Oknum Polda Jambi Ditahan Jaksa Peduli, Polsek Batin XXIV Bagikan Sembako Kepada Masyarakat Tak Mendidik, Oknum Guru Hukum Siswa Makan Sampah PetroChina Mulai Program Pengeboran di 11 Sumur Wilayah Kerja Jabung Sambut Hari Raya Imlek, Ditpolairud Polda Jambi Gelar Jumat Bersih

Home / Batanghari / Ekonomi

Selasa, 31 Agustus 2021 - 09:02 WIB

Fadhil Arief Sebut Susun Tata Ruang Bisa Permudakan Tingkatkan Ekonomi

Kabarjambikito.com Tujuan penataan ruang wiayah nasional mewujudkan beberapa hal, di antaranya, ruang wilayah nasional yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan.

Keterpaduan pemanfaatan
ruang darat, laut, dan udara, termasuk ruang di dalam bumi. Keterpaduan perencanaan tata ruang wilayah nasional, provinsi, dan kabupaten atau kota.

Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief mengatakan, Pemerintah Kabupaten Batanghari, menyusun tata ruang wilayah untuk memetakan sentra perekonomian di daerah itu sekaligus acuan pengembangan berkelanjutan.

“Hingga saat ini tata ruang wilayah di Kabupaten Batanghari masih belum jelas. kita akan susun agar wilayah di Batanghari memiliki sentra masing-masing. Seperti di Kecamatan Pemayung sentra produksi perikanan dan perkebunan, begitu pula dengan daerah lainnya,” kata Bupati Batanghari, Senin (30/8/2021).

BACA LAINNYA  M ZineDine Zidane Dinobatkan Sebagai Bujang Favorit Batanghari 2021

Katanya, tata ruang wilayah yang tertata akan mempermudah meningkat perekonomian masyarakat. Karena program peningkatan perekonomian masyarakat akan lebih terfokus dengan tata ruang wilayah yang jelas.

Dengan demikian pemerintah daerah akan lebih fokus dalam mengembangkan daerah-daerahnya. Dan hal tersebut diharapkan dapat membantu program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang terdampak pandemi Covid-19.

Seperti di Kecamatan Pemayung, lanjut Fadhil, merupakan wilayah minapolitan, daerah itu merupakan sentra produksi perikanan. Dengan demikian program pemerintah yang berkaitan dengan peningkatan produksi perikanan serta pemberdayaan pembudidaya perikanan diarahkan ke daerah tersebut.

BACA LAINNYA  Sekda Batanghari Hadiri Resepsi Pernikahan Warga SAD

Begitu pula dengan daerah-daerah lainnya di wilayah Kabupaten Batanghari, program pemerintah akan dilaksanakan sesuai dengan sentra nya masing-masing.

Selain itu, tata ruang wilayah yang jelas akan mempermudah kerjasama antar kabupaten yang bertetangga. Karena akan lebih mudah menentukan program kerjasama terhadap daerah yang berbatasan dengan tata ruang yang sudah di tentukan.

“Dengan demikian peningkatan perekonomian masyarakat akan lebih efektif dan efisien dilakukan Pemerintah Daerah,” kata M Fadhil Arief.

BACA LAINNYA  Peringatan HUT Provinsi Jambi ke 65, Selain Para Bupati Juga Dihadiri Tokoh Nasional

Sementara itu, di masa pandemi Covid-19 sektor pertanian dan perkebunan merupakan sektor unggulan Pemerintah Kabupaten Batanghari dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kabupaten Batanghari memiliki lahan pertanian dan perkebunan yang cukup luas. Di masa pandemi Covid-19 saat ini permintaan terhadap kebutuhan pokok, seperti bahan pangan cukup tinggi.

Peluang tersebut dimanfaatkan Kabupaten Batanghari meningkatkan perekonomian masyarakat. Terlebih hampir 80 persen pendapatan masyarakat di Kabupaten Batanghari bersumber dari sektor pertanian dan perkebunan.(**

Share :

Baca Juga

Batanghari

Kades Terpilih Hadir di Musyawarah Bersama, Warga Minta Bantuan Mesin Perontok Padi

Batanghari

Datang Perdana, Kontingen PWN Asal Lampung Masuk ke Sungai Baung

Batanghari

RAPBD Tahun 2022 Telah Sah, OPD Fokus dan Serius Jalankan Program Fadhil-Bakhtiar

Batanghari

Ayoo Vaksinasi Massal, Polres Batanghari Bagikan Door Prize Kepada Masyarakat

Ekonomi

Ngneng Budayo Rambutan Masam Berjalan, Warga Setempat Kecimprat Rizki

Batanghari

Bakhtiar Ikut Dampingi Fadhil Lantik Kades Terpilih

Batanghari

Tingkatkan Mutu Pelayanan Publik, Pemkab Batanghari Bersinergi dengan Muaro Jambi

Batanghari

Saat Ini di Batanghari Masih Kekurangan Pengawas Sekolah