Menu

Mode Gelap
JMSI Apresiasi Inisiatif KBRI Madrid dan Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam Wagub Sani Hadiri Halal bi Halal Serta Pelantikan Fatayat NU se Jambi Komisi IV DPRD Provinsi Cek Pembangunan Gedung SMA Negeri 12 Kota Jambi Anggaran Pemilu 2024 Rp 76 T Mendapat Kritikan Dari PAN

Pemprov Jambi · 18 Feb 2022 21:23 WIB

Al Haris Targetkan Geopark Merangin Masuk Dalam UGG


 Gubernur Jambi Al Haris Perbesar

Gubernur Jambi Al Haris

Kabarjambikito.com – Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., mengemukakan Pemerintah Provinsi Jambi kembali mempersiapkan Geopark Merangin untuk mendapatkan pengakuan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), sehingga pada Tahun 2022 ini menjadi warisan dunia UNESCO Global Geopark (UGG). Hal tersebut dikemukakan Al Haris pada Rapat Koordinasi Kesiapan Assesment Geopark Merangin, yang berlangsung di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Merangin, Jum’at (18/02/2022).

“Kita kembali mempersiapkan Geopark Merangin ini untuk bisa diakui UNSECO sebagai warisan dunia, sehingga rapat ini sangat strategis sekali antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan Pemerintah Kabupaten Merangin. Kita harus benar benar mempersiapkannya secara matang untuk masuk menjadi warisan dunia UGG, termasuk membenahi sarana dan prasarana yang ada,” ujar Al Haris.

BACA LAINNYA  Terima Gelar Adat Depati Mudo Terawang Lidah Payung Negeri, Al Haris: Kenduri SKO Adat Sejak Dahulu

Al Haris mengungkapkan, Pada tahun 2022 ini Pemerintah Provinsi Jambi telah mempersiapkan anggaran sebesar Rp.2 Miliar untuk Geopark Merangin, sebagai bukti keseriusan dalam membenahi Geopark Merangin. “Kita telah mempersiapkan anggaran, yang nantinya anggaran tersebut peruntukannya adalah melengkapi fasilitas fasilitas di Geopark Merangin,” ungkap Al Haris.

Al Haris menuturkan, UNESCO telah menerima dokumen dokumen dari Pemerintah Kabupaten Merangin terkait Geopark Merangin. “Untuk dokumen sejauh ini sudah diterima dengan baik oleh UNESCO. Dokumen yang telah dikirimkan tersebut tentunya harus sesuai dengan fakta yang ada di lapangan, jangan sampai nanti adanya perbedaan antara dokumen yang dikirimkan dengan fakta di lapangan, maka dari itu hari ini kita bertujuan untuk menyamakan persepsi,” tutur Al Haris.

BACA LAINNYA  Al Haris Siapkan BUMD Kelola PI 10 Blok Migas

Lebih lanjut, Al Haris mengatakan, masyarakat yang berada di sekitar area Geopark Merangin wajib memberi dukungan dan turut mensukseskan agar Geopark Merangin ini menjadi warisan dunia UGG. “Nantinya kita akan memberikan edukasi terkait Geopark Merangin ini, bukan hanya kepada masyarakat sekitar, tetapi juga akan mempersiapkan untuk sekolah sekolah yang ada di Provinsi Jambi. Masyarakat yang berada di sekitar Area Geopark juga wajib mensukseskan dan mempromosikan dalam upaya membantu Pemerintah sehingga Geopark Merangin berhasil menjadi warisan dunia UGG,” tutup Al Haris.

BACA LAINNYA  Fadhil Arief Pimpin Apel Operasi Ketupat Polres Batanghari

General Manager Geopark Merangin, Agus menyampaikan, dari 11 Geopark yang berada di Indonesia, hanya terpilih 2 Geopark yang akan mewakili Indonesia, yakni Geopark Raja Ampat dan Geopark Merangin. “Tentunya kita sangat mengharapkan kerjasama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat, sehingga nantinya Geopark Merangin dapat masuk ke dalam warisan dunia UGG,” kata Agus. (Adv)

Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Wagub Sani Hadiri Halal bi Halal Serta Pelantikan Fatayat NU se Jambi

16 Mei 2022 - 21:21 WIB

Al Haris Tegaskan, Pemrov Fokus Tingkatkan Kualitas Pendidikan

13 Mei 2022 - 20:27 WIB

Sani Harapkan Peran Strategis Para Konsultan

12 Mei 2022 - 07:20 WIB

Terima Gelar Adat Depati Tiang Negeri, Al Haris Minta Jaga dan Lestarikan Ada Budaya

12 Mei 2022 - 06:25 WIB

Al Haris Dukung Usulan Dana Bagi Hasil Antara Pusat dan Daerah

9 Mei 2022 - 15:49 WIB

Demi Anaknya Mau Ujian, Warga Jambi Rela Lewat Tol

7 Mei 2022 - 13:15 WIB

Trending di Pemprov Jambi