Diduga Oknum TNI Bekingi Perusahaan, Brigjen Junior Tumilaar Marah Besar: Jalan Takut Kita Lawan Centul City Dapat Untung Besar, Pedagang Sebut NasDem Membawa Berkah Fasha Instruksikan Kader Nasdem Batanghari Dukung Pemerintahan Fadhil – Bakhtiar Oknum Polda Jambi Ditahan Jaksa Peduli, Polsek Batin XXIV Bagikan Sembako Kepada Masyarakat

Home / Batanghari / Kabar Daerah

Minggu, 5 Desember 2021 - 23:12 WIB

Bahas RKP Desa Rambutan Masam Apakah Kades Terpilih Diundang?

Foto Ilustrasi

Foto Ilustrasi

Kabarjambikito.com Rencana Kerja Pemerintah Desa atau Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) adalah dokumen perencanaan pembangunan di desa untuk tahun anggaran 2022 RKPDesa disusun berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

Seperti di Desa Rambutan Masam, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, disusun oleh tim verifikasi rancangan RKP Desa Rambutan Masam yang di ketuai oleh M Suhaili, Sekretaris Subur Cahyadi, Anggota M Nasir Kohar, dan yang terdiri dari unsur tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, dan unsur yang terkait.

Pemerintah Desa menyusun RKP Desa sebagai penjabaran RPJM Desa sesuai dengan informasi dari pemerintah daerah kabupaten/kota berkaitan dengan pagu indikatif Desa dan rencana kegiatan pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota.

BACA LAINNYA  Pentingnya Peran Insan Pers, BNNK Batanghari Gelar Pelaksanaan KOTAN

Pemerintah Desa menyusun RKP Desa sebagai penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa Rambutan Masam sesuai dengan informasi dari pemerintah daerah kabupaten/ kota berkaitan dengan pagu indikatif desa dan rencana kegiatan pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota.

Sementara menurut aturan, RKP Desa Sudah mulai disusun oleh seluruh pemerintah Desa pada bulan Juli tahun berjalan dan ditetapkan dengan Peraturan Desa paling lambat akhir bulan September tahun berjalan yang nantinya akan menjadi dasar pemerintah Desa dalam penetapan apb Desa. Dalam menyusun RKP Desa, kepala Desa mengikutsertakan masyarakat Desa.

BACA LAINNYA  Wakil Wali Kota Maulana Dorong BKPRMI Ciptakan Usahawan Mandiri

” Malam ini kita lagi menyusun RKP Desa bersama tokoh-tokoh masyarakat di Aula Desa, ” kata Sekretaris Desa Rambutan Masam, Ahmad Pirdaus, S. Kom sebagai Ketua Penyusunan RKP Desa, Minggu (5/12/2021).

Namun, untuk tahun ini, karena Desa Rambutan Masam baru usai Pilkades. Sebagai Kades terpilih seharusnya diikut sertakan. Karena agar bisa sinkron, walaupun program Kades terpilih belum bisa berjalan di tahun 2022.

BACA LAINNYA  Pers Pejuang Informasi, Bahren Nurdin: Melalui Pena Wartawan Selamatkan Bangsa

” Sah-sah saja jika tim verifikasi rancangan RKP Desa mengundang Kades terpilih. Karena nanti ketika Kades terpilih ikut rapat bisa memberikan masukan untuk hajat masyarakat desa kita,” ungkap Zainal.

Terkait hal tersebut, masyarakat minta agar penyusunan rancangan RKP Desa ini benar-benar berdampak untuk seluruh masyarakat Rambutan Masam.

Hingga berita ini di publis, belum diketahui apakah Kades terpilih, A Roni Ali diundang atau tidak? Namun pada saat rapat A Roni Ali tak terlihat di rapat tersebut.

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Wawako Maulana Bantu Korban Kebakaran di Lingkar Selatan

Tanjabbar

Akhirnya Validasi Data Calon Pelanggan Jaringan Gas Tanjabbar Selesai

Kabar Daerah

Menjamin Adanya Kepastian Hukum, Akankah PT. BCA Finance Jambi Kembali Disegel LPKNI

Kota Jambi

Akankah Penghina Warga Jambi di Proses Hukum ?

Kota Jambi

Maulana Sebut Kota Jambi Baru 53% Untuk Mencapai Healt Imunity, Suparyono : Jangan Takut Vaksin

Kota Jambi

Hari Ini Pemkot Jambi Putuskan Kelanjutan PPKM

Kabar Daerah

Kemacetan di Kota Jambi Akibat Truk Batubara Kecelakaan

Kabar Daerah

Temui Rektor Unja, Partai PKM-U Siap Sinergi Wujudkan Renstra Unja Smart 2020-2024