Menu

Mode Gelap
Memasuki Masa Purna Tugas, Kajati Jambi Pererat Hubungan Dengan Awak Media Memasuki Masa Purna Tugas, Kajati Jambi Pererat Hubungan Dengan Awak Media Fadhil Arief Minta Pejabat Gali Motivasi Diri Gelontorkan Dana Ratusan Juta Untuk PKL Tugu Keris, Pedagang : Terimakasih PLN Pemerintah Siapkan Puluhan Ribu Set Top Box Gratis Untuk Warga Jambi,  Hasbi Anshory : Kita Berpihak Kepada Rakyat

Muaro Jambi · 25 Sep 2021 13:21 WIB

Festival Candi Muaro Jambi, Bupati Masnah Busro Ajak Bangkit Budaya Lama


 Bupati Masnah Busro menggunakan baju merah maroon berjilbab putih terlihat  dalam kajang lako siap mengarungi hilir Sungai Batanghari dari dermaga Desa Muaro Perbesar

Bupati Masnah Busro menggunakan baju merah maroon berjilbab putih terlihat dalam kajang lako siap mengarungi hilir Sungai Batanghari dari dermaga Desa Muaro

Kabarjambikito.com -Di hari kedua kegiatan festival Candi Muaro Jambi, (FCMJ) ke- 16 tahun 2021 ini ada yang berbeda, yaitu kegiatan susur sungai Batanghari.

Susur sungai Batanghari itu merupakan salah satu rangkaian acara untuk memperkenalkan sebuah destinasi wisata air baru yang ada di wilayah Kabupaten Muarojambi.

Susur sungai Batanghari pada acara event FCMJ kwli ini dibuka langsung oleh Bupati Muarojambi Hj. Masnah Busro, SE. M.Tr.Ip pada hari Jum’at (24/9/21) sore.

Terlihat masing-masing kajang lako atau ketek yang sudah dihiasi umbak-umbak pengantin khas melayu Jambi itu akan diisi sebanyak 10 orang penumpang.

BACA LAINNYA  Al Haris Jadikan Seberang Kota Sebagai Kampung Wisata Religi

Bupati Masnah Busro menggunakan baju merah maroon berjilbab putih terlihat memasuki kajang lako siap mengarungi hilir Sungai Batanghari dari dermaga Desa Muaro Jambi hingga ke Teluk Jambu.

Kemudian kajang lako lainnya juga bertolak mengikuti rombongan Bupati Muarojambi, sorak ratusan penonton dari pinggir tebing pun membuat suasana menjadi meriah.

Kurang lebih satu jam mengarungi Sungai Batanghari, sorak dan lambaian tangan masyarakat ke Bupati Masnah di pinggir sungai itu pun tampak meriah kegiatan festival itu.

BACA LAINNYA  Kejari Batanghari Peduli Panti Asuhan, Indahnya Berbagi Menyambut Hari Raya Idul Fitri

Setelah berkeliling, Bupati Muarojambi Masnah Busro sangat menyambut baik pada kegiatan festival Candi Muara Jambi ini.

Ia juga mengatakan, ada beberapa rangkaian event festival Candi Muara Jambi yang dilakukan seperti susur Sungai Batanghari merupakan membangkitkan budaya lama yang ada di Muaro Jambi.

” Kajang lako itu merupakan alat transportasi pesta rakyat yang selalu digunakan oleh masyarakat Muarojambi pada zaman dahulu. Sebut Masnah Busro.

“Alhamdulillah, pada kegiatan festival Candi Muara Jambi ini kita bisa munculkan kembali budaya kajang lako ini, meskipun berbeda dari zaman dahulu menggunakan perahu kecil dan saat ini berubah menggunakan ketek yang memilki mesin,” ucapnya.

BACA LAINNYA  Ngneng Budayo, Warga Rambutan Masam Disuguhkan Berbagai Tarian

Peserta yang mengikuti susur Sungai Batanghari terdapat 18 ketek dari berbagai perwakilan OPD dari pemerintah Kabupaten Muarojambi dan diikuti juga Disparpora Kabupaten Darmasraya.

Bupati Masnah juga berharap, kedepan nya pada event ini akan selalu diadakan dan dikembangkan menggunakan kajang lako atau perahu ketek, akan muncul destinasi wisata baru pengelih.

Artikel ini telah dibaca 77 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Meskipun Umurnya 300 Tahun, Rumah Tuo di Jangkat Masih Kokoh

25 Juni 2022 - 18:46 WIB

Patut Berbangga, Bakar Jaudah di Festival Pariwisata Jangkat Jambi Masuk Rekor Dunia

25 Juni 2022 - 14:16 WIB

Pj Bupati Muaro Jambi Serahkan Bantuan Bedah Rumah Kepada Warga

14 Juni 2022 - 20:40 WIB

Pj Muaro Jambi Targetkan Peringkat Tiga MTQ Tingkat Provinsi Jambi ke – 51

10 Juni 2022 - 15:29 WIB

Buka Acara KOSN dan FLS2N, Pj Bupati Bachyuni Deliansyah Minta Jangan Hanya Serimonial Saja

9 Juni 2022 - 22:30 WIB

Langkah, Pj Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah Gelar Lomba Azan Bagi OPD

7 Juni 2022 - 17:06 WIB

Trending di Muaro Jambi