tanjung Mudo Kecamatan Jangkat Timur.

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Bareskrim Polri Ambil Alih Kasus Ujaran Rasisme Politikus Ambroncius Nababan

Kabar Daerah

Geger… Warga Kota Jambi Temukan Mayat Tergeletak

Batanghari

Jelang Puasa, Disperindag Minta Pedagang Jangan Naikan Harga Sembako Dari Harga Standar

Kabar Daerah

Muaro Jambi Raih Opini WTP 6 Kali

Kabar Daerah

Sekwan Muaro Jambi, Gelar Maulid Nabi SAW Sekaligus Sambut HUT Muaro Jambi ke- 21

Kerinci & Sungaipenuh

Operasi Pekat, Polres Kerinci Amankan Warga dan Pemandu Karaoke

Wisata & Budaya

Raden Mattaher Pejuang Asal Jambi yang Jadi Pahlawan Nasional

Provinsi Jambi

88 TPS PSU, Musri Nauli: Itu Lumbung Suara Kita