Menu

Mode Gelap
Memasuki Masa Purna Tugas, Kajati Jambi Pererat Hubungan Dengan Awak Media Memasuki Masa Purna Tugas, Kajati Jambi Pererat Hubungan Dengan Awak Media Fadhil Arief Minta Pejabat Gali Motivasi Diri Gelontorkan Dana Ratusan Juta Untuk PKL Tugu Keris, Pedagang : Terimakasih PLN Pemerintah Siapkan Puluhan Ribu Set Top Box Gratis Untuk Warga Jambi,  Hasbi Anshory : Kita Berpihak Kepada Rakyat

Kesehatan · 23 Sep 2021 20:24 WIB

Gigi Berlubang Berpengaruh pada Kesehatan Tubuh


 Gigi Berlubang Berpengaruh pada Kesehatan Tubuh Perbesar

JAKARTA — Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Dr dr R M Sri Hananto Seno SpBM(k) MM mengatakan, gigi berlubang akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk kesehatan jantung. Pasalnya, mulut adalah pintu untuk bakteri berkembang biak.

Jika ada sisa makanan yang menempel pada gigi atau gusi maka terjadi fermentasi, dan setelah 24 jam bisa menyebabkan proses perusakan gigi. Gigi berlubang yang semakin dalam akan merusak hingga ke vulva dan bisa menyebabkan peradangan. Peradangan tersebut kemudian akan menyebabkan terbukanya suatu pembuluh darah di dalam mulut sehingga akhirnya mikroorganisme atau bakteri akan masuk ke dalam.

BACA LAINNYA  Sejumlah ASN Masuk ke Pemkab Batanghari, Masyarakat: Semoga Bisa Membantu Bupati

“Banyak mikroorganisme yang ganas dan banyak sekali terjadi di rongga mulut saat masuk ke sirkulasi darah, masuk ke dalam tubuh ke aliran darah akhirnya bisa masuk ke otak, jantung, ginjal, sendi-sendi, kulit dan lain-lain,” ujar Seno dalam webinar “Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2021” pada Kamis (23/9).

BACA LAINNYA  Kejar Target Ahir Tahun, Satgas Muaro Jambi Sediakan Ribuan Dosin Vaksin Untuk Masyarakat

Seno mengatakan, sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jika terdapat permasalahan seperti gigi berlubang, baiknya segera diatasi agar masalahnya tidak berkembang lebih jauh.

BACA LAINNYA  Unjukrasa, Mahasiswa Minta Pemprov Jambi Buat Jalur Khusus Angkutan Batubara

“Ini sangat berbahaya sekali kalau kita tidak bisa menjaga gigi. Kalau sudah berlubang ya harus diatasi dengan baik, jangan sampai ada mikroorganisme yang masuk ke sistem sirkulasi tubuh kita, kalau sudah masuk ya penyakit-penyakit lain akan masuk, ada jantung, kalau di otak, ada meningitis,” kata Seno.

Republika.co.id

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Maraknya Penyakit Hepatitis, Dinskes Batanghari Ajak Masyarakat Jaga Pola Hidup Sehat

10 Mei 2022 - 06:55 WIB

Capaian Vaksin Anak Dosis Kedua di Batanghari Masih Rendah, Ini Kata Kapolres Hasan

18 Maret 2022 - 20:07 WIB

Ratusan Anak-anak SD Ikuti Vaksinasi Didampingi Orang Tua

18 Februari 2022 - 08:04 WIB

Begini Kronologi Kecelakaan Yang Menewaskan Pelajar di Batanghari

11 Februari 2022 - 19:23 WIB

Wakapolda Jambi Ikuti Peninjauan Vaksinasi Anak Via Zoom Meeting

19 Januari 2022 - 13:03 WIB

Bides Jarang Ditempat, Warga Rantau Gedang, Mersam Minta Dinkes Jangan Tutup Mata

28 Desember 2021 - 10:31 WIB

Trending di Kesehatan