Kapolda Jambi Hadiri Pemakaman Praka Anumerta Tuppal Halomoan Barasa Diduga Oknum TNI Bekingi Perusahaan, Brigjen Junior Tumilaar Marah Besar: Jalan Takut Kita Lawan Centul City Dapat Untung Besar, Pedagang Sebut NasDem Membawa Berkah Fasha Instruksikan Kader Nasdem Batanghari Dukung Pemerintahan Fadhil – Bakhtiar Oknum Polda Jambi Ditahan Jaksa

Home / Kabar Daerah / Wisata Budaya

Kamis, 9 Desember 2021 - 07:24 WIB

Al Haris Terima Sertifikat Penetapan Warisan Budaya Takbenda, Salah Satunya Tari Ngebeng Asal Rambutan Masam

Gubernur Jambi, Al Haris terima sertifikat Penetapan Warisan Budaya Takbenda

Gubernur Jambi, Al Haris terima sertifikat Penetapan Warisan Budaya Takbenda

Kabarjambikito.com – Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., mengharapkan, Khazanah budaya yang ada di Provinsi Jambi terus terangkat, sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas. Hal tersebut dikatakan Al Haris pada sesi wawancara usai menghadiri Perayaan dan Penyerahan Sertifikat Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2021, yang berlangsung di Gedung Plasa Insan Berprestasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Jakarta, Selasa (07/12/2021) malam.

Al Haris menerima 3 Sertifikat Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia untuk Provinsi Jambi yang secara langsung diserahkan oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Hilmar Farid.

BACA LAINNYA  Datang Perdana, Kontingen PWN Asal Lampung Masuk ke Sungai Baung

Ketiga karya budaya yang telah ditetapkan dan diakui menjadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia dari Provinsi Jambi yaitu, 1. Tari Ngebeng (Seni Pertunjukan), 2. Ngayun Luci (Adat Istiadat Masyarakat, Ritus dan Perayaan) dan 3. Tirai Penganten/Pelaminan Kungkai (Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional).

BACA LAINNYA  Pasca Kaburnya Tahanan, Anggota Polres Batanghari Masih Diperiksa Bid Propam

“Kedepannya, saya mengharapkan untuk lebih memperbanyak lagi khazanah budaya Jambi dengan langsung turun membina, sehingga bisa kita usulkan lagi menjadi warisan budaya takbenda Indonesia. Kita akan membina dan mengembangkan kebudayaan kebudayaan yang ada di Provinsi Jambi yang sudah ada sejak dulu kala,” kata Al Haris.

“Kita juga akan mengajak masyarakat sekitar untuk melestarikan kebudayaan yang telah ada, serta memberikan edukasi kepada generasi muda bahwa Jambi ini sangat kaya akan khazanah budaya warisan dari leluhur yang perlu terus untuk dilestarikan dan dijaga bersama,” lanjut Al Haris.

BACA LAINNYA  Kamis Ini Fadhil Arief Bakal Lantik Kades Terpilih

Al Haris memberikan apresiasi kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang dengan rutin setiap tahunnya menyelenggarakan acara Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia ini, karena memang Indonesia sangat kaya akan khazanah budaya khususnya Provinsi Jambi.***

Share :

Baca Juga

Provinsi Jambi

Panglima TNI Nilai Pengetatan PPKM Level 4 Berhasil Turunkan Kasus Covid-19 di Jambi

Provinsi Jambi

Lomba Lukis Anak SD Se -Jambi, Gubernur Al Haris Ajak Jaga dan Lestarikan Sungai Batanghari

Bungo

Tegas !!!  Tokoh Pemuda Bungo Minta Ketua DPP Gerindra Pecat Ketua DPRD Bungo

Provinsi Jambi

Kapolda Jambi Tinjau Vaksinasi di Kota Jambi

Kabar Daerah

Didemo Mahasiswa, Pemkab Merangin Klaim Bupati Tak Minta Mobil Dinas Baru

Peristiwa

Bea Cukai Jambi Galakan Operasi Gempur Rokok Ilegal, Cegah Peredaran Ratusan Ribu Rokok Ilegal

Batanghari

Dapat Kabar Warga Kesulitan, Polsek Batin XXIV Langsung Beri Bantuan

Kabar Daerah

Terima Audiensi AMSINDO Jambi, Walikota Fasha: Jejaring Sosial Sangat Membantu Awasi Kinerja Pejabat