Menu

Mode Gelap
Fadhil Arief Minta Pegawai Berikan Pengaruh Yang Baik Kepada Instansi Demi Mempertahankan Seluruh Honorer Indonesia, Anies Baswedan Temui Jokowi Persiapan Kenduri Swarnabhumi, Tim Kemendikbud Turun ke Tebo Prabowo-AHY Kompak Bilang Punya Kesamaan Usai Bertemu 2 Jam Tajak 21 Juni 2022, SKK Migas dukung kelancaran Pengeboran Sumur Eksplorasi Markisa-001

Muaro Jambi · 31 Mei 2022 15:15 WIB

Dinilai Kebijakan Tak Sesuai, Pelajar SMA N 3 Muaro Jambi Minta Kepsek Diganti


 Suasana SMA Negeri 3 Muaro Jambi sepi karena pelajar mogok sekolah. (Foto: Istimewa) Perbesar

Suasana SMA Negeri 3 Muaro Jambi sepi karena pelajar mogok sekolah. (Foto: Istimewa)

Kabarjambikito.com – Ratusan pelajar SMA Negeri 3 Muaro Jambi mogok sekolah. Mereka mendesak agar kepala sekolah (kepsek) mereka diganti. Aksi mogok belajar para siswa ini sudah berlangsung sepuluh hari.

Salah seorang pelajar, Deo mengaku aksi mogok sekolah dilakukan para pelajar lantaran tuntutan mereka meminta kepsek dicopot belum ditindaklanjuti.

“Kami masih belum masuk sekolah, ini sudah masuk hari ke-10. Alasannya karena tuntutan kami untuk ganti kepala sekolah belum diberikan,” kata Deo saat dihubungi detikSumut, Senin (30/5/2022).

Aksi mogok sekolah dari para pelajar disana sejak Kamis (19/5/2022) lalu. Aksi mogok sekolah ini mereka lakukan setelah tuntutan mereka pada demonstrasi beberapa waktu lalu belum dituruti.

Para pelajar itu beralasan, kebijakan yang dikeluarkan sang kepala sekolah banyak yang tak sesuai. Selama kepemimpinannya, sekolah itu tak ada kemajuan. Pelajar juga meminta kejelasan penggunaan uang komite yang dikutip setiap bulan.

BACA LAINNYA  Tidak Puas Dengan Kepolisian Resort Muaro Jambi, Domi CS Bertandang ke KemenLHK

Mereka menyebutkan, sejak Kepsek tersebut memimpin, para siswa selalu dimintai uang iuran komputer setiap bulan, namun komputer tidak boleh digunakan. Lapangan sekolah juga tidak boleh digunakan.

“Kalau komite itu setiap bulan Rp 50 ribu. Diminta untuk biaya perawatan lapangan, baik lapangan basket, voli dan bulu tangkis, tetapi lapangan itu tidak boleh digunakan oleh kami siswa di sana. Terus biaya uang komputer Rp 25 ribu setiap bulan, cuma komputer tidak boleh dipakai. Kita tanya alasannya apa tidak disebut sama kepseknya,” ujar Deo.

Deo juga mengatakan iuran tersebut diminta ke semua siswa baik Kelas 1 hingga Kelas 3. Sebelum lakukan aksi mogok sekolah, para pelajar juga pernah demo namun tidak ada hasilnya.

BACA LAINNYA  Al Haris: Pergunu Harus Optimalkan Peran dan Lakukan Terobosan

“Kalau nanti juga belum ada tindak lanjut, kami mogok sekolah terus sampai tuntutan kami dipenuhi. Ganti kepseknya itu. Rencana jika tidak dipenuhi juga, katanya akan ada aksi demo lagi dari semua siswa,” ucap Deo.

Sementara, Ketua Komisi 1 DPRD Muaro Jambi, Ulil Amri meminta agar Dinas Pendidikan Provinsi Jambi segera mengambil langkah untuk mengatasi persoalan itu. Dewan menilai aksi mogok belajar yang dilakukan pelajar ini dinilai merugikan siswa itu sendiri.

“Saya di sini meminta agar Dinas Pendidikan segera mengambil langkah terkait persoalan yang ada di SMA 3 Muaro Jambi ini. Aksi mogok belajar ini tentu sangat merugikan pelajar-pelajar disana, maka dari itu permasalahan yang ada mesti ditindaklanjuti segera,” kata Ulil.

BACA LAINNYA  Komunitas Milenial Peduli Santri Penghapal Al-Qur'an Salurkan Al-Qur'an ke Ponpes

Wakil rakyat dari Fraksi PAN itu juga menyebutkan bahwa aksi mogok sekolah dari pelajar itu sudah selama sepekan. Tentu aksi itu sudah merugikan sekali bagi siswa hanya karena persoalan kepseknya.

Ketua Komisi I ini menyebut, aksi mogok yang dilakukan ini bukan hanya oleh beberapa siswa, tetapi nyaris semua siswa di sana. Berarti, ada masalah besar di sana yang harus diselesaikan.

“Karena ini ranahnya Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, maka ini harus segera diatasi. Jika ini tidak diatasi juga maka kita dari Komisi I akan melaporkan permasalahan ini ke Gubernur Jambi,” tegasnya.

Sumber:Detik.com

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pj Bupati Muaro Jambi Serahkan Bantuan Bedah Rumah Kepada Warga

14 Juni 2022 - 20:40 WIB

Ratusan SMA/ SMK, SLB SE Provinsi Jambi Dilantik Al Haris

13 Juni 2022 - 06:23 WIB

Kondisi Bangun Sekolah di Batanghari Rapuh, Warga: Kuatir Jatuh Saat Siswa Lewat

11 Juni 2022 - 12:33 WIB

Pj Muaro Jambi Targetkan Peringkat Tiga MTQ Tingkat Provinsi Jambi ke – 51

10 Juni 2022 - 15:29 WIB

Buka Acara KOSN dan FLS2N, Pj Bupati Bachyuni Deliansyah Minta Jangan Hanya Serimonial Saja

9 Juni 2022 - 22:30 WIB

Langkah, Pj Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah Gelar Lomba Azan Bagi OPD

7 Juni 2022 - 17:06 WIB

Trending di Muaro Jambi