Menu

Mode Gelap
Al Haris Akan Bantu Pemkab Tanjung Jabung Barat Tangani Permasalahan Listrik Sekda Sempat Bertanya Tentang Kegiatan di 2021, Fadhil Arief: Saya Yakin Hutang Lunas dan Jalan Tetap Dibangun JMSI Apresiasi Inisiatif KBRI Madrid dan Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam Wagub Sani Hadiri Halal bi Halal Serta Pelantikan Fatayat NU se Jambi

Provinsi Jambi · 19 Mar 2022 19:09 WIB

Asah Kemampuan Jurnalis, Google dan FJPI Adakan Workshop


 Asah Kemampuan Jurnalis, Google dan FJPI Adakan Workshop Perbesar

FORUM JURNALIS PEREMPUAN INDONESIA – Untuk menambah kemampuan para Jurnalis menggunakan YouTube dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) bekerjasama dengan Google News Initiative, mengadakan Workshop, dengan Tajuk “Optimizing YouTube for Journalists”, pada Sabtu (19/3/2022), Pukul 13.00-15.00 WIB.
Dalam pelatihan yang berlanggung menggunakan platform Google Meet ini, hadir sebagai Pembicara; Andika Rinaldo Asry, YouTube Partnerships Acquisitions Manager Google.

Selain dihadiri oleh anggota FJPI, pelatihan juga diikuti oleh Jurnalis lainnya, yang bukan anggota FJPI. Dan istimewanya, bukan jurnalis-jurnalis muda saja yang mengikuti pelatihan ini. Namun juga jurnalis-jurnalis senior, yang telah bertugas puluhan tahun, serta pegiat-pegiat YouTube yang sedang bersemangat untuk mengelola Channel YouTube -nya dari berbagai daerah di Indonesia.

BACA LAINNYA  Puluhan Kilogram dan Ribuan Butir Narkoba Berhasil Diamankan BNNP Jambi

Seperti diketahui, YouTube saat ini bukan saja hanya sebagai wadah untuk meluangkan hobi dan kreatifitas serta mempromosikan karya. Namun juga bisa menghasilkan uang yang bayak, serta telah menjadi sumber penghidupan bagi pegiat-pegiat dan selebrity YouTube di tanah air.

Sementara untuk para jurnalis, YouTube kerap dijadikan sebagai sarana untuk mempublikasikan hasil karya jurnalistiknya, dalam bentuk video dan tayangan slide.
Ketua FJPI, Uni Lubis, dalam acara ini mengatakan, pihaknya melihat ketertarikan yang sangat besar dari para jurnalis untuk menggunakan YouTube, sebagai alat untuk mempublish hasil karya jurnalistiknya. Karena itu, FJPI menggelar workshop ini untuk mengupgrade kemampuan para jurnalis. Agar bisa memanfaatkan YouTube dengan lebih maksimal lagi dan mengaplikasikannya dalam pekerjaan sehari-hari.

BACA LAINNYA  Banyak Menelan Korban, Truk Batubara Jadi Sorotan Masyarakat

Dikatakan Uni, pelatihan ini bukan hanya untuk anggota FJPI saja. Tapi juga untuk semua Jurnalis yang berminat untuk belajar bersama. “Mari kita sama-sama menambah ilmu”, ujar Uni Lubis.
Dan pelatihan-pelatihan seperti ini, menurut Uni, telah dan akan selalu diadakan secara kontinyu oleh FJPI, dengan topik dan narasumber yang berbeda. Karena manfaat dari sebuah organisasi, adalah memberikan ilmu sesuai bidang, yang bermanfaat bagi seluruh anggotanya.

BACA LAINNYA  Bea Cukai Jambi Galakan Operasi Gempur Rokok Ilegal, Cegah Peredaran Ratusan Ribu Rokok Ilegal

Dalam paparannya, yang berlangsung selama dua jam, Andika Rinaldo memaparkan sangat gamblang, bagaimana cara membuat Channel YouTube bagi pemula. Bagaimana cara mengelolanya, hingga bisa menjadi sebuah Channel yang digemari.

Andika juga memberikan tips-tips bagaimana mengelola channel, agar bisa disukai dan selalu dikunjungi oleh penonton. “Banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk pemilihan nama, pemilihan topic”, jelas Andika.
Bahkan, dikatakan Andika, jika seorang YouTuber bisa mengelola chanelnya dengan baik, YouTube bisa menjadi pekerjaan yang sangat baik dan menghasilkan. (*)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pasca Idul Fitri, Kapolda Jambi Pimpin Apel Pagi

9 Mei 2022 - 11:15 WIB

Pengacara Muda Ini Minta HS, HPH dan OH Selesaikan Konflik Agar Tidak Terjadi Gesekan Dibawah

27 April 2022 - 18:07 WIB

Gelar Nuzulul Qur’an, DPW PPP Jambi Ajak Anak Muda Wariskan Kepemimpinan Masa Mendatang

19 April 2022 - 04:46 WIB

Jadwal Buka Puasa Hari Ini

16 April 2022 - 18:07 WIB

Ratusan Warga Tuntut Hak Mereka Atas Lahan Yang Diberikan Jokowi

10 April 2022 - 16:37 WIB

Jokowi Bagikan Bantuan Kepada Warga, Iriana Setia Memayungi

7 April 2022 - 20:06 WIB

Trending di Provinsi Jambi