Menu

Mode Gelap
JMSI Apresiasi Inisiatif KBRI Madrid dan Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam Wagub Sani Hadiri Halal bi Halal Serta Pelantikan Fatayat NU se Jambi Komisi IV DPRD Provinsi Cek Pembangunan Gedung SMA Negeri 12 Kota Jambi Anggaran Pemilu 2024 Rp 76 T Mendapat Kritikan Dari PAN

Pemprov Jambi · 27 Mar 2022 10:34 WIB

Al Haris: Seni Bela Diri Warisan Nenek Moyang Kita, dan Perlu Dijaga


 Al Haris hadiri acara Kejuaraan Nasional Pencak Silat Himpunan Seni Silat Indonesia Generasi Penerus (HIMSSI GP) II Piala Gubernur Tahun 2022, bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kota Baru Perbesar

Al Haris hadiri acara Kejuaraan Nasional Pencak Silat Himpunan Seni Silat Indonesia Generasi Penerus (HIMSSI GP) II Piala Gubernur Tahun 2022, bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kota Baru

Kabarjambikito.com — Gubernur Jambi Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., menyatakan akan terus mendorong pencak silat Provinsi Jambi untuk dapat meraih prestasi dikancah nasional.

Hal tersebut disampaikannya saat acara Kejuaraan Nasional Pencak Silat Himpunan Seni Silat Indonesia Generasi Penerus (HIMSSI GP) II Piala Gubernur Tahun 2022, bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kota Baru Jambi, Sabtu (26/3/2022).

“Saya sangat merespon kegiatan ini sebagai ajang bagi para pesilat Jambi, dimana Provinsi Jambi ini banyak memiliki pesilat yang handal dan berkualitas. Kejuaraan ini adalah suatu event yang sangat menggairahkan bagi para atlet kita, karena selama dua tahun ini dilanda pandemi Covid-19 membuat semua cabang olahraga tidak berkembang,” ujarnya

BACA LAINNYA  Sekda Batanghari Buka Sosialisasi Bank 9 Jambi Bagi PNS Memasuki Masa Depan

Gubernur Al Haris juga mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung dan akan membina secara khusus olahraga pencak silat ini, karena Jambi memiliki potensi yang sangat besar, sehingga sudah sewajarnya Provinsi Jambi harus punya prestasi yang dapat mengharumkan dan membanggakan nama Provinsi Jambi.

Lebih lanjut, dalam penuturan Al Haris, seni bela diri pencak silat merupakan seni bela diri tradisional warisan nenek moyang yang mengedepankan seni keindahan dalam setiap gerakan atau jurusnya. Dunia melalui UNESCO telah mengakui pencak silat sebagai warisan budaya Nusantara.

BACA LAINNYA  Al Haris: Pemprov Jambi Segera Tindaklanjuti Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024

Untuk melestarikan warisan budaya tersebut perlu upaya bersama sebagai anak bangsa dalam menjaga kelestarian olahraga pencak silat sebagai bagian budaya Indonesia, dengan terus memperkenalkan olahraga pencak silat kepada masyarakat, dan mengadakan perlombaan sehingga rasa memiliki masyarakat kepada seni bela diri ini semakin meningkat.

“Saya berharap, dalam kejuaraan nasional ini, selain menjadi ajang silahturahmi dan mempererat jalinan persaudaraan antar kontingen atau perguruan setiap Provinsi di Indonesia, namun juga sebagai wadah pengembangan pencak silat bagi generasi penerus, serta sebagai ajang meningkatkan kualitas sehingga dapat menjaring bibit-bibit muda berbakat yang nantinya akan difasilitasi, dibina, dan dikembangkan sehingga dapat menjadi perwakilan di event Internasional mendatang,” tambah Al Haris.

BACA LAINNYA  Dua Karyawan PT KIM Meninggal Akibat Tertimbun Longsor

Kemudian, sebagai Ketua Pengurus Daerah HIMSSI GP Jambi Alion Maysen juga melaporkan Kejuaran Nasional ini diikuti oleh 700 orang atlet dan 250 orang official dan dihadiri oleh Provinsi di Indonesia terutama 15 Kabupaten/Kota Provinsi Sumatra Selatan dan 11 Kabupaten Kota Provinsi Jambi. (Adv)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Wagub Sani Hadiri Halal bi Halal Serta Pelantikan Fatayat NU se Jambi

16 Mei 2022 - 21:21 WIB

Al Haris Tegaskan, Pemrov Fokus Tingkatkan Kualitas Pendidikan

13 Mei 2022 - 20:27 WIB

Sani Harapkan Peran Strategis Para Konsultan

12 Mei 2022 - 07:20 WIB

Terima Gelar Adat Depati Tiang Negeri, Al Haris Minta Jaga dan Lestarikan Ada Budaya

12 Mei 2022 - 06:25 WIB

Al Haris Dukung Usulan Dana Bagi Hasil Antara Pusat dan Daerah

9 Mei 2022 - 15:49 WIB

Demi Anaknya Mau Ujian, Warga Jambi Rela Lewat Tol

7 Mei 2022 - 13:15 WIB

Trending di Pemprov Jambi