LIVE TV
Komunitas Sahabat Sejati Bersama Wawako Maulana Beri Santunan 10 Ton Daging Kerbau Beku Perum Bulog Jambi, Habis di Serbu Pembeli Ratusan Warga Bersama Pengemudi Ojol di Jambi Terima Zakat Maal Bupati Tanjabbar Saksikan Secara Virtual Gema Membumi Arakan Sahur Online PT Putra Duta Indahwood Mangkir di Sidang Karhutla Jambi

Home / Peristiwa/ Sejarah

Jumat, 5 Februari 2021 - 22:08 WIB

Dua Harimau Milik Kebun Binatang di Singkawang Lepas dan Berkeliaran

Foto Ilustrasi

Foto Ilustrasi

Dua harimau milik Sinka Zoo Kota Singkawang lepas dan berkeliaran di daerah Pasir Panjang, Lirang dan Bokmakong Kecamatan Sedau.

“Kami sudah menghubungi pihak Sinka Zoo terkait lepasnya dua ekor harimau tersebut dan memang benar, bahwa ada dua ekor Harimau yang lepas,” kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang, Suparto di Singkawang, Jumat (5/2/2021). Dikutip dari Antara.

Mendapati hal tersebut, pihaknya kemudian menghubungi pihak BKSDA Pontianak untuk berkoordinasi terkait kejadian ini. Sedangkan kronologis kejadian lepasnya dua ekor harimau tersebut, masih belum diketahui.

Namun, dirinya sudah memerintahkan jajarannya untuk memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar untuk waspada dan berhati-hati, namun tetap tenang dan tidak panik. “Kami sudah meminta pihak Sinka Zoo untuk sementara waktu tutup,” ujarnya.

Baca Juga   Akibat Jalan Rusak Parah, Janazah Dikeluarkan Dari Ambulan Untuk di Tandu

Sedangkan untuk upaya pencarian, Suparto mengatakan, saat ini mengalami kendala, pasalnya di malam hari petugas pencari akan mengalami kesulitan dalam mencari harimau tersebut.

“Karena harimau akan lebih aktif dan gesit di malam hari,” ungkapnya.

Pihaknya menyarankan kepada para petugas pencarian untuk menghentikan pencarian di malam hari. “Kami sarankan untuk memantau pergerakannya saja, karena sangat berbahaya bagi petugas yang melakukan pencarian,” katanya.

Baca Juga   Warga Tewas Diterkam Harimau

Dalam proses pencarian mendatang, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk membantu mencari harimau tersebut agar cepat ditemukan dan di tangani.

Sementara Sinka Zoo Singkawang juga membenarkan kejadian tersebut. Seperti diungkapkan Elka Surya, pengurus Sinka Zoo Singkawang memberikan keterangan tentang lepasnya dua harimau di kebun binatang tersebut.

Menurut Elka, kejadian lepasnya dua ekor harimau tersebut akibat faktor alam. Hujan deras yang mengguyur selama beberapa hari mengakibatkan longsor di kawasan Sinka Zoo Singkawang.

“Hujan yang mengguyur selama beberapa hari terakhir mengakibatkan longsor di dekat kandang harimau. Longsor tersebut akhirnya menyebabkan lobang yang cukup besar di kandang harimau dan akhirnya dua harimau kabur,” cerita Elka.

Baca Juga   Mengapa Alharis?

Menurutnya, pawang sudah berusaha untuk mencegahnya, namun pawang tersebut ikut diserang oleh harimau hingga tewas.

“Saat ini kami sudah dibantu oleh pihak polisi dan TNI di lapangan. Semoga saja dua harimau tersebut dapat ditangkap,” ujar Elka.

Dia menambahkan harimau yang lepas masih terpantau dan masih berada dalam kawasan area Sinka Zoo Singkawang.

Sumber: Merdeka.com

Share :

Baca Juga

Peristiwa/ Sejarah

Jika Masyarakat Beli Kecap Merk Ini Harus Cek Dulu Sertifikat Halal

Peristiwa/ Sejarah

PT Kubera Ingkar Janji, Warga Ancam Blokir Jalan Masuk Perumahan

Peristiwa/ Sejarah

Perjalanan Betuah (26)

Peristiwa/ Sejarah

Unjukrasa di Kantor Kejati Jambi, LSM Akram Minta Jaksa Periksa Kadis PU Muaro Jambi

Kota Jambi

Pasca Kebakaran, Penjual Geprek Bingung Tinggal Dimana ?

Peristiwa/ Sejarah

Mobil Terguling di Jalan, Posisi Sopirnya Bikin Heran Warganet

Peristiwa/ Sejarah

Batu Meteor Juga Jatuh di Gunungsugih, Warga Kaget Lihat Kasur Gosong

Peristiwa/ Sejarah

Perjalanan Betuah (42)