Menu

Mode Gelap
Besok Pj Bupati Muaro Jambi, Sarolangun dan Tebo Dilantik Gubernur Jambi Mursyid : Tepat Mendagri dan Gubernur Jambi Pilih Hendrizal, Pengalamannya Sangat Lengkap. Muncul Wajah Baru di Tubuh Pengurus Pemuda Pancasila Jambi, Begini Komentar Panglima Ardi Jum’at Berkah, Masyarakat: Bertemu Bupati Saja Kami Sudah Senang Al Haris: Semangat Idul Fitri Jadi Energi Baru

Ekonomi · 4 Nov 2021 10:59 WIB

Aturan Baru, Warga Belum di Vaksin Tak Dapat Bansos


 Foto Ilustrasi Perbesar

Foto Ilustrasi

NASIONAL – Pemerintah Kabupaten Bogor melarang warganya yang belum divaksin COVID-19 untuk menerima bantuan sosial (bansos). Aturan itu tertuang dalam Instruksi Bupati Bogor Nomor 4431/1154/dinsos/2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Vaksin COVID-19 terhadap Penerima Jaminan Sosial dan Bantuan Sosial.

“Bagi warga yang belum melaksanakan vaksinasi COVID-19, maka ditunda jaminan sosial dan bantuan sosialnya,” demikian bunyi keputusan Instruksi Bupati yang diteken per 29 Oktober itu, dikutip Kamis (4/11/2021).

BACA LAINNYA  Crazy Rich Jambi dr Oky Pratama Tuangkan Kisah Hidupnya Lewat Buku

Instruksi Bupati tersebut meminta seluruh camat untuk melakukan sosialisasi dan menginformasikan terkait sanksi yang akan dikenakan kepada warga penerima jaminan sosial dan bantuan sosial, apabila belum melaksanakan vaksinasi COVID-19 sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 14 Tahun 2021 Pasal 13A ayat 4.

Selain menunda jaminan sosial dan bansos bagi warga yang belum divaksin, instruksi tersebut juga mengatur sanksi berupa penghentian jaminan sosial dan bansos bagi warga yang menolak vaksinasi COVID-19.

BACA LAINNYA  Produksi Bibit Subsidi Tidak Rata, Fadhil Arief: Kita Adakan Pembibitan di Batanghari

“Bagi warga yang menolak vaksinasi COVID-19, maka dihentikan jaminan sosial ban bantuan sosialnya,” bunyi instruksi tersebut.

Namun, sanksi tersebut dikecualikan bagi warga yang tidak divaksinasi karena alasan medis, seperti sakit dan tidak memenuhi kriteria penerima vaksin. Kelompok tersebut harus membuktikan dengan surat keterangan dari Puskesmas, klinik, rumah sakit, atau fasilitas kesehatan lain.

BACA LAINNYA  Kasus Dihentikan, Status Tersangka Korban Begal Dicabut

“Kecuali warga sakit atau tidak memenuhi kriteria penerima vaksin COVID-19 sesuai indikasi COVID-19 tersedia dengan dinyatakan surat keterangan dari Puskesmas/klinik kesehatan, dokter praktik, rumah sakit dan fasilitas kesehatan lain.” Jelasnya.

Detik.com

Artikel ini telah dibaca 76 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Harga TBS dan Pupuk Tidak Sebanding, Petani Sawit Harapkan Pemerintah Bijaksana

19 Mei 2022 - 15:22 WIB

Terpilih Sebagai Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra Bangun Kualitas Pers

19 Mei 2022 - 06:39 WIB

JMSI Apresiasi Inisiatif KBRI Madrid dan Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol

17 Mei 2022 - 13:29 WIB

Anggaran Pemilu 2024 Rp 76 T Mendapat Kritikan Dari PAN

16 Mei 2022 - 13:54 WIB

SKK Migas Kunjungi Lokasi Temuan Migas Baru di Sumatera Selatan

15 Mei 2022 - 19:36 WIB

Premier Oil Melakukan Pengeboran Laut Dalam di WK Andaman II

13 Mei 2022 - 07:35 WIB

Trending di Bisnis