Menu

Mode Gelap
Ketua DPRD Edi Purwanto Apresiasi FORMAJA Gelar Aksi Sosial Jelang Kedatangan Dirjen Kebudayaan Direktorat PTLK Datang, Masyarakat Rambutan Masam Bentuk Kepanitiaan Dirjen IKP: Dewan Pers Satu-satunya Lembaga yang Lakukan Sertifikasi Jurnalis Lepaskan JCH, Fadhil Arief: Doakan Kami Agar Jadi Pemimpin Istiqomah Tinjau Jalan di Sabak, Al Haris: Pemrov Jambi Segera Mengangani Dengan 2 Skema

Batanghari ยท 31 Agu 2021 09:02 WIB

Fadhil Arief Sebut Susun Tata Ruang Bisa Permudakan Tingkatkan Ekonomi


 Fadhil Arief Sebut Susun Tata Ruang Bisa Permudakan Tingkatkan Ekonomi Perbesar

Kabarjambikito.com Tujuan penataan ruang wiayah nasional mewujudkan beberapa hal, di antaranya, ruang wilayah nasional yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan.

Keterpaduan pemanfaatan
ruang darat, laut, dan udara, termasuk ruang di dalam bumi. Keterpaduan perencanaan tata ruang wilayah nasional, provinsi, dan kabupaten atau kota.

Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief mengatakan, Pemerintah Kabupaten Batanghari, menyusun tata ruang wilayah untuk memetakan sentra perekonomian di daerah itu sekaligus acuan pengembangan berkelanjutan.

“Hingga saat ini tata ruang wilayah di Kabupaten Batanghari masih belum jelas. kita akan susun agar wilayah di Batanghari memiliki sentra masing-masing. Seperti di Kecamatan Pemayung sentra produksi perikanan dan perkebunan, begitu pula dengan daerah lainnya,” kata Bupati Batanghari, Senin (30/8/2021).

BACA LAINNYA  Pengukuhan PB Kabari, Hasbi Ansori: Harus Terus Berjalan Jangan Berjalan Diawal Saja

Katanya, tata ruang wilayah yang tertata akan mempermudah meningkat perekonomian masyarakat. Karena program peningkatan perekonomian masyarakat akan lebih terfokus dengan tata ruang wilayah yang jelas.

Dengan demikian pemerintah daerah akan lebih fokus dalam mengembangkan daerah-daerahnya. Dan hal tersebut diharapkan dapat membantu program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang terdampak pandemi Covid-19.

Seperti di Kecamatan Pemayung, lanjut Fadhil, merupakan wilayah minapolitan, daerah itu merupakan sentra produksi perikanan. Dengan demikian program pemerintah yang berkaitan dengan peningkatan produksi perikanan serta pemberdayaan pembudidaya perikanan diarahkan ke daerah tersebut.

BACA LAINNYA  Geledah KPU Tanjabtim Temukan Barang Bukti, Kejari Segera Tetapkan Tersangka

Begitu pula dengan daerah-daerah lainnya di wilayah Kabupaten Batanghari, program pemerintah akan dilaksanakan sesuai dengan sentra nya masing-masing.

Selain itu, tata ruang wilayah yang jelas akan mempermudah kerjasama antar kabupaten yang bertetangga. Karena akan lebih mudah menentukan program kerjasama terhadap daerah yang berbatasan dengan tata ruang yang sudah di tentukan.

“Dengan demikian peningkatan perekonomian masyarakat akan lebih efektif dan efisien dilakukan Pemerintah Daerah,” kata M Fadhil Arief.

BACA LAINNYA  Peduli, Dua Anggota Polda Jambi Ajarkan Anak-anak SAD Baca Tulis

Sementara itu, di masa pandemi Covid-19 sektor pertanian dan perkebunan merupakan sektor unggulan Pemerintah Kabupaten Batanghari dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kabupaten Batanghari memiliki lahan pertanian dan perkebunan yang cukup luas. Di masa pandemi Covid-19 saat ini permintaan terhadap kebutuhan pokok, seperti bahan pangan cukup tinggi.

Peluang tersebut dimanfaatkan Kabupaten Batanghari meningkatkan perekonomian masyarakat. Terlebih hampir 80 persen pendapatan masyarakat di Kabupaten Batanghari bersumber dari sektor pertanian dan perkebunan.(**

Artikel ini telah dibaca 90 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Jelang Kedatangan Dirjen Kebudayaan Direktorat PTLK Datang, Masyarakat Rambutan Masam Bentuk Kepanitiaan

26 Juni 2022 - 22:13 WIB

Tajak 21 Juni 2022, SKK Migas dukung kelancaran Pengeboran Sumur Eksplorasi Markisa-001

24 Juni 2022 - 16:38 WIB

Harga Sawit Anjlok, Al Haris Sudah Telpon Mendag

24 Juni 2022 - 16:12 WIB

Tajak 21 Juni 2022, SKK Migas dukung kelancaran Pengeboran Sumur Eksplorasi Markisa-001

22 Juni 2022 - 17:44 WIB

Lantik Pejabat Fungsional Tertentu, Fadhil Arief Minta PNS Harus Punya Inovasi

21 Juni 2022 - 18:03 WIB

SKK Migas Tanda Tangani Kontrak Kerja Sama WK Agung I, Agung II dan North Ketapang

21 Juni 2022 - 16:46 WIB

Trending di Bisnis