Menu

Mode Gelap
Al Haris Apresiasi Upaya Muhamadiyah Tingkatkan SDM Jambi Kebakaran Dzulhijah Muara Bulian, Santri Harus Kehilangan Tempat Tinggal Saat Fadhil Arief Pidato, Tiga Oknum Camat Ini Asyik Ngobrol Jamaah Haji Asal Sarolangun Persiapkan Diri Sebelum Wukuf di Arafah Tuntut Kenaikan Gaji, Anggota BPD Se-Sarolangun Gelar Unjukrasa

Provinsi Jambi · 3 Jan 2022 08:36 WIB

Al Haris Sebut Masyarakat Jambi Paling Bahagia Peringkat 4 Nasional


 Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris bersama istri naik becak di Tungkal Perbesar

Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris bersama istri naik becak di Tungkal

Kabarjambikito.com Al Haris menyatakan, masyarakat Provinsi Jambi adalah orang yang paling bahagia se Sumatera dan peringkat 4 Nasional berdasarkan Indeks Kebahagiaan Tahun 2021 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) RI.

“Provinsi Jambi adalah daerah yang paling bahagia di Sumatera dan peringkat 4 secara nasional dengan indeks nilai 75,17 poin, nilai ini diatas rata rata indeks kebahagiaan nasional dengan indeks nilai 71,49 poin,” ujar Al Haris.

Hal tersebut dinyatakan Al Haris pada sesi wawancara usai mengikuti acara Launching Buku 65 Tokoh Perspektif Pemikiran Membangun Jambi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 65 Provinsi Jambi secara virtual, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Minggu, (02/01/2022).

BACA LAINNYA  Persoalan Batubara, Akmaluddin Minta Gubernur Cari Investor Untuk Jalur Khusus

“Berdasarkan data BPS RI ini telah menunjukkan orang Jambi bahagia tinggal di Jambi, bahagia memiliki Jambi karena kebahagiaan tidak bisa dibeli dan diukur dengan materi, semuanya berasal dari hati maka orang Jambi ini memiliki kebersamaan dalam ikatan tali silahturahmi ikhuwah islamiah yang sangat kuat sekali,” ujar Al Haris.

Al Haris menjelaskan, kebahagiaan ini merupakan kesenangan dan ketentraman hidup lahir dan batin, serta sebuah konsep berupa hasil evaluasi kehidupan yang menggambarkan kondisi yang good life dan meaningful life. Pada tahun 2021, tingkat kebahagiaan penduduk Indonesia melalui 3 dimensi yaitu: kepuasan hidup (life satisfaction), perasaan (affect) dan makna hidup (eudaimonia).

BACA LAINNYA  Sumur Minyak Illegal di Batanghari Dipaparkan Depan Menteri ESDM RI

“Hal ini telah menunjukkan bahwa masyarakat Provinsi Jambi secara kepuasan hidup, perasaaan dan makna hidup, merasa nyaman dan bahagia tinggal di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah yang sama sama kita cintai. Peningkatan indeks kebahagiaan Provinsi Jambi Tahun 2021 dibanding Tahun 2017 adalah tertinggi diantara Provinsi lain di Indonesia dengan kenaikan sebesar 4,72 poin,” jelas Al Haris.

Al Haris menuturkan, pencapaian indeks kebahagiaan merupakan salah satu kado paling indah bagi masyarakat Provinsi Jambi dan Pemerintah Provinsi Jambi yang pada tanggal 6 Januari 2022 nanti akan merayakan HUT ke 65. Berdasarkan standar penilaian dari BPS RI telah membuktikan bahwa Provinsi Jambi mulai dari tingkat keamanan, infrastruktur, ekonomi dan faktor lainnya telah memberikan kebahagiaan bagi masyarakatnya.

BACA LAINNYA  Pengamat: Semua Masyarakat Harus Bersatu Tolak Penundaan Pemilu 2024, Kalau tidak Akan jadi Bahaya Besar!

“Kita sangat bangga sekali dengan pencapaian ini, kedepannya tentu Pemerintah Provinsi Jambi akan lebih berupaya lagi dalam meningkatkan kebahagiaan masyarakat Jambi. Kita akan menunjukkan bahwa masyarakat Jambi ini memiliki kebahagiaan yang baik, dengan kebersamaan, ikatan silahturahmi dan kekayaan adat budaya yang telah diterapkan dalam kehidupan sehari hari,” tutur Al Haris.

Artikel ini telah dibaca 238 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Atas Partisipasi Aktif, Ketua KONI Provinsi Jambi Terima Penghargaan dari Kapolda

6 Juli 2022 - 19:58 WIB

Fasilitasi UKW Gratis, Dewan Pers Harapkan Wartawan Kompeten, Jambi Paten!

1 Juli 2022 - 20:49 WIB

Kapolda Jambi Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan

30 Juni 2022 - 06:56 WIB

Memasuki Masa Purna Tugas, Kajati Jambi Pererat Hubungan Dengan Awak Media

28 Juni 2022 - 20:14 WIB

Al Haris Berkomitmen Bangun SDM Dibidang Kesehatan

23 Juni 2022 - 21:22 WIB

Hadi Prabowo Sebutkan Data Baru Dugaan Korupsi Anak Perusahaan PTPN 6

22 Juni 2022 - 14:28 WIB

Trending di Provinsi Jambi