LIVE TV
Ditjenpas Gagalkan Peredaran 1.129 Ton Sabu Jaringan Internasional “Kerja, Kerja, Kerja.. Kita dikejar Waktu” Musri Nauli Kolaborasi Para Mitra Dorong 1.015 Petani Swadaya di Jambi  Kembangkan Model Pertanian Sawit Berkelanjutan  AKBP Ardiyanto ke Polda Jambi, Polres Muaro Jambi Dipimpin AKBP Yuyan Priatmaja Ratusan Siswa SMAN 1 Tanjabbar Laksanakan UKK Secara Shif

Home / Tanjabbar

Jumat, 11 Juni 2021 - 21:57 WIB

Bupati Tanjabbar Serahkan Sertifikat RSPO Sekaligus Tinjau Lubuk Larangan

Kabarjambikito.com – Bupati kabupaten Tanjab Barat Drs H. Anwar Sadat, M. Ag serahkan sertifikat rountable of sustainability palm oil ( RSPO) sekaligus tinjau lubuk larangan di Desa Sungai Rotan kecamatan Renah Mendaluh.

Selain Bupati juga tampak hadir, sekda Tanjab Barat, asisten II, dinas perkebunan, Kominfo, DLH, dinas kelautan dan perikanan, Kabag SDA, camat Merlung, camat Renah Mendaluh, camat Tungkal Ulu, kepala desa, forum petani swadaya Merlung dan Renah Mendaluh serta asosiasi petani berkah Mandala lestari.

Manager yayasan inisiatif dagang hijau ( YIDH) area Jambi dan Sumsel Husnul Zaini mengatakan, kehadiran pihaknya dapat memperkuat keyakinan pihaknya dan lembaga setara yakni SGO ( lembaga non pemerintah) terkait legalitas lahan dan kawasan.

Baca Juga   Buka Lomba Da'i di Jamtos, Ini Pesan Maulana Untuk Da'i Muda Jambi

Menurut nya juga, penyerahan sertifikat RSPO sekaligus peninjauan lubuk larangan ini bisa memperkuat keyakinan YIDH bersama lembaga setara, setidaknya kami bisa memastikan adanya legalitas lahan terhadap kawasan yang di kelola menjadi lahan sawit ini lestari dan berkelanjutan.

” YIDH dan lembaga setara dalam kurun waktu 5 tahun terahir telah melakukan pendampingan, hal tersebut untuk mencapai harmoni sosial, menciptakan interaksi positif antara perusahaan dan masyarakat, pemerintah desa dan kabupaten, ” ungkapnya, Kamis (10/6/2021)

Pada kesempatan tersebut Bupati Drs H. Anwar Sadat, M. Ag memaparkan, perkebunan kelapa sawit di kabupaten Tanjab Barat saat ini mencapai 158.325,4 hektar. Diantaranya merupakan kebun petani swadaya seluas 73.115 hektar yang di kelola oleh 26.746 kepala keluarga petani dari data statistik perkebunan tahun 2020.

Baca Juga   Takut PSU Lagi, Warga Pilih ke Kebun Daripada ke TPS

Lebih lanjut Bupati menerangkan, dalam hal ini pemerintah turut bangga mendengar bahwa di Tanjab Barat ini telah ada dua Asosiasi Petani swadaya berkelanjutan yang berhasil mendapatkan sertifikat RSPO (Rountable of sustainability palm oil) yaitu forum petani swadaya merlung dan Renah Mendaluh (FPS-MRM).

” Dengan anggota 314 petani, yang menggarap lahan perkebunan seluas 787.46 hektar, sementara Asosiasi Petani berkah mandah lestari (APBML) yang beranggotakan 219 petani dengan juga mampu mengarap lahan perkebunan kelapa sawit seluas 707.03 Hektar, sebagai Bupati saya mengapresiasi apa yg telah dilakukan asosiasi petani ini, ” sebutnya.

Baca Juga   Bupati Tanjabbar Saksikan Secara Virtual Gema Membumi Arakan Sahur Online

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat RSPO oleh bupati tanjung jabung barat kepada bapak suhaili Grup manager FPS-MRM, bapak ardiansyah ketua grup manager APBML.

Seterusnya dilakukan penyerahan bantuan konservasi lubuk larangan Grup Manager FPS-MRM Kepala desa sungai rotan bapak zaudi. Penyerahan STDB (Surat Tanda Daftar Budidaya) oleh kadis perkebunan Tanjab barat kepada anggota petani FPS-MRM bapak A.Gafar dan edi dari lubuk terap.

Dialog Petani dengan Bupati dengan topik “dukungan pemerintah terhadap upaya pertanian berkelanjutan” moderator ibu nurbaya zulhakim selaku direktur setara jambi.

Sebagai kegiatan penutup Bupati beserta rombongan dan undangan yang hadir melanjutkan peninjauan lubuk larangan.

(Sul)

Share :

Baca Juga

Tanjabbar

Perketat Prokes, Seluruhn SLTA Tanjabbar Laksanakan PTM

Tanjabbar

Bupati dan Kapolres Tanjabbar Serahkan Hadiah Lomba Da’i Cilik Online dan Arakan Sahur

Tanjabbar

Temuan Mangkok Kramik Kuno di Tanjabbar, Akan Dicek Badan Arkeolog

Tanjabbar

Belasan Warga Positif Covid, Kantor Desa Jati Emas Lockdown

Tanjabbar

Bupati Tanjabbar Anwar Sadat Hadiri Acara Rakor Pemberantas Korupsi Bersama KPK

Tanjabbar

Bupati Tanjabbar Wajibkan ASN dan Honorer Pakai Batik Khas Daerah

Tanjabbar

Hari Pertama Masuk Kerja, Wabup Tanjabbar Sidak Dilingkup Sekda

Tanjabbar

Didampingi Wabup Hairan, Bupati Tanjabbar Anwar Sadat Ikuti Safari Ramadhan