Menu

Mode Gelap
Ketua DPRD Edi Purwanto Apresiasi FORMAJA Gelar Aksi Sosial Jelang Kedatangan Dirjen Kebudayaan Direktorat PTLK Datang, Masyarakat Rambutan Masam Bentuk Kepanitiaan Dirjen IKP: Dewan Pers Satu-satunya Lembaga yang Lakukan Sertifikasi Jurnalis Lepaskan JCH, Fadhil Arief: Doakan Kami Agar Jadi Pemimpin Istiqomah Tinjau Jalan di Sabak, Al Haris: Pemrov Jambi Segera Mengangani Dengan 2 Skema

Batanghari ยท 5 Des 2021 23:12 WIB

Bahas RKP Desa Rambutan Masam Apakah Kades Terpilih Diundang?


 Foto Ilustrasi Perbesar

Foto Ilustrasi

Kabarjambikito.com Rencana Kerja Pemerintah Desa atau Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) adalah dokumen perencanaan pembangunan di desa untuk tahun anggaran 2022 RKPDesa disusun berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

Seperti di Desa Rambutan Masam, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, disusun oleh tim verifikasi rancangan RKP Desa Rambutan Masam yang di ketuai oleh M Suhaili, Sekretaris Subur Cahyadi, Anggota M Nasir Kohar, dan yang terdiri dari unsur tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, dan unsur yang terkait.

Pemerintah Desa menyusun RKP Desa sebagai penjabaran RPJM Desa sesuai dengan informasi dari pemerintah daerah kabupaten/kota berkaitan dengan pagu indikatif Desa dan rencana kegiatan pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota.

BACA LAINNYA  Sudah 3 Warga Jadi Korban Harimau, Petugas BKSDA Provinsi Jambi Pasang Kamera dan Perangkap

Pemerintah Desa menyusun RKP Desa sebagai penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa Rambutan Masam sesuai dengan informasi dari pemerintah daerah kabupaten/ kota berkaitan dengan pagu indikatif desa dan rencana kegiatan pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota.

Sementara menurut aturan, RKP Desa Sudah mulai disusun oleh seluruh pemerintah Desa pada bulan Juli tahun berjalan dan ditetapkan dengan Peraturan Desa paling lambat akhir bulan September tahun berjalan yang nantinya akan menjadi dasar pemerintah Desa dalam penetapan apb Desa. Dalam menyusun RKP Desa, kepala Desa mengikutsertakan masyarakat Desa.

BACA LAINNYA  Pemasangan Kabel Telkom di Sarolangun Meninggal 2 Orang Akibat Tersentrum

” Malam ini kita lagi menyusun RKP Desa bersama tokoh-tokoh masyarakat di Aula Desa, ” kata Sekretaris Desa Rambutan Masam, Ahmad Pirdaus, S. Kom sebagai Ketua Penyusunan RKP Desa, Minggu (5/12/2021).

Namun, untuk tahun ini, karena Desa Rambutan Masam baru usai Pilkades. Sebagai Kades terpilih seharusnya diikut sertakan. Karena agar bisa sinkron, walaupun program Kades terpilih belum bisa berjalan di tahun 2022.

BACA LAINNYA  Napoleon Bonaparte Bak Pembuka Keran yang Tersumbat

” Sah-sah saja jika tim verifikasi rancangan RKP Desa mengundang Kades terpilih. Karena nanti ketika Kades terpilih ikut rapat bisa memberikan masukan untuk hajat masyarakat desa kita,” ungkap Zainal.

Terkait hal tersebut, masyarakat minta agar penyusunan rancangan RKP Desa ini benar-benar berdampak untuk seluruh masyarakat Rambutan Masam.

Hingga berita ini di publis, belum diketahui apakah Kades terpilih, A Roni Ali diundang atau tidak? Namun pada saat rapat A Roni Ali tak terlihat di rapat tersebut.

Artikel ini telah dibaca 66 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Jelang Kedatangan Dirjen Kebudayaan Direktorat PTLK Datang, Masyarakat Rambutan Masam Bentuk Kepanitiaan

26 Juni 2022 - 22:13 WIB

Lantik Pejabat Fungsional Tertentu, Fadhil Arief Minta PNS Harus Punya Inovasi

21 Juni 2022 - 18:03 WIB

Peduli Lingkungan, PD IWO Batanghari Edukasi Warga di Tahura

21 Juni 2022 - 11:58 WIB

Ada Apa Dengan Tambang Batubara PT Kasongan di Batanghari?

21 Juni 2022 - 09:49 WIB

Fadhil Arief Minta Camat dan Kades Bantu Masyarakat Dalam Pengurusan Sertifikat Tanah

10 Juni 2022 - 08:54 WIB

Sambut 1 Muharam Rambutan Masam Bakal Kedatangan Habib, Ust Dhenny Al Fiqrie: Kita Gaungkan Syiar Islam

6 Juni 2022 - 15:51 WIB

Trending di Batanghari