Polisi Gelar Festival Lomba Mural Berhadiah Piala Kapolri Alhamdulillah… Hasil Panen Padi Memuaskan, Petani: Kami Kekurangan Mesin Thresher dan Pupuk Sumur Energi di Kawasan PT Reki di Batanghari Meledak, Satu Orang Alami Luka Serius Heboh !!! Warga Muaro Jambi Temukan Mayat Dalam Lobang Jenderal Kapolri Listyo Sigit: Penerapan PPKM Level 1 Hingga 4 di Jambi Menunjukkan Progres yang Baik

Home / Batanghari / Ekonomi

Selasa, 31 Agustus 2021 - 09:02 WIB

Fadhil Arief Sebut Susun Tata Ruang Bisa Permudakan Tingkatkan Ekonomi

Kabarjambikito.com Tujuan penataan ruang wiayah nasional mewujudkan beberapa hal, di antaranya, ruang wilayah nasional yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan.

Keterpaduan pemanfaatan
ruang darat, laut, dan udara, termasuk ruang di dalam bumi. Keterpaduan perencanaan tata ruang wilayah nasional, provinsi, dan kabupaten atau kota.

Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief mengatakan, Pemerintah Kabupaten Batanghari, menyusun tata ruang wilayah untuk memetakan sentra perekonomian di daerah itu sekaligus acuan pengembangan berkelanjutan.

“Hingga saat ini tata ruang wilayah di Kabupaten Batanghari masih belum jelas. kita akan susun agar wilayah di Batanghari memiliki sentra masing-masing. Seperti di Kecamatan Pemayung sentra produksi perikanan dan perkebunan, begitu pula dengan daerah lainnya,” kata Bupati Batanghari, Senin (30/8/2021).

BACA LAINNYA  Wagub Abdullah Sani Apresiasi Polda Jambi Vaksinasi Pelajar

Katanya, tata ruang wilayah yang tertata akan mempermudah meningkat perekonomian masyarakat. Karena program peningkatan perekonomian masyarakat akan lebih terfokus dengan tata ruang wilayah yang jelas.

Dengan demikian pemerintah daerah akan lebih fokus dalam mengembangkan daerah-daerahnya. Dan hal tersebut diharapkan dapat membantu program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang terdampak pandemi Covid-19.

Seperti di Kecamatan Pemayung, lanjut Fadhil, merupakan wilayah minapolitan, daerah itu merupakan sentra produksi perikanan. Dengan demikian program pemerintah yang berkaitan dengan peningkatan produksi perikanan serta pemberdayaan pembudidaya perikanan diarahkan ke daerah tersebut.

BACA LAINNYA  Soal Sertifikat Vaksin Jokowi Ramai di Medsos, Ini Tanggapan Kemenkes

Begitu pula dengan daerah-daerah lainnya di wilayah Kabupaten Batanghari, program pemerintah akan dilaksanakan sesuai dengan sentra nya masing-masing.

Selain itu, tata ruang wilayah yang jelas akan mempermudah kerjasama antar kabupaten yang bertetangga. Karena akan lebih mudah menentukan program kerjasama terhadap daerah yang berbatasan dengan tata ruang yang sudah di tentukan.

“Dengan demikian peningkatan perekonomian masyarakat akan lebih efektif dan efisien dilakukan Pemerintah Daerah,” kata M Fadhil Arief.

BACA LAINNYA  Perhelatan MTQ Tingkat Provinsi, Wabup Hairan Benahi Aikon Wisata

Sementara itu, di masa pandemi Covid-19 sektor pertanian dan perkebunan merupakan sektor unggulan Pemerintah Kabupaten Batanghari dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kabupaten Batanghari memiliki lahan pertanian dan perkebunan yang cukup luas. Di masa pandemi Covid-19 saat ini permintaan terhadap kebutuhan pokok, seperti bahan pangan cukup tinggi.

Peluang tersebut dimanfaatkan Kabupaten Batanghari meningkatkan perekonomian masyarakat. Terlebih hampir 80 persen pendapatan masyarakat di Kabupaten Batanghari bersumber dari sektor pertanian dan perkebunan.(**

Share :

Baca Juga

Batanghari

Wabup Bakhtiar: Kita Akan Siapkan Wisata Alam dan Wisata Buatan Dibeberapa Titik

Batanghari

Dukung Penuh Tugas Porles Batanghari, Bupati Fadhil Arief Beri Penghargaan Apresiasi

Batanghari

Jadi Pembicara Webinar Nasional PB-HMI, Fadhil Arief: Fokus Perbaiki Sektor Hulu Pertanian

Batanghari

Demi Batanghari Tangguh, Kinerja ASN Terus Pantau Tim Evaluasi

Batanghari

Bakhtiar Sebut, Infrastruktur Jadi Program Prioritas Pemkab Batanghari

Batanghari

Hadapi Musim Hujan, Pemkab Batanghari Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada

Batanghari

Peletakan Batu Pertama Untuk Relokasi Warga Rang Kayo Hitam, Fadhil Arief: Ini Akan Dijadikan Milik Sendiri

Batanghari

Kreen…. BKP Batanghari Bakal Jadikan Hutan Kota Muara Bulian Tempat Wisata