Menu

Mode Gelap
Fadhil Arief Minta Pegawai Berikan Pengaruh Yang Baik Kepada Instansi Demi Mempertahankan Seluruh Honorer Indonesia, Anies Baswedan Temui Jokowi Persiapan Kenduri Swarnabhumi, Tim Kemendikbud Turun ke Tebo Prabowo-AHY Kompak Bilang Punya Kesamaan Usai Bertemu 2 Jam Tajak 21 Juni 2022, SKK Migas dukung kelancaran Pengeboran Sumur Eksplorasi Markisa-001

Provinsi Jambi · 19 Jun 2022 00:12 WIB

Awal Juli, DAAL Pentaskan Karya Eksperimentasi Berbasis Tradisi di Jambi


 Awal Juli, DAAL Pentaskan Karya Eksperimentasi Berbasis Tradisi di Jambi Perbesar

Kabarjambikito.com — Kelompok seni pertunjukan DianArza Arts Laboratory (DAAL) kembali berkarya dan akan mementaskan karya danceteater dengan konsep eksperimentasi berbasis tradisi di Taman Budaya Provinsi Jambi, pada 2 Juli 2022.

Karya yang bertajuk Merawang ini terinspirasi dari tradisi makan bersama yang juga hampir ada di setiap daerah di Indonesia dan biasanya tradisi ini terasa kehadirannya saat berkumpul di kebun/sawah, hari-hari besar seperti lebaran, pesta pernikahan, upacara adat atau acara keagamaan.

Koreografer DAAL, Dian Anggraini, menguraikan, secara filosofis tradisi makan bersama menjadi ruang kebersamaan tanpa melihat perbedaan status sosial sekaligus medium peleburan akulturasi yang mengandung toleransi, gotong royong secara kekeluargaan.

BACA LAINNYA  Kado Bagi JMSI Awal Tahun 2022

“Sedangkan kata Merawang sendiri, kami jumput dari tradisi masyarakat Jambi untuk menyebut aktifitas makan bersama dengan perasaan riang gembira di kebun terkadang sambil pergi berpiknik,” ujar Dian saat dihubungi Sabtu sore (18/06/22).

Dipaparkannya, karya ini akan disutradarai oleh Putra Agung dan dirinya selaku koreografer.

Pertunjukan Merawang akan ditampilkan oleh lima orang penari dan melalukan pengolahan, penjelajahan dan membuat komposisi gerak seakan sedang bermusyawarah, berdiskusi, mengambil makanan, berbincang sebagai simbolisasi kebersamaan dalam keberagaman dengan hentakan pola danceteater yang khusus, unik, berirama dengan melakukan pengembangan dan eksperimentasi.

BACA LAINNYA  Terpilih Sebagai Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra Bangun Kualitas Pers

“Karya ini akan dikemas dalam bentuk pertunjukan kelompok, dengan dasar gerak tari yang akan dieksplorasi dan dieksperimentasi berdasarkan kebutuhan kemudian dikomposisikan menjadi karya dengan tipe studi gerak dan dramatik danceteater serta akan menggunakan mode penyajian simbolik representatif. Tipe studi gerak yang dimaksud adalah salah satu metode pemetaan sistem kerja dengan menganalisis gerakan anggota badan atau kemungkinan gerak yang dapat dilakukan, sedangkan dramatik yang dimaksud dalam karya ini menggambarkan emosional pada tiap-tiap bagian didalam karya,” papar tutor Universitas Terbuka (UT) ini.

Saat disinggung soal tujuan penciptaan karya, Dian berharap melalui bentuk danceteater maka kebudayaan dan tradisi masyarakat dapat terus dilestarikan dan dikenali. Selain itu, karya ini menjadi bentuk kontribusi dan tanggung jawab sosial DianArza Arts Laboratory (DAAL) terhadap pelestarian serta pengembangan seni budaya maupun tradisi, melakukan penggalian, pengembangan serta eksperimentasi terhadap tradisi yang ada ditengah-tengah masyarakat.

BACA LAINNYA  Wagub Abdullah Sani Apresiasi Polda Jambi Vaksinasi Pelajar

“DAAL sebagai organisasi seni yang fokus dengan konsepsi danceteater akan terus melakukan penggalian, revitaliasi dan eksperimentasi bentuk tradisi, seni budaya dan eksplorasi lingkungan baik dalam bentuk workshop, kajian, hingga secara kontinyu melakukan penciptaan karya yang DAAL tampilkan baik skala lokal, regional, nasional dan internasional,” bebernya sekaligus menutup obrolan.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Al Haris Berkomitmen Bangun SDM Dibidang Kesehatan

23 Juni 2022 - 21:22 WIB

Hadi Prabowo Sebutkan Data Baru Dugaan Korupsi Anak Perusahaan PTPN 6

22 Juni 2022 - 14:28 WIB

Google-FJPI Adakan Workshop, “Optimizing Google Tools for Journalist”

18 Juni 2022 - 19:15 WIB

Sekda Sudirman: DUMISAKE Merupakan Aksi Nyata Mengentaskan Kemiskinan

17 Juni 2022 - 09:11 WIB

Berbenturan Hari Adat Jambi, Jadwal Pelantikan Pengurus JMSI Provinsi Jambi Ditunda

16 Juni 2022 - 16:38 WIB

Nama Doni di Gadang-gadang Untuk Calon Ketua IKAPTK Provinsi Jambi

16 Juni 2022 - 12:16 WIB

Trending di Provinsi Jambi