Hanya Gegara Ini Warga Marosebo Ulu Bakar Rumah Sarminsen Jambi- Jatim Tandatangan MoU Misi Dagang dan Investasi Sani: Membangunan Mental Ummat Sangat Penting Sekali Membegal Tukang Ojek di Muaro Jambi, Pelaku Diamankan Polisi Penampakan Dua Ekor Harimau Membuat Warga Muaro Jambi Getar-Getir

Home / Kabar Daerah / Tanjabbar

Kamis, 7 Oktober 2021 - 17:14 WIB

Bupati Tanjabbar : Soal Tapal Batas Merupakan Prioritas Pemerintah Daerah

Kabarjambikito.com – Bupati Tanjab Barat Drs. H. Anwar Sadat M.Ag pimpinan rapat penegasan dan penetapan batas Desa Kampung Baru Kecamatan Batang Asam dengan Desa Teluk Pengkah Kecamatan Tebing Tinggi. Kamis (7/10/21)

Rapat yang berlangsung di Balai Pertemuan Kantor Bupati tersebut, juga diikuti oleh Sekretaris Daerah, Ir.H.Agus Sanusi, M, S.i Asisten Pemerintahan dan Kesra, Hiadayat SH. MH, Staf Ahli Bupati, Camat Tebing Tinggi, Camat Batang Asam, dan TIM OPD Terkait.

Bupati mengatakan, penetapan batas wilayah termasuk tingkat desa merupakan hal yang penting, selain terkait luas, batas desa juga berkaitan dengan potensi yang ada di daerah itu serta kebijakan yang akan diambil dalam mengelola wilayah.

BACA LAINNYA  Al Haris: Pergunu Harus Optimalkan Peran dan Lakukan Terobosan

” Soal tapal batas ini sangat penting, karena selain menentukan luas wilayah juga berkaitan dengan potensi yang ada di daerah tersebut, ” kata Bupati.

Bupati juga menjelaskan, sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 dan Permendagri Nomor 45 Tahun 2016, Penetapan dan penegasan batas wilayah sebuah Desa merupakan prioritas Pemerintah Daerah.

BACA LAINNYA  Hadiri Undangan Dzikir Kades Teluk Dalam Inhil, Anwar Sadat Sempatkan Ziarah Kemakam Tuan Guru Sapat

” Ini menjadi prioritas pemerintah daerah, untuk menegaskan batas wilayah Desa yang ada di Kabupaten ini, ” jelasnya.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan bahwa penentuan batas wilayah pedesaan harus disepakati oleh semua pihak, baik itu dari pemerintahan Kecamatan, maupun desa.

Lebih lanjut menurut Bupati, tanpa mengesampingkan informasi dari para tokoh masyarakat yang mengetahui dan mengerti sejarah wilayah serta memiliki bukti yuridis, diantaranya dengan mempertimbangkan histori, lokasi, objek vital dan situs budaya.

BACA LAINNYA  PPKM Level 1, Wawako Maulana Boleh Buka Wisata, Tapi Tetap Patuhi Prokes

“Berdasarkan bukti tersebut, nanti kita bisa mengambil kesimpulan, terkait penetapan batas desa yang dianggap masih bermasalah, ” ujarnya

Diharapkan dalam kesempatan ini permasalahan batas antar Desa dapat di sepakati dengan arif dan bijaksana, jangan sampai ada lagi permasalahan dikemudian hari. (Sul)

Share :

Baca Juga

Kota Jambi

Minta PPKM Level 4 Dicabut, Kalau Tidak Ini Yang Dilakukan Warga Kota Jambi

Kabar Daerah

Badan Intelijen Negara Door Tu Door di Jambi, Ada Apa ?

Batanghari

Agar Tepat Sasaran, Penerima PKH di Rengas IX di Verifikasi dan Validasi Kembali

Kabar Daerah

Terima WBK Dari Tjahjo Kumolo, Polres Merangin Tingkatkan Pelayanan

Kabar Daerah

Al Haris: MTQ Tidak Hanya Ajang Perlombaan, Tapi Medekat Diri Dengan Al Quran

Batanghari

Panen Jagung Raya di Karmeo, Sekda Azan Berharap Bisa Jadi Motivasi Petani Lain

Kabar Daerah

Gubernur Al Haris Sambut Mentri PMK Dalam Kunker di Jambi

Kabar Daerah

Kampoeng Radja Siap Kembali Menghibur Keluarga di Jambi, KJK Beri Apresiasi