LIVE TV
Tugu Keris Kembali Ditutup, Puluhan Pedagang Datangi Kantor Camat Kota Baru Viral Curhatan Wanita Hamil di Luar Nikah, Kekasih Tak Mau Tanggung Jawab Mantapkan Langkah Demi Desanya, Komaruzzaman Daftarkan Diri Sebagai Cakades Pulau Tak Bisa Berlayar Karena Kendala Izin, 8 Kapal Ini Terkatung-Katung, Kemana Pemerintah? Diduga Ada Permainan, Komisi II DPRD Tanjabbar Bakal Panggil Dinas PH

Home / Kota Jambi

Sabtu, 15 Mei 2021 - 18:28 WIB

Cegah Claster Baru, Tempat Wisata di Kota Jambi Ditutup

Kabarjambikito.com – Guna menghentikan penyebaran Covid-19 dan kerumunan massa di Kota Jambi, khususnya saat libur hari raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi mengambil kebijakan menutup dua area publik maupun wisata yang ada di Kota Jambi.

Menurut Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, kebijakan tersebut didasarkan hasil rapat beberapa waktu lalu. Adapun kawasan wisata Danau Sipin yang akan ditutup, yakni yang berada di belakang kantor Gubernur Provinsi dan rest area panjat tebing.

“Tidak hanya ditutup, semua permainan anak-anak dihentikan semua. Termasuk kawasan Tugu Keris, kita stop operasional. Tidak boleh ada kerumunan massa pada hari tersebut. Akan ada personel gabungan yang berjaga,” ujarnya singkat, Sabtu (15/5/2021).

Baca Juga   Tinjau langsung Pos PAM Sekota Jambi, Ini Kata Wako Fasha

Diakuinya, ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya lonjakan pengunjung. Adapun dua tempat tersebut di antaranya yakni, Wisata Danau Sipin dan Tugu Keris Siginjai. Kedua tempat tersebut akan ditutup pada tanggal 15-16 Mei tepatnya hari Sabtu dan Minggu.

Dandim 0415/Batanghari Kolonel inf J Hadiyanto saat melakukan pengecekan bersama Forkopimda, mengatakan kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengecek dan memastikan operasional tempat tersebut sehubungan dengan terbitnya Surat Edaran (SE) Walikota Jambi No 06/HKU/EDR/2021 tentang penutupan obyek wisata pada saat libur Hari Raya idul Fitri 1442 H/2021 M di Kota Jambi pada tanggal 15-16 Mei 2021.

Baca Juga   Berjiwa Besar, Bripka Aprianto Bantu Kakek Tukang Gerobak

“Sama-sama kita ketahui bersana bahwa dengan adanya larangan mudik lebaran oleh pemerintah, dan himbauan untuk tidak melaksanakan open house lebaran, masyarakat cenderung memanfaatkan moment lebaran kali ini dengan mendatangi tempat-tempat wisata sekedar untuk melepas penat, melepas kangen dengan sesama saudara ataupun komunitasnya,” tuturnya.

Dandim menilai, pada musim libur lebaran akan banyak pengunjung yang datang. Disamping itu, tempat-tempat wisata kerap lalai terhadap penerapan protokol kesehatan, sehingga Pemkot Jambi mengambil langkah antisipasi untuk menutup sementara operasional tempat-tempat wisata tersebut karena disinyalir akan menimbulkan kerumunan, yang dapat meningkatkan penyebaran Covid-19.

“Langkah penutupan sementara operasional tempat-tempat wisata dinilai untuk saat ini sangatlah tepat karena kebanyakan protkes cenderung diabaikan. Disamping itu adanya pemberlakuan PPKM berskala mikro dan juga karena penyebaran Covid-19 di kota Jambi yang cenderung mengalami peningkatan,” kata Hadiyanto didampingi Danramil 415-09/Telanaipura, Mayor Inf Widi Purwoko.

Baca Juga   Warga Jambi Bisa Urus SIM Secara Online, Simak Begini Caranya

Pada kesempatan tersebut, Dandim berharap agar masyarakat mau mematuhi surat edaran hasil rapat bersama Forkopimda Kota Jambi ini, sehingga potensi penyebaran Covid-19 atau klaster wisata dapat dihindari.

“Baik Dandim 0415/Batanghari maupun Danramil Telanaipura akan memberikan jaminan berupa dukungan personil kepada pemkot dalam hal memberikan bantuan pengawasan terhadap pelaksanaan surat edaran tersebut,” jelas Dandim.

(Ade)

Share :

Baca Juga

Kota Jambi

Walikota Jambi Syarif Fasha Tinjau Kesiapan Sekolah Tatap Muka

Kota Jambi

Muaro Jambi Zona Merah, Kapolres Tinjau Destinasi Wisata

Kota Jambi

Petenis Cilik Asal Jambi Sukses Menuai Segudang Prestasi

Kota Jambi

Bus Qitarabu Jambi Sediakan Uji Swab Antigen Untuk Penumpang

Kota Jambi

Belum Bayar Denda, Sat Pol PP Kota Jambi Tindak Tempat 2 Usaha

Kota Jambi

Ratusan Pejabat Dilantik Wako Fasha Disamping Pemakaman

Kota Jambi

Ratusan Driver Ojol dan Buruh Terima Bantuan Sosial Dari Wawako Jambi

Kota Jambi

Wako Fasha Tinjau Vaksinasi Driver di Kota Jambi