Menu

Mode Gelap
Bantu CSR, PT VAT Perbaiki Akses Jalan SMK Negeri 6 Batanghari Fadhil Terpilih Ketua Umun Asprov PSSI Jambi 2021-2025 Pasca PWN, Gubernur Al Haris: Dapat Wujudkan Rintisan Kampung Pramuka Tim UNRAS ini Akan Bertarung di Mabes Polri Mewakili Provinsi Jambi Lantik 278 Pejabat Eselon II, III, dan IV , Wagub Abdullah Sani Minta Sinergi Lintas OPD

Kabar Daerah · 6 Nov 2021 23:04 WIB

Bakti Sosial, Edukasi Polres Merangin Menyentuh Hati SAD di Dalam Rimba


 Pelaksanaan penyuntikan vaksinasi kepada SAD di dalam Rimba Perbesar

Pelaksanaan penyuntikan vaksinasi kepada SAD di dalam Rimba

Kabarjambikito.com — Pelaksanaan bakti sosial dan pelayanan pengobatan gratis, serta penyuntikan vaksinasi kembali gencar dilakukan Oleh Jajaran Polres Merangin kepada Suku Anak Dalam (SAD) di dalam Rimba Makekal Ulu Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tabir Selatan

Waka Polsek Tabir Selatan, Ipda Fajar Nugroho yang didampingi Kanit Intelkam Polsek Tabir Selatan, Bripka Charles Maruli Harianja bersama dengan Kades Mekar Jaya, Lasno dan Tenaga Kesehatan Puskesmas Muara Delang serta Guru Pendamping Suku Anak Dalam (SAD), Suwanti, berangkat melakukan kunjungan ke lokasi Suku Anak Dalam (SAD) kelompok Ketua Adat Ngandun Depati Siomban bersama rombongan Suku Anak Dalam (SAD) lainnya di dalam Rimba Makekal Ulu Desa Mekar Jaya Kecamatan Tabir Selatan.

Setelah menempuh waktu sekitar 3 Jam perjalanan dengan kendaraan roda dua (trail) melewati jalan yang cukup sulit dilalui akhirnya rombongan bisa sampai di tempat tujuan.

BACA LAINNYA  Ribuan Peserta PWN Bakal Ramaikan 5 Desa di Batanghari, Al Haris: Kita Sukseskan Bersama

Beruntung saat tiba di lokasi kelompok SAD tersebut sedang tidak berburu atau Melangun sehingga dapat bertemu dengan mereka.

Kedatangan rombongan disambut dengan hangat dan bersahabat oleh Ketua Adat Suku Anak Dalam (SAD) dan anggota kelompoknya, dalam kesempatan tersebut.

Kapolres Merangin, AKBP Irwan Andy Purnamawan melalui Kasubbag Humas Iptu Edih menjelaskan setiba di lokasi tujuan rombongan langsung menjelaskan tujuan kedatangan kepada Ketua Adat Suku Anak Dalam.

Namun pada kunjungan kali ini sekaligus memberikan bantuan berupa bibit ikan lele, mengingat SAD selalu melakukan cara berburu untuk bertahan hidup.

“kunjungan kali ini disamping untuk membantu melakukan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas Muara Delang dan pembelajaran terhadap anak anak SAD oleh guru pendamping yang secara berkala sudah rutin dilakukan namun ada satu hal yang sangat menarik yaitu pemberian bibit ikan lele sebanyak 1000 ekor untuk warga Suku Anak Dalam (SAD). Semoga Ikan ini bisa membantu kehidupan warga Suku Anak Dalam (SAD)” Ujarnya Sabtu (06/11/2021).

BACA LAINNYA  Masyarakat Demo di Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Ini Masalahnya?

Dengan berkurangnya hewan buruan dan semakin sempitnya ruang gerak mereka akibat dari pengalihan fungsi hutan yang sudah banyak berubah menjadi areal perkebunan maka hal tersebut kerap kali menimbulkan konflik dengan masyarakat sekitar sehingga perlu segera dilakukan upaya inovasi untuk mencegah konflik tersebut agar tidak terus terjadi.

“Diharapkan dengan potensi alam yang masih asri dan kualitas air yang masih bagus nantinya bibit ikan lele tersebut dapat berkembang dengan baik sampai dengan masa panen tiba, sehingga bisa membantu kehidupan warga SAD dan menjadi pembelajaran baru bagi mereka bahwa mereka bisa memanfaatkan potensi alam yang ada dengan cara memelihara ikan ataupun ternak lainnya serta mulai belajar bercocok tanam dan tidak harus sepenuhnya bergantung dengan hasil buruan di hutan.” Imbuhnya.

BACA LAINNYA  Pagi-pagi Moeldoko Datangi Rumah SBY Minta Sesuatu, SBY Langsung Marah Besar

Pada saat kegiatan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan terhadap warga Suku Anak Dalam oleh tenaga kesehatan Puskesmas Muara Delang, serta edukasi terhadap kelompok Suku Anak Dalam tentang pentingnya Vaksinasi, Ketua Adat Ngandun Depati Siomban mau melaksanakan Vaksinasi Dosis I yang dilakukan oleh Puskesmas Muara Delang langsung dilokasi. (Ade)

Artikel ini telah dibaca 75 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bantu CSR, PT VAT Perbaiki Akses Jalan SMK Negeri 6 Batanghari

4 Desember 2021 - 23:02 WIB

Fadhil Terpilih Ketua Umun Asprov PSSI Jambi 2021-2025

4 Desember 2021 - 21:37 WIB

Pasca PWN, Gubernur Al Haris: Dapat Wujudkan Rintisan Kampung Pramuka

4 Desember 2021 - 17:52 WIB

Tim UNRAS ini Akan Bertarung di Mabes Polri Mewakili Provinsi Jambi

4 Desember 2021 - 10:52 WIB

Lantik 278 Pejabat Eselon II, III, dan IV , Wagub Abdullah Sani Minta Sinergi Lintas OPD

4 Desember 2021 - 08:07 WIB

Pasca Kaburnya Tahanan, Anggota Polres Batanghari Masih Diperiksa Bid Propam

3 Desember 2021 - 08:01 WIB

Trending di Kabar Daerah