Menu

Mode Gelap
Badan Intelijen Negara Door Tu Door di Jambi, Ada Apa ? Selain Dipecat, Oknum Kapolsek Yang Berbuat Mesum Juga Bakal di Pidana Dana Bansos Diselewengkan, Lapor ke Sini Adu Kambing Kijang LGX VS Mitsubishi, Sopir dan Penumpang Meninggal di TKP Kampoeng Radja Siap Kembali Menghibur Keluarga di Jambi, KJK Beri Apresiasi

Wisata Budaya · 23 Sep 2021 19:34 WIB

Al Haris Tegaskan Komitmen Pemerintah Jadikan Kawasan Candi Muaro Jambi Mendunia


 Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim di candi Kedaton, kawasan candi Muaro Jambi Perbesar

Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim di candi Kedaton, kawasan candi Muaro Jambi

Kabarjambikito.com – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris. S.Sos, MH menegaskan komitmen pemerintah Provinsi Jambi untuk menjadikan kawasan candi Muaro Jambi menjadi situs yang dikenal sampai ke seluruh dunia.

Pernyataan ini disampaikan di hadapan Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim di candi Kedaton, kawasan candi Muaro Jambi, Rabu (22/9). Hadir pula pada kesempatan tersebut Bupati Muaro Jambi Hj.Masnah Busro, Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno, dan komunitas seniman dan budayawan.

Kunjungan Menteri pada hari kedua di Provinsi Jambi ini dipusatkan di candi Kedaton kawasan Candi Muaro Jambi. Pada kesempatan tersebut Gubernur bersama Menteri dan rombongan mengelilingi kawasan candi Kedaton dengan mengendarai becak motor (bentor). Dilanjutkan, melihat langsung cara membersihkan Candi Muaro Jambi oleh juru Pelestarian Cagar Budaya, setelah itu Mendikbud Ristek dan Gubernur diajak memainkan alat musik tradisional Muaro Jambi Sambawi (Bujang Gondang) oleh Maestro.

BACA LAINNYA  Wabup Bakhtiar Ajak Warga Batanghari Menikmati Wisata Taman Hutan Kota Muara Bulian

Usai tu dilanjutkan Diskusi dengan komunitas seniman dan budayawan dan menyaksikan MoU antara Dirjenbud dengan Bupati Muaro Jambi.
Dijelaskan Gubenur bahwa candi Muaro Jambi merupakan situs purbakala yang banyak mempunyai sejarah.

BACA LAINNYA  Warga Batanghari Dihebohkan Dengan Kebakaran Tabung Gas Elpiji 3 Kilogram

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi merasa gembira dan bangga atas kehadiran Mas Menteri. Pada tahun 2014 yang lalu Presiden ke- 6 Republik Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Bapak Jero Wacik datang ke Candi Muaro Jambi, sudah mulai ada pembicaraan tentang Candi Muaro Jambi di pemerintahan pusat, setelah itu redup kembali dan hilang,” ujar Al Haris

BACA LAINNYA  Gubernur Al Haris : Seni Budaya Adalah Aset Bangsa Yang Harus Diangkat dan Dilestarikan

Gubernur juga menegaskan komitmen pemerintah Provinsi Jambi untuk untuk mengembangkan kawasan candi Muaro Jambi, dengan mengembangkan situs tertentu dan metode pola sejarahnya.

“Karena ini ada sejarah, tentu ketika kita ingin membangun di percandian ini perlu memperhatikan nilai sejarah tersebut, jadi kita tidak boleh membangun tampak memperhatikan nilai sejarahnya, untuk itu kami juga akan menunggu Master Plan dari Kementrian

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kampoeng Radja Siap Kembali Menghibur Keluarga di Jambi, KJK Beri Apresiasi

24 Oktober 2021 - 14:46 WIB

Peringati Hari Batik Nasional, Hesti Haris Kenalkan Buku Sejarah dan Filosofi Batik Jambi

10 Oktober 2021 - 12:00 WIB

Promosi Wisata Online Strategi Mengatasi Kurangi Anggaran

29 September 2021 - 21:31 WIB

Tingkatkan Pendapatan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jambi Latih Pelaku Becak

27 September 2021 - 10:32 WIB

Wabup Bakhtiar Ajak Anak Muda Promosi Wisata Batanghari

26 September 2021 - 08:10 WIB

Festival Candi Muaro Jambi, Bupati Masnah Busro Ajak Bangkit Budaya Lama

25 September 2021 - 13:21 WIB

Trending di Muaro Jambi