Menu

Mode Gelap
Fadhil Arief Minta Pegawai Berikan Pengaruh Yang Baik Kepada Instansi Demi Mempertahankan Seluruh Honorer Indonesia, Anies Baswedan Temui Jokowi Persiapan Kenduri Swarnabhumi, Tim Kemendikbud Turun ke Tebo Prabowo-AHY Kompak Bilang Punya Kesamaan Usai Bertemu 2 Jam Tajak 21 Juni 2022, SKK Migas dukung kelancaran Pengeboran Sumur Eksplorasi Markisa-001

Pemprov Jambi · 30 Mei 2022 19:38 WIB

Al Haris Sampaikan 7 Usulan Proyek Strategis Jambi


 Al Haris Sampaikan 7 Usulan Proyek Strategis Jambi Perbesar

Kabarjambikito.com – Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H, menyampaikan, 7 usulan percepatan pembangunan proyek strategis Provinsi Jambi kepada Pemerintah Pusat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jambi. Hal tersebut disampaikan Al Haris pada Focus Group Discussion (FGD) Pembangunan Proyek Strategis di Provinsi Jambi, bertempat di Hotel Grand Hyaat Kav. 28-30 Jakarta Pusat, Senin (30/05/2022).

Adapun 7 usulan proyek strategis Pemerintah Provinsi Jambi adalah sebagai berikut:

1. Percepatan pembangunan ruas jalan tol trans sumatera (JTTS) di Provinsi Jambi.
2. Penetapan Kawasan Strategis Nasional Candi Muaro Jambi.
3. Penetapan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Kerinci Seblat.
4. Penetapan Georpark Merangin menjadi World Herittage.
5. Penetapan Kawasan Industri Kemiking sebagai Program Strategis Nasional.
6. Penetapan Kawasan Ekonomi Ujung Jabung sebagai Program Strategis Nasional.
7. Penetapan pembangunan bendungan Merangin sebagai Program Strategis Nasional.

Al Haris mengatakan, Provinsi Jambi merupakan provinsi yang paling strategis, karena terletak ditengah tengah pulau Sumatera, dimana untuk prioritas pembangunan sangat membutuhkan infrastruktur guna menyambung perekonomian masyarakat, terutama insfrastruktur ruas jalan tol Betung Jambi, pelabuhan, sehingga Provinsi Jambi perlu melakukan secepatnya Sinergi Pembangunan Nasional dan Prioritas Pembangunan Strategis Provinsi Jambi.

BACA LAINNYA  Menuju 2024, Diam-Diam  NasDem di Batanghari Mulai Panaskan Mesin Partai

Al Haris menekankan, pada percepatan prioritas strategis nasional penyelesaian ganti rugi ruas jalan tol Jambi – Betung sepanjang 33,96 kilometer yang melintas di 2 Kecamatan, 5 Desa dan 1 Kelurahan di Kabupaten Muaro Jambi.
Ruas jalan tol Jambi Rengat I sepanjang 51,75 kilometer yang melintas di 2 Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Batanghari, 3 Kecamatan 7 Desa dan 1 Kelurahan serta ruas jalan tol Jambi Rengat II sepanjang 64,75 kilometer yang melintasi di 2 Kecamatan, 12 Desa dan 1 Kelurahan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Tujuan Sinergi Pembangunan Nasional dan Prioritas Pembangunan Strategis Provinsi Jambi karena Provinsi Jambi memiliki potensi kekayaan energi yang cukup besar, salah satunya potensi sumber energi, fosil seperti minyak bumi, gas bumi dan batu bara. Potensi energi baru terbaru yang cukup besar yang bisa menjadi sumber energi di Provinsi Jambi,” kata Al Haris.

BACA LAINNYA  Muswil Ke Vll, Ketua MPR RI dan Stafsus Wapres RI Dijadwalkan Hadir di Jambi

“Pemerintah Provinsi Jambi juga telah menetapkan dalam Rencana tata Ruang Wilayah (RTRW) kawasan Ujung Jabung sebagai kawasan ekonomi strategis Provinsi Jambi yang nantinya menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi lokal, regional, nasional dan internasional dengan didukung oleh outlet pelabuhan Ujung Jabung,” lanjut Al Haris.

Al Haris juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Jambi, Suti Masniari Nasution yang telah menginisiasi penyelenggarakan kegiatan ini. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Suti Masniari Nasution yang telah mengupayakan untuk menyelenggarakan kegiatan ini, ini memang tanggung jawab kita bersama untuk memajukan perekonomian masyarakat di Provinsi Jambi,” ujar Al Haris.

BACA LAINNYA  Plt Kadis PMD Batanghari: Perbup Tentang Perangkat Lagi di Revisi

“FGD ini perlu dukungan kita bersama dengan para stekhoder terkait, kita tidak bisa berjalan sendiri sendiri perlu kebersamaan, juga dengan pemerintah pusat dan Pemerintah Kabupaten Kota se Provinsi Jambi, agar tercapai pembangunan yang terarah dan terukur serta terintegrasi sesuai dengan yang diharapkan bersama,” tutup Al Haris.

Dalam sesi wawancara, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Drs.Budi Setiyadi,S.H., M.Si., sangat mengapresiasi langkah cepat Bapak Gubernur Jambi dalam menjalin hubungan komunikasi dan koordinasi bersama Pemerintah Pusat.

“Segala sesuatu yang dibutuhkan Provinsi Jambi dapat disinkronisasikan dengan cepat bersama program Pemerintah Pusat , sehingga dengan adanya FGD dapat melakukan kolaborasi program pemerintah pusat dan daerah guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Provinsi Jambi, sesuai dengan program yang ada di Pemerintah Pusat,” ungkap Budi.

Artikel ini telah dibaca 80 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Al Haris Berkomitmen Bangun SDM Dibidang Kesehatan

23 Juni 2022 - 21:22 WIB

Al Haris Harapkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Polri Meningkat

21 Juni 2022 - 19:59 WIB

Sekda Sudirman: DUMISAKE Merupakan Aksi Nyata Mengentaskan Kemiskinan

17 Juni 2022 - 09:11 WIB

Sani: Pesparawi Bagian Dalam Pembinaan Mental dan Spritual

16 Juni 2022 - 17:05 WIB

Al Haris: Kunker Wapres Berharap Berdampak Positif Bagi Jambi

15 Juni 2022 - 19:12 WIB

Jalur Batubara Koto Boyo – Tempino Mulai Dikerjakan, Al Haris Minta Pengusaha Serius

14 Juni 2022 - 20:16 WIB

Trending di Pemprov Jambi