Menu

Mode Gelap
Adu Kambing Kijang LGX VS Mitsubishi, Sopir dan Penumpang Meninggal di TKP Kampoeng Radja Siap Kembali Menghibur Keluarga di Jambi, KJK Beri Apresiasi Kapolres Tanjab Gelar Acara Sertijab, Berikut Nama-nama Gempar!!! Sejoli Tewas Bersimbah Darah Dalam Kontrakan Mantap!! PilRT di Kota Jambi Bak Pemilihan Kepala Daerah

Muaro Jambi · 25 Sep 2021 13:21 WIB

Festival Candi Muaro Jambi, Bupati Masnah Busro Ajak Bangkit Budaya Lama


 Bupati Masnah Busro menggunakan baju merah maroon berjilbab putih terlihat  dalam kajang lako siap mengarungi hilir Sungai Batanghari dari dermaga Desa Muaro Perbesar

Bupati Masnah Busro menggunakan baju merah maroon berjilbab putih terlihat dalam kajang lako siap mengarungi hilir Sungai Batanghari dari dermaga Desa Muaro

Kabarjambikito.com -Di hari kedua kegiatan festival Candi Muaro Jambi, (FCMJ) ke- 16 tahun 2021 ini ada yang berbeda, yaitu kegiatan susur sungai Batanghari.

Susur sungai Batanghari itu merupakan salah satu rangkaian acara untuk memperkenalkan sebuah destinasi wisata air baru yang ada di wilayah Kabupaten Muarojambi.

Susur sungai Batanghari pada acara event FCMJ kwli ini dibuka langsung oleh Bupati Muarojambi Hj. Masnah Busro, SE. M.Tr.Ip pada hari Jum’at (24/9/21) sore.

Terlihat masing-masing kajang lako atau ketek yang sudah dihiasi umbak-umbak pengantin khas melayu Jambi itu akan diisi sebanyak 10 orang penumpang.

BACA LAINNYA  Atas Pengabdian Pemkab Batanghari, Fadhil-Bakhtiar Terima Penghargaan dari Pramuka

Bupati Masnah Busro menggunakan baju merah maroon berjilbab putih terlihat memasuki kajang lako siap mengarungi hilir Sungai Batanghari dari dermaga Desa Muaro Jambi hingga ke Teluk Jambu.

Kemudian kajang lako lainnya juga bertolak mengikuti rombongan Bupati Muarojambi, sorak ratusan penonton dari pinggir tebing pun membuat suasana menjadi meriah.

Kurang lebih satu jam mengarungi Sungai Batanghari, sorak dan lambaian tangan masyarakat ke Bupati Masnah di pinggir sungai itu pun tampak meriah kegiatan festival itu.

BACA LAINNYA  Wabup Bambang Bayu Suseno Sambut Kafilah Muaro Jambi

Setelah berkeliling, Bupati Muarojambi Masnah Busro sangat menyambut baik pada kegiatan festival Candi Muara Jambi ini.

Ia juga mengatakan, ada beberapa rangkaian event festival Candi Muara Jambi yang dilakukan seperti susur Sungai Batanghari merupakan membangkitkan budaya lama yang ada di Muaro Jambi.

” Kajang lako itu merupakan alat transportasi pesta rakyat yang selalu digunakan oleh masyarakat Muarojambi pada zaman dahulu. Sebut Masnah Busro.

“Alhamdulillah, pada kegiatan festival Candi Muara Jambi ini kita bisa munculkan kembali budaya kajang lako ini, meskipun berbeda dari zaman dahulu menggunakan perahu kecil dan saat ini berubah menggunakan ketek yang memilki mesin,” ucapnya.

BACA LAINNYA  Sawah Talang Umo Tinggal Jadi Magnet Warga , Pemkab Batanghari: Akan Kita Dijadikan Tempat Wisata

Peserta yang mengikuti susur Sungai Batanghari terdapat 18 ketek dari berbagai perwakilan OPD dari pemerintah Kabupaten Muarojambi dan diikuti juga Disparpora Kabupaten Darmasraya.

Bupati Masnah juga berharap, kedepan nya pada event ini akan selalu diadakan dan dikembangkan menggunakan kajang lako atau perahu ketek, akan muncul destinasi wisata baru pengelih.

Artikel ini telah dibaca 47 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kampoeng Radja Siap Kembali Menghibur Keluarga di Jambi, KJK Beri Apresiasi

24 Oktober 2021 - 14:46 WIB

Tambang Batubara Dekat Dengan Pemukiman Warga, Warga Sungai Gelam Minta Hentikan Beroperasi

16 Oktober 2021 - 11:25 WIB

Perkantoran Bupati Muaro Sering Ada Balap Liar, Anggota Dewan Pertanyakan Fungsi Sat Pol-PP

14 Oktober 2021 - 19:08 WIB

Polres Muaro Jambi Ultimatum Pengusaha, dan Sopir Angkutan Batubara

10 Oktober 2021 - 15:13 WIB

Peringati Hari Batik Nasional, Hesti Haris Kenalkan Buku Sejarah dan Filosofi Batik Jambi

10 Oktober 2021 - 12:00 WIB

BKD Muaro Jambi Kembali Usulkan 406 Formasi PPPK di Tahun 2022

8 Oktober 2021 - 21:04 WIB

Trending di Kabar Daerah