Menu

Mode Gelap
Memasuki Masa Purna Tugas, Kajati Jambi Pererat Hubungan Dengan Awak Media Memasuki Masa Purna Tugas, Kajati Jambi Pererat Hubungan Dengan Awak Media Fadhil Arief Minta Pejabat Gali Motivasi Diri Gelontorkan Dana Ratusan Juta Untuk PKL Tugu Keris, Pedagang : Terimakasih PLN Pemerintah Siapkan Puluhan Ribu Set Top Box Gratis Untuk Warga Jambi,  Hasbi Anshory : Kita Berpihak Kepada Rakyat

Batanghari · 28 Nov 2021 17:21 WIB

Cek Jalur Batubara Bajubang – Tempino, Kapolda Nilai Belum Layak, Tapi…


 Tampak Kqpolda Jambi meninjau jalur angkutan batubara Perbesar

Tampak Kqpolda Jambi meninjau jalur angkutan batubara

Kabarjambikito.com – Kapolda bersama Dirlantas dan Dirreskrimsus meninjau jalur angkutan batu bara ruas Tempino – Bajubang.

Dalam peninjauan Kapolda menilai banyak kemajuan dari kondisi awal dimana banyak jalan berlubang dan bergelombang yang rawan menyebabkan kendaraan angkutan barang patah as, terguling, maupun potensi terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Kapolda mengapresiasi Dinas PUPR Prov Jambi yang konsisten bekerja bahkan pada hari Minggu.

2 truk penangkut material sempat terlihat masih bekerja dan beberapa alat berat meratakan jalan. Memang masih terlihat adanya kendaraan angkutan barang dengan bobot lebih dari 11,5 Ton yang diperbolehkan melewati jalan dengan kelas III ini. Akibatnya, pada jalur ini masih ditemukan beberapa titik jalan berlubang, bergelombang dan bersebu padahal sudah dilakukan penutupan.

BACA LAINNYA  Al Haris: Pemrov Terus Berupaya Berikan Pelayan Maksimal

Meskipun demikian, Kapolda menekankan kepada Dinas PUPR yang sedang melaksanakan perbaikan untuk lebih fokus dan kreatif sehingga perbaikan dapat lebih cepat.

Terlihat material telah dihampar, dipadatkan, namun belum difinalisasi dengan pengaspalan. Seyogyanya Pemprov lebih memprioritaskan jalur ini karena fungsinya yang penting dan mendesak.

BACA LAINNYA  WASPADA !!!, Harimau Terkam Hewan Ternak Warga di Kecamatan Pemayung

Selain itu, percepatan perbaikan diharapkan dapat memitigasi dampak yang dirasakn oleh masyarakat sepanjang jalur Bajubang – Tempino seperti kemacetan, debu dan potensi kecelakaan.

Di sisi lain, Kapolda menilai perlunya penambahan fasilitas tempat istirahat bagi para awak angkutan barang yang dapat berfungsi sebagai tempat parkir sehingga tidak mengganggu kapasitas dan kelancaran lalu lintas, selain juga mendorong pergerakan ekonomi masyarakat lokal dengan munculnya warung makan.

BACA LAINNYA  Warga Resah, SPBU Bocor Mengalir ke Pemukiman

“Dengan telah berfungsinya jalur ini dengan lebih baik dalam mendukung alur distribusi batubara dan komoditas alam lain di Provinsi Jambi, diharapkan kesadaran dan dukungan pihak pengusaha pertambangan dan perkebunan serta transportir untuk disiplin menerapkan bobot muatan 8 Ton sesuai aturan,” kata Kapolda.

Dengan demikian, jalur Bajubang Tempino dapat terjaga kondisinya sambil menunggu kesiapan jalan khusus batubara di Provinsi Jambi yang diharapkan dapat dimulai tahun 2022 dan operasional tahun 2023

Artikel ini telah dibaca 901 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Jelang Kedatangan Dirjen Kebudayaan Direktorat PTLK Datang, Masyarakat Rambutan Masam Bentuk Kepanitiaan

26 Juni 2022 - 22:13 WIB

Lantik Pejabat Fungsional Tertentu, Fadhil Arief Minta PNS Harus Punya Inovasi

21 Juni 2022 - 18:03 WIB

Peduli Lingkungan, PD IWO Batanghari Edukasi Warga di Tahura

21 Juni 2022 - 11:58 WIB

Ada Apa Dengan Tambang Batubara PT Kasongan di Batanghari?

21 Juni 2022 - 09:49 WIB

Fadhil Arief Minta Camat dan Kades Bantu Masyarakat Dalam Pengurusan Sertifikat Tanah

10 Juni 2022 - 08:54 WIB

Sambut 1 Muharam Rambutan Masam Bakal Kedatangan Habib, Ust Dhenny Al Fiqrie: Kita Gaungkan Syiar Islam

6 Juni 2022 - 15:51 WIB

Trending di Batanghari