Menu

Mode Gelap
Memasuki Masa Purna Tugas, Kajati Jambi Pererat Hubungan Dengan Awak Media Memasuki Masa Purna Tugas, Kajati Jambi Pererat Hubungan Dengan Awak Media Fadhil Arief Minta Pejabat Gali Motivasi Diri Gelontorkan Dana Ratusan Juta Untuk PKL Tugu Keris, Pedagang : Terimakasih PLN Pemerintah Siapkan Puluhan Ribu Set Top Box Gratis Untuk Warga Jambi,  Hasbi Anshory : Kita Berpihak Kepada Rakyat

Kabar Daerah · 9 Des 2021 07:24 WIB

Al Haris Terima Sertifikat Penetapan Warisan Budaya Takbenda, Salah Satunya Tari Ngebeng Asal Rambutan Masam


 Gubernur Jambi, Al Haris terima sertifikat Penetapan Warisan Budaya Takbenda Perbesar

Gubernur Jambi, Al Haris terima sertifikat Penetapan Warisan Budaya Takbenda

Kabarjambikito.com – Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., mengharapkan, Khazanah budaya yang ada di Provinsi Jambi terus terangkat, sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas. Hal tersebut dikatakan Al Haris pada sesi wawancara usai menghadiri Perayaan dan Penyerahan Sertifikat Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2021, yang berlangsung di Gedung Plasa Insan Berprestasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Jakarta, Selasa (07/12/2021) malam.

Al Haris menerima 3 Sertifikat Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia untuk Provinsi Jambi yang secara langsung diserahkan oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Hilmar Farid.

BACA LAINNYA  Terima Gelar Adat Depati Tiang Negeri, Al Haris Minta Jaga dan Lestarikan Ada Budaya

Ketiga karya budaya yang telah ditetapkan dan diakui menjadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia dari Provinsi Jambi yaitu, 1. Tari Ngebeng (Seni Pertunjukan), 2. Ngayun Luci (Adat Istiadat Masyarakat, Ritus dan Perayaan) dan 3. Tirai Penganten/Pelaminan Kungkai (Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional).

BACA LAINNYA  Bupati Anwar Sadat Ikuti Rakornas Pengedalian Inflasi 2021 Secara Virtual

“Kedepannya, saya mengharapkan untuk lebih memperbanyak lagi khazanah budaya Jambi dengan langsung turun membina, sehingga bisa kita usulkan lagi menjadi warisan budaya takbenda Indonesia. Kita akan membina dan mengembangkan kebudayaan kebudayaan yang ada di Provinsi Jambi yang sudah ada sejak dulu kala,” kata Al Haris.

“Kita juga akan mengajak masyarakat sekitar untuk melestarikan kebudayaan yang telah ada, serta memberikan edukasi kepada generasi muda bahwa Jambi ini sangat kaya akan khazanah budaya warisan dari leluhur yang perlu terus untuk dilestarikan dan dijaga bersama,” lanjut Al Haris.

BACA LAINNYA  Partai Surya Paloh di Jambi Gelontorkan Ribuan Paket Sembako Murah Jelang Lebaran

Al Haris memberikan apresiasi kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang dengan rutin setiap tahunnya menyelenggarakan acara Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia ini, karena memang Indonesia sangat kaya akan khazanah budaya khususnya Provinsi Jambi.***

Artikel ini telah dibaca 109 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Meskipun Umurnya 300 Tahun, Rumah Tuo di Jangkat Masih Kokoh

25 Juni 2022 - 18:46 WIB

Patut Berbangga, Bakar Jaudah di Festival Pariwisata Jangkat Jambi Masuk Rekor Dunia

25 Juni 2022 - 14:16 WIB

Irwasum Komjen Pol Agung Maryoto Gowes ke Candi Muaro Jambi

24 Mei 2022 - 10:45 WIB

Berbagai Daerah Kunjungi Objek Wisata Jambi Faradise

5 Mei 2022 - 16:43 WIB

Jokowi Sebut Batik Batanghari Elegan, Zulva Fadhil: Kita Promosikan UMKM ke Tingkat Nasional

23 Maret 2022 - 17:25 WIB

Kejaksaan Negeri Batanghari Musnahkan Ratusan Gram Sabu

18 Maret 2022 - 19:11 WIB

Trending di Kabar Daerah