LIVE TV
Komunitas Sahabat Sejati Bersama Wawako Maulana Beri Santunan 10 Ton Daging Kerbau Beku Perum Bulog Jambi, Habis di Serbu Pembeli Ratusan Warga Bersama Pengemudi Ojol di Jambi Terima Zakat Maal Bupati Tanjabbar Saksikan Secara Virtual Gema Membumi Arakan Sahur Online PT Putra Duta Indahwood Mangkir di Sidang Karhutla Jambi

Home / Kabar Daerah

Senin, 25 Januari 2021 - 22:37 WIB

Bareskrim Polri Ambil Alih Kasus Ujaran Rasisme Politikus Ambroncius Nababan

Kabarjambikito.com — Kasus ujaran bernada SARA atau rasis yang dilakukan oleh Ambroncius Nababan yang juga merupakan kader partai dalam akun Facebooknya terhadap aktivis Papua Natalius Pigai, dilimpahkan ke Bareskrim Polri.

Dittipidsiber Bareskrim Polri telah berkoordinasi dengan Polda Papua Barat atas kasus rasisme terhadap eks komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai.

“Bareskrim Polri sudah menghubungi Polda Papua Barat dan Polda Papua untuk melimpahkan LP tersebut ke Bareskeim Polri,” tutur Kadiv Humas Polri.

Sesuai pesan Kabareskrim Polri, Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo pada saat mengikuti Fit and Proper Test sebagai calon Kapolri di Komisi III DPR pada Rabu lalu (20/01) bahwa hukum tidak boleh lagi tajam ke bawah tapi tumpul ke atas dapat terlihat dari respon cepat Bareskrim Polri terkait isu SARA yang melibatkan politisi dari Partai Hanura ini.

Baca Juga   3.182 Vaksin Datang ke Batanghari

Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono soal kasus dugaan rasis ke Natalius Pigai segera menindak lanjuti laporan ini dan membawanya ke Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (25/1/21).

Argo menyebut, kasus tersebut dilimpahkan ke Bareskrim Polri dengan pertimbangan domisili terlapor. Ambroncius Nababan diketahui berada di Jakarta.

Baca Juga   Lagi-lagi Daun Sungkai

“Diduga dari analisis siber itu adalah yang melakukan ada di Jakarta. Makanya untuk LP-nya dilimpahkan ke Bareskrim Polri,” jelas dia.
Menurut dia, penyidik Bareskrim Siber Polri masih melakukan penyelidikan menyeluruh atas laporan tersebut.

“Nanti dari Siber akan memanggil atau mengklairifikasi sesuai SOP yang ada. Kemudian kita juga akan memintav keterangan dari para ahli dan saksi yang lain,” Argo menandaskan.

“Kami akan menanyakan dan meminta keterangan terlapor, apakah media sosial Facebook itu milik yang bersangkutan. Kami harus memastikan siapa pemilik dan yang memposting hal itu,” katanya.

Baca Juga   Peniadaan Mudik, Dirlantas Bilang Travel Antar Lintas Provinsi Boleh Melintas, Tapi...

Sebelumnya, Polda Papua Barat dilaporkan menindaklanjuti laporan polisi yang telah dilayangkan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Papua Barat Sius Dowansiba

Ketua KNPI Papua Barat itu melaporkan pemilik akun media sosial atas nama Ambroncius Nababan-anggota Partai Hanura yang mencibir Natalius Pigai dengan ucapan gorila dan kadrun gurun di media sosial.

Ucapan tersebut akhirnya berujung pada laporan polisi dengan nomor laporan LP/17/I/2021/Papua Barat ter tanggal 25 Januari Pukul 13.46 WIT atas dugaan tindak pidana rasisme dengan terlapor pemilik akun media sosial Ambroncius Nababan.***

(Humas Polda Jambi)

Share :

Baca Juga

Provinsi Jambi

Pasar Beduk Dilarang, Al Haris: Jualan Depan Rumah Silakan

Kota Jambi

Tausyiah di DJPN Jambi, Maulana: Shalat Mampu Membentuk Karakter Manusia

Tanjabbar

Bupati Tanjabbar Terima Hasil Pemeriksaan Keuangan Daerah Dari BPK Jambi

Tanjabbar

Antisipasi Klaster, Bupati Pasangan Anwar Sadat Himbauan Prokes di Masjid

Provinsi Jambi

Kapolda Sambut Hangat Kedatangan Loreng Hitam Orange di Mapolda Jambi

Kabar Daerah

Gaung Pilkada Muaro Mulai Telihat, Asnawi Siap Maju

Tanjabbar

Hadiri Apel Seginjai 2021, Ini Pesannya Bupati Anwar Sadat Kepada Generasi Penerus

Kabar Daerah

Kelapa Bonsai, Cupang dan Janda Bolong CS Tunjukkan Eksistensinya di Kota Jambi