Firli Bahuri Rangkul Pers, Wujudkan Tujuan Indonesia JMSI Silaturahmi ke HIPMI Bahas HUT JMSI Ke2 di Kendari SulTeng Kepala SKK Migas Tinjau Sumur Eksplorasi Manpatu-1X Iin Kurniasih Ajak Pemerintah dan Masyarakat Promosikan Senam Rentak Kudo Sekda Provinsi Jambi Harapkan BI Turut Bantu Pulihkan Masyarakat

Home / Batanghari / Kabar Daerah

Selasa, 14 Desember 2021 - 10:58 WIB

Dishub Batanghari Diminta Atasi Macet di Tembesi, Kades Penerokan Minta Pengawasan Lebih Ketat

Anggota Dewan Batanghari gelar rapat lintas komisi bahas masalah angkutan truk batubara

Anggota Dewan Batanghari gelar rapat lintas komisi bahas masalah angkutan truk batubara

Kabarjambikito.com -Menindaklanjuti keluhan masyarakat kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Senin (13/12/2021) pagi. DPRD Kabupaten Batanghari langsung mengelarlintas komisi terkait polemik angkutan batubara di kabupaten Batanghari.

Diketahui kabupaten Batanghari menjadi jalur utama pelintasan angkutan truk batubara. Tentu banyak sekali dampak-dampak yang dianggap membahayakan masyarakat kabupatenm Batanghari.

Rapat tersebut dihadiri langsung anggota dewan Komisi I, Komisi II, Komisi III, Dinas PUPR, Dinas Damkar, Dinas Satpol-PP, Inspektorat, Camat Bajubang, Lurah Bajubang, Kades Penerokan dan tamu undangan lainnya.

Kades Penerokan, Sugino pada rapat itu menyampaikan, apa yang menjadi keluhan warganya, agar angkutan truk batubara ini agar tertib saat melintas di jalan. Dan minta agar kepada pihak terkait untuk lebih ketat lagi pengawasan serta kebijakan hukum.

BACA LAINNYA  Pers Pejuang Informasi, Bahren Nurdin: Melalui Pena Wartawan Selamatkan Bangsa

“Tidak tertibnya mobil truk batubara ini membuat warga mengeluh. Begitupun pengawasan dan kebijakan hukumnya pun masih kurang, kami juga meminta agar angkutan truk batubara ini bisa berjaga jarak agar tidak membahayakan pengguna jalan dan mengurangi kemacetan,” pintanya.

Ia juga mengatakan, bukan hanya kemacetan saja yang terjadi, tetapi debu jalanan juga membahayakan bagi kesehatan masyarakat yang ada dipinggir jalan.

“Kami meminta agar penutup mobil batubara ini agar dipasangkan dengan bagus, karena debu batubara ini lebih membahayakan warga,” sebutnya.

Sementara, anggota dewan, Sirojudin juga menyayangkan kemacetan angkutan batubara yang melintas di kabupaten Batanghari yang terus menerus terjadi, apalagi di simpang 3 Pal V Muara Tembesi.

BACA LAINNYA  Polda Jambi Berikan Bantuan Kredit,¬†Apa Benar?

“Kita untuk Dishub kabupaten Batanghari agar lebih tertib lagi pada tugasnya di jalan. Karena kami pantau mobil kadang masuk ke terminal kadang los saja” ujarnya.

Selian itu lanjut Sirojudin, agar Dishub Batanghari untuk menjaga keamanan para sopir. “Sopir ini kan bayar, kita jangan hanya memungut biaya retribusi saja, tetapi juga harus dijaga keamanan para sopir,” pintanya saat rapat berlangsung.

Menanggapi hal tersebut, Pihak Dishub Batanghari akan menurunkan personil untuk ditugaskan di simpang tiga Pal V Tembesi untuk mengatur lalulintas agar tidak terjadinya macet.

Sdangkan pihak Damkar agar mengerahkan personil untuk menyirami jalan yang dilalui angkutan batu bara di kecamatan pemayung setiap hari.

BACA LAINNYA  Wagub Abdullah Sani Tinjau Persiapan Arena MTQ di Tungkal

Setelah dilaksanakan rapat lintas komisi yang dipimpin oleh Ketua Koomisi lll DPRD Kabupaten Batanghari Azizah, SE dari Fraksi PAN berharap supaya Dinas Perhubungn bersinergi dengan Dishub Provinsi Jambi tentang penertiban truk batubara.

“Kami berharap Dishub Batanghari mnyampaikan kepada pihak perusahaan dan tentang yang lain-lainnya, begitupun dinas PUPR Batanghari juga bersinergi dengan dinas PUPR provinsi Jambi tentang perbaikan jalan provinsi agar dapat bekerjasama untuk terlaksananya penertipan ini,” jelasnya.

Pada rapat tersebut dihadiri langsung anggota dewan Komisi I, Komisi II, Komisi III, Dinas PUPR Batanghari, Dinas Damkar Batanghari, Dinas Satpol-PP Batanghari, Inspektorat Batanghari, Camat Bajubang, Lurah Bajubang, Kades Penerokan dan tamu undangan lainnya. (Edo)

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Gubernur Jambi Alharis: Pemda dan DPRD Sinkron Hasilkan RPJMD 2021-2026 Terukur dan Akuntabel

Kabar Daerah

Fadhil Arief Minta Guru PAUD Batanghari Ciptakan Anak Cerdas dan Kreatif

Kabar Daerah

Terkait Truk Batubara di Bakar Warga, Polda Jambi Minta Para Sopir Patuhi Jam

Provinsi Jambi

Gubernur Jambi Alharis Siapkan Bantuan dan Pendidikan Anak Panti Asuhan

Batanghari

Bupati Fadhil Minta Para OPD Membantu Program PKK

Kabar Daerah

Optimalkan Vaksinasi, Kapolsek Pamenang Khutbah di Masjid Istiqlal

Kabar Daerah

Lagi … Seorang Mahasiswi Jadi Korban Truk Batubara

Bungo

Lewat Pintu Rahasia Ketua DPRD Bungo Ngelabuhi Media, Jadi Sorotan Publik