Firli Bahuri Rangkul Pers, Wujudkan Tujuan Indonesia JMSI Silaturahmi ke HIPMI Bahas HUT JMSI Ke2 di Kendari SulTeng Kepala SKK Migas Tinjau Sumur Eksplorasi Manpatu-1X Iin Kurniasih Ajak Pemerintah dan Masyarakat Promosikan Senam Rentak Kudo Sekda Provinsi Jambi Harapkan BI Turut Bantu Pulihkan Masyarakat

Home / Provinsi Jambi

Senin, 3 Januari 2022 - 08:36 WIB

Al Haris Sebut Masyarakat Jambi Paling Bahagia Peringkat 4 Nasional

Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris bersama istri naik becak di Tungkal

Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris bersama istri naik becak di Tungkal

Kabarjambikito.com Al Haris menyatakan, masyarakat Provinsi Jambi adalah orang yang paling bahagia se Sumatera dan peringkat 4 Nasional berdasarkan Indeks Kebahagiaan Tahun 2021 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) RI.

“Provinsi Jambi adalah daerah yang paling bahagia di Sumatera dan peringkat 4 secara nasional dengan indeks nilai 75,17 poin, nilai ini diatas rata rata indeks kebahagiaan nasional dengan indeks nilai 71,49 poin,” ujar Al Haris.

Hal tersebut dinyatakan Al Haris pada sesi wawancara usai mengikuti acara Launching Buku 65 Tokoh Perspektif Pemikiran Membangun Jambi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 65 Provinsi Jambi secara virtual, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Minggu, (02/01/2022).

BACA LAINNYA  Hadiri Wisuda IAIMA, Al Haris: Saya Bangga Dengan Pak Maulana Mampu Mampu Membangun SDM

“Berdasarkan data BPS RI ini telah menunjukkan orang Jambi bahagia tinggal di Jambi, bahagia memiliki Jambi karena kebahagiaan tidak bisa dibeli dan diukur dengan materi, semuanya berasal dari hati maka orang Jambi ini memiliki kebersamaan dalam ikatan tali silahturahmi ikhuwah islamiah yang sangat kuat sekali,” ujar Al Haris.

Al Haris menjelaskan, kebahagiaan ini merupakan kesenangan dan ketentraman hidup lahir dan batin, serta sebuah konsep berupa hasil evaluasi kehidupan yang menggambarkan kondisi yang good life dan meaningful life. Pada tahun 2021, tingkat kebahagiaan penduduk Indonesia melalui 3 dimensi yaitu: kepuasan hidup (life satisfaction), perasaan (affect) dan makna hidup (eudaimonia).

BACA LAINNYA  Wagub Abdullah Minta Seluruh OPD Kabupaten/ Kota Segera Buat Regulasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020

“Hal ini telah menunjukkan bahwa masyarakat Provinsi Jambi secara kepuasan hidup, perasaaan dan makna hidup, merasa nyaman dan bahagia tinggal di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah yang sama sama kita cintai. Peningkatan indeks kebahagiaan Provinsi Jambi Tahun 2021 dibanding Tahun 2017 adalah tertinggi diantara Provinsi lain di Indonesia dengan kenaikan sebesar 4,72 poin,” jelas Al Haris.

Al Haris menuturkan, pencapaian indeks kebahagiaan merupakan salah satu kado paling indah bagi masyarakat Provinsi Jambi dan Pemerintah Provinsi Jambi yang pada tanggal 6 Januari 2022 nanti akan merayakan HUT ke 65. Berdasarkan standar penilaian dari BPS RI telah membuktikan bahwa Provinsi Jambi mulai dari tingkat keamanan, infrastruktur, ekonomi dan faktor lainnya telah memberikan kebahagiaan bagi masyarakatnya.

BACA LAINNYA  Tingkatkan Mutu Pelayanan Publik, Pemkab Batanghari Bersinergi dengan Muaro Jambi

“Kita sangat bangga sekali dengan pencapaian ini, kedepannya tentu Pemerintah Provinsi Jambi akan lebih berupaya lagi dalam meningkatkan kebahagiaan masyarakat Jambi. Kita akan menunjukkan bahwa masyarakat Jambi ini memiliki kebahagiaan yang baik, dengan kebersamaan, ikatan silahturahmi dan kekayaan adat budaya yang telah diterapkan dalam kehidupan sehari hari,” tutur Al Haris.

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Al Haris: Pemerintah Provinsi Jambi Permudah Investor Berinvestasi di Jambi

Ekonomi

AL Haris: Keberadaan HKTI Dapat Membantu Pemerintah Dalam Upaya Pembangunan

Kabar Daerah

Terima Penghargaan IGA Dari Mendagri, Al Haris: Tujuannya Agar Untuk Inovasi dan Kreasi

Kabar Daerah

Gubernur Jambi Al Haris Akui Peran Aktif TNI Bantu Penanganan Covid-19

Provinsi Jambi

Al Haris Ajak Perusahaan Tetap Memperhatikan Lingkungan Hidup

Kabar Daerah

Diskominfo Provinsi Jambi Siapkan Program Atasi Kesenjangan Teknologi Informasi di 285 Desa

Kabar Daerah

Kepada OPD, Wagub Abdullah Sani: Membangun Organisasi Jauh Lebih Penting Dibanding Popularitas

Kabar Daerah

Polda Jambi Berikan Bantuan Kredit, Apa Benar?