LIVE TV
Ratusan Warga Bersama Pengemudi Ojol di Jambi Terima Zakat Maal Bupati Tanjabbar Saksikan Secara Virtual Gema Membumi Arakan Sahur Online PT Putra Duta Indahwood Mangkir di Sidang Karhutla Jambi Kasatpol PP Tinjau Pos Penyekatan, Puluhan Sepeda Motor Balik Kanan Begini Cara Travel Bandel yang Nekat Melintas Masuk Jambi Saat Peniadaan Mudik 2021

Home / Kuliner / Provinsi Jambi

Sabtu, 27 Maret 2021 - 20:54 WIB

Gulai Terjun Asal Mersam Ikuti Festival Kuliner Nusantara Jambi

Gulai Terjun

Gulai Terjun

Kabarjambikito.com – Untuk menggali kearifan lokal dari karya tradisi kuliner leluhur di Jambi, Lembaga Kebangsaan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menggelar Festival Kuliner Nusantara Jambi berkolaborasi dengan ILUNI UI Wilayah Jambi, Pemerintah Kota Jambi, Aston Hotel Jambi, dan pelaku bisnis kuliner Jambi.

Kegiatan ini merupakan seri kedua dari total sepuluh kegiatan yang akan diadakan di berbagai kota di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap, acara ini mampu membangkitkan ekonomi kreatif, memupuk semangat, dan menjadi peluang usaha untuk membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

“Kami mendukung pariwisata Jambi karena Jambi punya situs-situs tertua di Nusantara seperti Gunung Kerinci dan kulinernya. Rencananya program ini akan dikemas dalam paket nature dan culture,” kata Sandiaga dalam Festival Kuliner Nusantara Jambi yang diadakan secara virtual, Sabtu (27/3/2021) kemarin.

Baca Juga   Tinjau Lahan Gambut, Kajati : Ruang Gerak Pelaku Karhutlah di Jambi Sempit

Ketua Harian Lembaga Kebangsaan ILUNI UI Gatot Priyo Utomo mengatakan, seri kedua Festival Kuliner Nusantara Jambi dihelat dengan tujuan untuk meneguhkan nilai-nilai kebangsaan di sivitas akademika UI serta masyarakat umum.

“Melalui kuliner, kita belajar keberagaman unsur tidak menjadikan tercerai-berai. Kuliner Nusantara yang beragam cermin peradaban maju yang dibangun dari trial dan error, sehingga menghasilkan kearifan dan kebajikan,” jelas Gatot.

Baca Juga   Peniadaan Mudik, Dirlantas Bilang Travel Antar Lintas Provinsi Boleh Melintas, Tapi...

Jambi sendiri memiliki makanan khas yaitu gulai terjun asal dari Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari. Makanan ini terbuat dari daging sapi atau kerbau, ayam, dan bebek. Gulai terjun dimasak dengan bumbu-bumbu rempah seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, lengkuas, daun jeruk, kapulaga, batang sereh, dan utamanya cabai merah.

Gulai terjun memiliki cita rasa yang lebih manis. Ada yang unik dari gulai terjun, yakni cara memasaknya yang langsung memasukkan semua bahan dan bumbu sekaligus karena itu dinamakan “terjun”.

Baca Juga   Syafril Nursal Imbau Keluarga Besar Dukung Haris- Sani dalam PSU Pilgub Jambi

Gulai tepek juga merupakan kuliner khas Jambi. Terbuat dari ikan giling, keunikan gulai tepek terletak pada penggunaan tepung tapioka. Kemudian dikukus supaya bisa dibentuik dan dipipihkan, lalu dipotong-potong sesuai selera.

“Seperti gulai terjun, semua bahan yang digunakan halal menurut Islam. Tepek juga mayoritas dari ikan.

Ikan adalah bahan yang ditemukan dalam keadaan mati pun tetap halal. Oleh karena itu, kuliner khas Jambi bisa dinikmati masyarakat di luar Jambi,” pungkas Wakil Walikota Jambi sekaligus Ketua ILUNI UI Wilayah Jambi Dr. dr. H. Maulana, MKM.*

Share :

Baca Juga

Provinsi Jambi

Alex : KPU Provinsi Jambi Tak Profesional, Masyarakat Jambi Dirugikan

Provinsi Jambi

Ini Penampakan Sanusi, Oknum Komisioner KPU Jambi yang Diduga Curang Sekongkol dengan Tim Cek Endra

Peristiwa/ Sejarah

Cek Endra dan Jejak Panjang Kasus IUP Batubara di Sarolangun

Provinsi Jambi

Musri Nauli : Soal Putusan MK, Kita Yakin Pilihan Rakyat, Tak Mudah “Curi” Suara Rakyat

Provinsi Jambi

Sanusi Coreng Nama KPU, Subhan: Tunggu Keputusan DKPP

Politik

Putusan DKPP Belum di Eksekusi, KPU Jambi Cuma Akan Ingatkan Sanusi

Provinsi Jambi

Buka Bersama, Ini Pesan Kapolda Jambi Untuk Wartawan dan Mahasiswa

Kuliner

Unik Hanya Satu Di Jambi, Ini Menu Andalan GEKRAF