LIVE TV
Komunitas Sahabat Sejati Bersama Wawako Maulana Beri Santunan 10 Ton Daging Kerbau Beku Perum Bulog Jambi, Habis di Serbu Pembeli Ratusan Warga Bersama Pengemudi Ojol di Jambi Terima Zakat Maal Bupati Tanjabbar Saksikan Secara Virtual Gema Membumi Arakan Sahur Online PT Putra Duta Indahwood Mangkir di Sidang Karhutla Jambi

Home / Kabar Daerah

Jumat, 29 Januari 2021 - 19:28 WIB

Gerak Cepat, Fasha Tinjau Lokasi Abrasi di Sungai Kenali Besar

Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha turun langsung meninjau lokasi rumah warga yang mengalami longsor

Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha turun langsung meninjau lokasi rumah warga yang mengalami longsor

Kabarjambikito.com – Setelah mendapat laporan dari warga, Jumat sore (29/1/2021) Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha turun langsung meninjau lokasi rumah warga yang mengalami longsor di sempadan Sungai Kenali Besar (saluran primer anak Sungai Batanghari) akibat abrasi.

Abrasi di sempadan anak aungai tersebut, terjadi di wilayah RT 20 Kelurahan Rawasari Kecamatan Alam Barajo. Lokasi rumah warga yang dikunjungi Wali Kota Jambi dua periode tersebut memang terbilang cukup sulit dijangkau.

Selain hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, lokasi rumah yang mengalami longsor sebagian pada bagian belakang rumah, memang cukup curam berada di pinggir saluran Sungai Kenali Besar.

Baca Juga   Jawara Wawako Cup 2021, Getarkan GOR Kota Baru

Tampak bagian dapur belakang salah satu rumah warga memang berada persis di pinggir anak Sungai Batanghari tersebut. Sungai Kenali Besar yang menjadi saluran primer anak Sungai Batanghari tersebut memang masuk dalam program normalisasi anak sungai, untuk mencegah banjir di wilayah Kota Jambi.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Fasha bertemu dengan warga pemilik beberapa rumah yang mendirikan bangunan persis di sempadan (batas pinggir) anak sungai.

“Pemkot Jambi akan membantu pembongkaran bangunan rumah warga yang berdiri persis di sempadan sungai. Tadi kami sudah bicara dengan pemilik rumah dan mereka bersedia. Letak bangunan yang berada persia disempadan sungai memang sangat rentan jika didirikan bangunan diatasnya. Akan rawan longsor akibat pergerakan tanah jika terjadi hujan,” ujar Fasha.

Baca Juga   Balas Jasa HBA Pimpinan Ponpes Darul Aufa "Ajak" Dukung Al Haris

Lebih lanjut, Fasha juga mengungkapkan Pemkot Jambi akan mengambil langkah cepat untuk meminimalisir dampak lebih luas akibat abrasi, dengan membangun turap disekitar rumah warga yang persis berdiri di pinggir anak sungai.

“Dalam waktu dekat akan segera kita bangun turap penahan agar abrasi dan longsor tidak meluas disekitar rumah warga ini. Semoga nanti pemerintah pusat bisa melanjutkan pembangunan turap disaluran primer ini hingga tuntas,” sebut Fasha yang disambut tepukan tangan warga.

Baca Juga   Muhammadiyah Imbau Ratusan Kadernya di KPU/Bawaslu Amanah dalam Pilkada Jambi

Fasha juga mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat, pihaknya akan mengajak Pemerintah Pusat melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera VI (BWSS) sebagai pemilik saluran primer dan Pemprov Jambi sebagai pemilik saluran sekunder, untuk duduk bersama membahas normalisasi dan revitalisasi wilayah sungai dan sempadan sungai yang menjadi kewenangan Pemerintah Pusat, Pemprov dan Pemkot Jambi.

(Ade)

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

400 Pasien RSJ Akan Segera di Suntik Vaksin Sinovac

Kabar Islam

Jadi Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi, Persiapan Tanjabbar Sudah 80 Persen

Kabar Daerah

Anak Sakit saat Pandemi? Lakukan 5 Hal Ini agar Cepat Sembuh

Peristiwa/ Sejarah

Cek Endra dan Jejak Panjang Kasus IUP Batubara di Sarolangun

Kabar Daerah

Haverstock extends school on London’s modernist Alexandra Road Estate

Kota Jambi

Hati- hati Jika Lewat di Simpang Empat Pasar Jambi

Kota Jambi

Bikin Haru… Ini Ucapan Walikota Fasha Saat Bantu Warga Tionghoa

Kabar Daerah

Bertemu Petani Karet, Al Haris: Untuk Catatan Saya Meningkatan Kesejahteraan Petani Karet