Menu

Mode Gelap
Badan Intelijen Negara Door Tu Door di Jambi, Ada Apa ? Selain Dipecat, Oknum Kapolsek Yang Berbuat Mesum Juga Bakal di Pidana Dana Bansos Diselewengkan, Lapor ke Sini Adu Kambing Kijang LGX VS Mitsubishi, Sopir dan Penumpang Meninggal di TKP Kampoeng Radja Siap Kembali Menghibur Keluarga di Jambi, KJK Beri Apresiasi

Kesehatan · 23 Sep 2021 20:24 WIB

Gigi Berlubang Berpengaruh pada Kesehatan Tubuh


 Gigi Berlubang Berpengaruh pada Kesehatan Tubuh Perbesar

JAKARTA — Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Dr dr R M Sri Hananto Seno SpBM(k) MM mengatakan, gigi berlubang akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk kesehatan jantung. Pasalnya, mulut adalah pintu untuk bakteri berkembang biak.

Jika ada sisa makanan yang menempel pada gigi atau gusi maka terjadi fermentasi, dan setelah 24 jam bisa menyebabkan proses perusakan gigi. Gigi berlubang yang semakin dalam akan merusak hingga ke vulva dan bisa menyebabkan peradangan. Peradangan tersebut kemudian akan menyebabkan terbukanya suatu pembuluh darah di dalam mulut sehingga akhirnya mikroorganisme atau bakteri akan masuk ke dalam.

BACA LAINNYA  Wakapolres Tanjabbar Monitoring Vaksinasi Ibu Hamil dan Remaja

“Banyak mikroorganisme yang ganas dan banyak sekali terjadi di rongga mulut saat masuk ke sirkulasi darah, masuk ke dalam tubuh ke aliran darah akhirnya bisa masuk ke otak, jantung, ginjal, sendi-sendi, kulit dan lain-lain,” ujar Seno dalam webinar “Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2021” pada Kamis (23/9).

BACA LAINNYA  Mobilnya Hilang Tapi Denda Terus Berjalan, Kok Bisa, Simak Nih

Seno mengatakan, sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jika terdapat permasalahan seperti gigi berlubang, baiknya segera diatasi agar masalahnya tidak berkembang lebih jauh.

BACA LAINNYA  Dengar Kabar Warga Menderita Kanker Lidah, Danramil 416-06 Muara Bungo Langsung Bergerak

“Ini sangat berbahaya sekali kalau kita tidak bisa menjaga gigi. Kalau sudah berlubang ya harus diatasi dengan baik, jangan sampai ada mikroorganisme yang masuk ke sistem sirkulasi tubuh kita, kalau sudah masuk ya penyakit-penyakit lain akan masuk, ada jantung, kalau di otak, ada meningitis,” kata Seno.

Republika.co.id

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Masjid Terbesar di Jerman Diizinkan Kumandangkan Azan pada Jumat Sore

12 Oktober 2021 - 07:32 WIB

Vaksinasi Masal di Tanjung Katung Habiskan 165 Vial Dosis Sinovac

30 September 2021 - 10:46 WIB

Waspada! Ini 3 Efek Samping Lidah Buaya untuk Wajah

25 September 2021 - 15:34 WIB

Dinas PdK Batanghari Sebut, Guru yang di Vaksin Sudah Capai 98 Persen

22 September 2021 - 06:45 WIB

Kadis Kominfo Amir Hamzah: Terimakasih Masyarakat Batanghari, Kita Sudah Turun Level

22 September 2021 - 06:34 WIB

Dapat Kabar Bayi Kekurangan Gizi, Bupati Anwar Sadat Langsung Kunjungi RSUD Daud Arif Kualatungkal

16 September 2021 - 10:59 WIB

Trending di Kesehatan