Menu

Mode Gelap
Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam Wagub Sani Hadiri Halal bi Halal Serta Pelantikan Fatayat NU se Jambi Anggaran Pemilu 2024 Rp 76 T Mendapat Kritikan Dari PAN Fadhil Arief Sebut Orang Yang Kritik dan Protes Berarti Sudah Cerdas Bupati Masnah Busro Apresiasi Juara III Tim PBM Desa Pulau Karo

Kabar Terbaru · 6 Apr 2022 17:54 WIB

Bupati Fadhil Arief Apresiasi Hadirnya Eestorative Justice


 Bupati Fadhil Arief Apresiasi Hadirnya Eestorative Justice Perbesar

Kabarjambikito.com – Dengan hadirnya restorative justice (RJ) di Kabupaten Batanghari mendapat apresiasi langsung oleh Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief

Hal ini disampaikan Asisten I Muhammad Rifa’i, yang mewakili Bupati pada acara peresmian rumah RJ di Desa Olak, Kecamatan Muarabulian, Batanghari, Rabu (6/4/22).

“Saya sangat mengapresiasi Kejaksaan, karena dengan adanya penghentian perkara berdasakan restoratif justice yang telah memulihkan status dari seseorang yang awalnya tersangka menjadi bebas,” ungkap Bupati, dalam sambutan yang dibacakan Asisten Muhammad Rifai.

BACA LAINNYA  Jalan Masih Sempit, Fadhil Arief Usulkan Pelebaran Jalan Ness

Selain itu menurut Fadhil, hadirnya rumah restorative justice ini merupakan warning bagi pelaku tindak pidana.

“Dengan adanya rumah RJ yang akan dinamai Rumah Mupakat Bersamo maka dapat memberikan kenyamanan bagi siapa saja, selain itu juga menjadikan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat dapat ikut membimbing masyarakat supaya tidak melanggar hukum,” paparnya

BACA LAINNYA  Kapolda Jambi Cek Kesediaan Migor, Jika Stok di Daerah Kurang WA Kesini

Sementara itu, kepala kejaksaan negeri Batanghari Sugih Carvalo yang turut hadir pada saat itu mengatakan, pemilihan Desa Olak sebagai lokasi rumah RJ ini dikarenakan tokoh masyarakat setempat dinilainya piawai dalam menyelesaikan perkara secara kekeluargaan.

“Pemilihan Desa Olak untuk dibuat Rumah Restoratif Justice karena para tokoh adat dan masyarakat disini sangat terbuka dengan para pendatang sehingga dalam menyelesaikan konflik sudah teruji,” Sanjungnya.

BACA LAINNYA  AHY: Sampai Hari Ini Masih Ada Upaya Merampas Partai Demokrat

Disisi lain Kepala Kejaksaan Tinggi Sapta Subrata menjelasakan, Rumah RJ ini nantinya akan dijadikan tempat pemutusan perkara bagi pelaku yang terbilang melakukan pidana ringan.

“Rumah ini nanti akan jadi tempat mediasi penghentian perkara yang hukumannya dibawah 5 tahun dan pelaku baru pertama kali melakukannya,” pungkas Sapta.

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam

16 Mei 2022 - 21:23 WIB

Fadhil Arief Sebut Orang Yang Kritik dan Protes Berarti Sudah Cerdas

16 Mei 2022 - 12:08 WIB

Mengalami Rugi Jual Duku, Fadhil Arief Masih Tetap Ketawa Lebar

15 Mei 2022 - 19:11 WIB

Tidak Penuhi Kewajiban, Warga Tutup Akses Jalan Yang Dilewati PT Integra

15 Mei 2022 - 13:53 WIB

Bupati Masnah Busro Resmikan Jembatan Gantung Putri Ponjen

15 Mei 2022 - 07:32 WIB

Fadhil Arief: Saya Yakin Nurani dan Do’a Masyarakat Kepingin Batanghari Jadi Daerah Lebih Maju

14 Mei 2022 - 07:33 WIB

Trending di Kabar Terbaru