Menu

Mode Gelap
Badan Intelijen Negara Door Tu Door di Jambi, Ada Apa ? Selain Dipecat, Oknum Kapolsek Yang Berbuat Mesum Juga Bakal di Pidana Selain Dipecat, Oknum Kapolsek Yang Berbuat Mesum Juga Bakal di Pidana Dana Bansos Diselewengkan, Lapor ke Sini Adu Kambing Kijang LGX VS Mitsubishi, Sopir dan Penumpang Meninggal di TKP

Kabar Daerah · 11 Okt 2021 23:35 WIB

Beredar Isu Dugaan Jual Beli Jabatan, Ini Penjelasan Plt Kakanwil Kemenag Jambi


 Depan kantor Kanwil Kemenag Provinsi Jambi Perbesar

Depan kantor Kanwil Kemenag Provinsi Jambi

Kabarjambikito.com – Maraknya pemberitaan terkait adanya dugaan praktik jual beli jabatan di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jambi, langsung disikapi oleh Plt Kepala Kanwil Kemenag Jambi, H. Zostavia, S.Ag, M.Pd.I.

Zostavia menyampaikan, bahwa tudingan oleh beberapa orang pendemo seperti yang ada dipemberitaan akhir pekan lalu adalah tidak benar.

“Saya tidak pernah tahu dan tuduhan terhadap saya itu seperti dipemberitaan sebelumnya tidak benar, ini fitnah. Seperti kita ketahui bahwa para asesor atau tim seleksi pada asesmen semua dari Jakarta dan Timsel nya kan pejabat-pejabat pusat,” kata Zostavia, Senin (11/10/2021) kepada Pemayung.co media partner Kabarjambikito.com.

Sejak menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Zostavia menyebutkan bahwa ia tetap dan selalu menjaga integritas sebagai pimpinan.

“Semuanya yang dituduhkan tidak saya lakukan, Sayo ini jadi pejabat di Kementerian Agama ini dari tahun 2013 dak pernah sayo bermasalah masalah korupsi. Sayo tetap menjaga integritas sayo selamo jadi Plt,” sebutnya.

BACA LAINNYA  Bersama Wabup Hairan, Bupati Tanjabbar Anwar Sadat Tinjau Kafilah

Terpisah, Kasubag Organisasi Tata laksana (Ortala) dan KUB Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Wahyudi, menyampaikan kepada awak media bahwa seluruh proses asesmen calon Kepala Kanwil Kemenag Jambi dilakukan secara terbuka dan bijaksana.

Dipaparkannya, pada proses asesmen calon Kepala Kanwil Kemenag Jambi dilakukan secara profesional. Karena para Tim Seleksi terdiri dari beberapa pejabat pusat dan juga melibatkan asesor dari akademisi (eksternal).

“Seluruh proses asesmen itu dilaksanakan oleh pusat, oleh Kementerian Agama RI yakni dengan penjabaran terbuka, dengan tim asesmen yang jelas. Dan melibatkan asesor eksternal serta asesor internal. Artinya dari sisi pelaksanaan kami yang dibawahkan telah melihat dilaksanakan dengan cara terbuka artinya fair la, sudah secara arip, benar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” papar Wahyudi, menjelaskan.

Sementara dari aspek yang ke dua, seperti yang dilihat dan disorotinya bahwa pihaknya (Kanwil Kemenag Jambi) membantah kabar adanya pungutan-pungutan di Kanwil Kemenag Jambi tidak benar adanya.

BACA LAINNYA  Menteri ATR/BPN Ajak Gubernur Jambi Al Haris Capai Target 2025 Seluruh Tanah Terdaftar

“Saya sampaikan bahwa tidak itu (dugaan adanya pungutan di Kanwil Kemenag Jambi, red), mengapa tidak ada, karena tuduhan yang disampaikan itu pada tanggal 5 Agustus 2021 pernah ada di beritakan yang bersangkutan pak Yos (Plt Kepala Kanwil Kemenag Jambi) sedang berada di Tanjungjabung Timur, jadi tidak ada itu,” sebut Wahyudi.

Dikatakan Wahyudi, seluruh pegawai dan pejabat yang ada atau bekerja di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi menganggap bahwa proses asesmen pejabat eselon II Kemenag RI berjalan dengan baik dan lancar.

“Kemudian yang ketiga, dipihak internal, dipihak jajaran kita disini mulai dari staf, para pejabat baik itu eselon IV eselon III itu melihat proses ini berjalan dengan baik. Kita sedang menunggu dengan senang hati Kakanwil yang baru, dengan harapan dan mudah mudahan kita doakan bersama, mudah mudahan Kakanwil yang ditetapkan itu orang Jambi,” jelasnya.

BACA LAINNYA  Media Sosial Paling Diminati, Amir Hamzah: Era Digital Jadi Kebutuhan Informasi Masyarakat

Mengapa diharapkan putra daerah Jambi yang memimpin? karena menurut Wahyudi, agar semua proses konsolidasi di Kanwil Kemenag bisa berjalan dengan lancar dan tepat.

“Hanya orang Jambi yang memang tahu budaya Jambi, yang memang tahu apa yang harus dilakukan di Jambi, untuk proses konsilidasi nya berjalan dengan tepat. Kita sedang siap siap saja, kita sedang bergembira saja, makanya kita kaget juga melihat pemberitaan pemberitaan yang disampaikan terkait aksi yang dilakukan oleh beberapa pada hari Sabtu lalu,” tuturnya.

Dengan tegas, Wahyudi kembali menyampaikan bahwa seluruh kalangan pegawai di Kanwil Kemenag Jambi tidak pernah merasa adanya kejanggalan dalam proses asesmen calon Kepala Kanwil mereka kedepan.

“Kita faham dan tahu mekanisme rekrutmen, maka kita tahu mekanisme nya bahwa ada pansel ditingkat pusat dipimpin oleh pejabat pejabat tinggi ada mekanisme pendaftaran yang fair, ada mekanisme proses yang fair. Maka kita menganggap semua telah berjalan dengan baik,” tukasnya.

Artikel ini telah dibaca 132 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Badan Intelijen Negara Door Tu Door di Jambi, Ada Apa ?

24 Oktober 2021 - 19:32 WIB

Kampoeng Radja Siap Kembali Menghibur Keluarga di Jambi, KJK Beri Apresiasi

24 Oktober 2021 - 14:46 WIB

Kapolres Tanjab Gelar Acara Sertijab, Berikut Nama-nama

23 Oktober 2021 - 19:52 WIB

Mantap!! PilRT di Kota Jambi Bak Pemilihan Kepala Daerah

23 Oktober 2021 - 18:41 WIB

Sekda Azan Minta Kades Terpilih Rangkul Semua Masyarakat

23 Oktober 2021 - 08:38 WIB

Warga Kota Jambi Kesulitan Mendapatkan BBM

22 Oktober 2021 - 22:07 WIB

Trending di Kabar Daerah