Menu

Mode Gelap
Badan Intelijen Negara Door Tu Door di Jambi, Ada Apa ? Selain Dipecat, Oknum Kapolsek Yang Berbuat Mesum Juga Bakal di Pidana Dana Bansos Diselewengkan, Lapor ke Sini Adu Kambing Kijang LGX VS Mitsubishi, Sopir dan Penumpang Meninggal di TKP Kampoeng Radja Siap Kembali Menghibur Keluarga di Jambi, KJK Beri Apresiasi

Batanghari · 19 Sep 2021 11:48 WIB

Alhamdulillah… Hasil Panen Padi Memuaskan, Petani: Kami Kekurangan Mesin Thresher dan Pupuk


 Alhamdulillah… Hasil Panen Padi Memuaskan, Petani: Kami Kekurangan Mesin Thresher dan Pupuk Perbesar

Kabarjambikito.com – Pertanian merupakan sektor yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari khususnya dalam aspek ekonomi.

Umumnya sektor pertanian berkaitan langsung dengan tanaman yang menjadi sumber kebutuhan utama setiap masyarakat, karena dari pertanian masyarakat mampu memenuhi kebutuhan pangan mereka sehari-hari untuk mempertahankan hidupnya.

Di Kabupaten Batanghari sendiri, petani perlu di perhatian yang lebih, terutama petani padi.

Sementara untuk saat ini, faktor rendahnya hasil tani juga dipengaruhi dari infrastruktur dan fasilitas yang belum memadai. Dimana saat ini masih banyak jalan penghubung antar desa, kecamatan dan jalan produksi yang jauh dari kata layak.

BACA LAINNYA  Perangkat Desa Tidak Bisa Diberhentikan Kades Terpilih, Ini Kata Fadhil Arief

M Zukni salah satu petani padi di Desa Rambutan Masam, Kecamatan Muara Tembesi, Batanghari mengungkapkan, saat ini petani padi yang ada di sawah ” Kelilike Kambing (red- nama sawah) yang memiliki luas sekitar 20 hektare lebih masih kekurangan mesin perontok padi atau Mesin Thresher dan beberapa pupuk.

” Alhamdulilhah….. Untuk hasil panen tahun di sawah Kelike Kambing mengalami peningkatan. Hanya saja kemarin pada saat proses pertumbuhan masih kekurangan pupuk sehingga setelah panen masih ada buah yang belum cukup bagus. Selain itu kami juga kekurangan alat perontok padi, sehingga padi menumpuk. ” ungkap Zukni, Ahad (19/9/2021).

BACA LAINNYA  Panen Raya Padi di Danau Embat, Wabup Bakhtiar Sebut Petani Jadi Prioritas Fadhil-Bakhtiar

Lanjutnya, jika membandingkan antara penggunaan mesin dan kinerja manusia, sudah pasti mesin bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan lebih cepat. Mesin tak memerlukan waktu istirahat yang lama serta memiliki kapasitas beban kerja yang lebih besar.

” Akan bisa menghemat banyak waktu dibandingkan dengan mempekerjakan orang meski dalam jumlah yang lebih banyak,” sebutnya.

BACA LAINNYA  Siswa Batanghari Nekat Ahiri Hidupnya Dengan Meminum Racun Rumput

Katanya, sejumlah ppetani di Rambutan Masam, terutama di sawah Kelike Kambing mengharapan bantuan mesin modern tersebut, agar proses pasca panen lebih cepat.

” Saat ini masih ada sebagian besar petani masih mengerjakan proses pasca panen secara tradisisonal. Dampaknya, hasil panen tidak maksimal dan waktu yang dibutuhkan untuk pasca panen lama,” ujarnya.

Lebih jauh dia mengatakan, agar Pemkab Batanghari bisa membantu mesin perontok untuk petani padi.

” Kita juga akan mengajukan proposal melalui kelompok untuk bantuan mesin peruntuk,” katanya.

Artikel ini telah dibaca 233 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Dana Bansos Diselewengkan, Lapor ke Sini

24 Oktober 2021 - 18:53 WIB

Sekda Azan Minta Kades Terpilih Rangkul Semua Masyarakat

23 Oktober 2021 - 08:38 WIB

Pilkades Kembang Seri, Anang Fahri Raih Suara Terbanyak

22 Oktober 2021 - 07:26 WIB

Warga Beri Ucapkan Selamat, Kades Terpilih Roni Ali: Terimakasih Seluruh Masyarakat dan Tim Pemenang

22 Oktober 2021 - 01:32 WIB

Terpilih Kades Buluh Kasab, Mhd Zuhri: Terimakasih Masyarakat

21 Oktober 2021 - 18:29 WIB

Mengenakan Kemeja Putih, Cakades A Roni Ali Gunakan Hak Pilih

21 Oktober 2021 - 08:43 WIB

Trending di Batanghari