Menu

Mode Gelap
Irwasum Komjen Pol Agung Maryono Gowes ke Candi Muaro Jambi Atlet Jambi Raih 14 Medali di Sea Games Vietnam Kapolri Perintahkan Berantas Perjudian, Kapolres Hasan Bilang Gini Bersama Al Haris, Kapolda Jambi Sambut Kedatangan Irwarsum Komjen Pol Agung Budi Maryoto Awas!! Plafont Gedung Dinas Pendidikan di Batanghari Banyak Yang Ambruk

Bisnis · 3 Nov 2021 08:47 WIB

Berhasil Terapkan Teknologi GLPO, Produksi WK Jabung Meningkat


 Berhasil Terapkan Teknologi GLPO, Produksi WK Jabung Meningkat Perbesar

Kabarjambikito.com– Melalui penerapan teknologi Gas Lift Pack Off (GLPO), Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Petrochina Jabung Ltd. (PCJL) berhasil mengaktifkan kembali Sumur Marmo-1 yang memiliki karakteristik minyak berat dan sudah tidak berproduksi sejak awal tahun 2019. Dengan penerapan GLPO tersebut, initial production (IP) yang diperoleh sebesar 278 barel minyak per hari (BOPD).

“Keberhasilan implementasi GLPO pada Sumur Marmo-1 memberikan dampak yang baik pada kontribusi produksi eksisting PCJL dan nasional. Melihat success story tersebut, PCJL melakukan scale-up dan penambahan program untuk ketiga sumur lainnya yang memiliki tantangan produksi berbeda dengan Sumur Marmo-1 yaitu SB-D6 (IP gain 141 BOPD), WB-D15A (IP gain 59 BOPD), dan Panen-Utara1 (IP gain 554 BOPD),” kata Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno pada Senin (1/11/2021) di Jakarta.

BACA LAINNYA  SKK Migas - KUFPEC Temukan Cadangan Migas Baru di Natuna

Julius menambahkan, melihat hasil dari sumur – sumur tersebut, GLPO saat ini menjadi salah satu alternatif kegiatan rigless yang dapat membantu peningkatan produksi. “Keuntungan dari menggunakan GLPO salah satunya adalah instalasi yang sederhana tanpa perlu menggunakan rig dan fleksibilitas untuk meletakkan titik injeksi gas. Lesson learned dari kegiatan ini adalah kemauan mencoba hal baru untuk melihat peluang dan potensi peningkatan produksi,” ujarnya.

“Keberhasilan uji coba teknologi di PCJL dapat menjadi referensi untuk KKKS lainnya, dimana hal yang menjadi kunci implementasi dalam uji coba teknologi adalah evaluasi teknis yang komprehensif dalam penentuan jenis teknologi dan kandidat sumur, kesepakatan win – win contract terms dan komitmen dari seluruh pihak yang terlibat,” lanjut Julius.

BACA LAINNYA  Edi Purwanto: Kader HMI Wajib Memegang Teguh Independensi

Baja Juga Babinsa Desa Kemuning Bersama Kelompok Tani Subur Makmur Semprot Insektisida Tanaman Padi Petani
Kedepan, SKK Migas akan terus memonitor kinerja dari GLPO dan akan dievaluasi untuk melihat potensi penerapan dalam skala yang lebih besar (field scale) sehingga dapat lebih memberikan kontribusi produksi yang lebih optimal.

Baja Juga Bupati Tanjab Barat Hadiri Rapat Paripurna Istimewa
Teknologi GLPO ini dilakukan dengan skema No Cure No Pay, yakni tidak ada kerugian yang timbul jika ada kegagalan penerapan teknologi tersebut, karena tidak ada biaya yang dibayar.

BACA LAINNYA  Pinjam Pemkab Batanghari Bakal di Tandatangi Kontrak Bulan Mei

“Sejak tahun 2019 SKK Migas selalu aktif mendorong KKKS untuk melakukan penerapan teknologi, menyelenggarakan forum – forum yang mempertemukan penyedia jasa teknologi, mengawasi dan mengawal penerapan di lapangan. Teknologi yang dapat dan sudah diterapkan sangat beragam, seperti teknologi artificial lift, sand control technology, chemical, stimulation ataupun teknologi rigless work dan sebagainya. Teknologi yang ada tersebut sebagian besar langsung berdampak pada penambahan produksi yang nyata di lapangan,” terang Julius.(*/vin)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

SKK Migas Kunjungi Lokasi Temuan Migas Baru di Sumatera Selatan

15 Mei 2022 - 19:36 WIB

Premier Oil Melakukan Pengeboran Laut Dalam di WK Andaman II

13 Mei 2022 - 07:35 WIB

SKK Migas – KKKS Jindi South Jambi Serahkan 75 Al Qur’an Kepada Komunitas Milenial Santri Peduli

5 Mei 2022 - 08:27 WIB

Optimasi Pengembangan Lapangan Tahap-2 WK Rokan Disetujui, Tambah Investasi Hulu Migas Rp. 35 Trilyun

29 April 2022 - 06:03 WIB

Success Ratio Sumur Eksplorasi Mencapai 80%

27 April 2022 - 11:56 WIB

SKK Migas dan KKKS Seleraya Merangin Dua Bagi Sembako Bagi Masyarakat Dua Desa Sekaligus Gelar Buka Puasa Bersama

18 April 2022 - 12:48 WIB

Trending di Bisnis