Menu

Mode Gelap
Memasuki Masa Purna Tugas, Kajati Jambi Pererat Hubungan Dengan Awak Media Memasuki Masa Purna Tugas, Kajati Jambi Pererat Hubungan Dengan Awak Media Fadhil Arief Minta Pejabat Gali Motivasi Diri Gelontorkan Dana Ratusan Juta Untuk PKL Tugu Keris, Pedagang : Terimakasih PLN Pemerintah Siapkan Puluhan Ribu Set Top Box Gratis Untuk Warga Jambi,  Hasbi Anshory : Kita Berpihak Kepada Rakyat

Kabar Daerah · 28 Nov 2021 14:08 WIB

Hari Terakhir Festival Ngneng Budayo Rambutan Masam, Sekda Batanghari Makan Masakan Emak-emak


 Sambil memegang nasi, Sekda Batanghari,  H Azan SH mengambil lauk Perbesar

Sambil memegang nasi, Sekda Batanghari, H Azan SH mengambil lauk

Kabarjambikito.com -Makanan ciri khas suatu daerah juga salah satu seni budaya yang harus dijaga dan di lestarikan di tengah masyarakat. Karena setiap daerah tentunya mempunyai makanan tradisional yang menjadi makan sehari-sehari nenek moyang kita dahulu.

Seperti di Desa Rambutan Masam, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Jambi. masyarakat disuguhkan dengan perlombaan memasak dari setiap dusun dalam Desa Rambutan Masam pada hari terakhir Festival Ngneng Budayo Rambutan Masam.

Setiap dengan tagline ” Nyemput Nang Taluce, Ngangkat Nang Tapijak”.

Jika kalimat ini artikan ke dalam bahasa Indonesia dan di jabarkan, tentunya segala sesuatu yang berkaitan dengan tradisi lama atau budaya lama semuanya masuk dalam kehidupan sehari-hari orang tua zaman dahulu. Artinya yang selama ini anak muda saat belum banyak mengetahui apa itu budaya Rambutan Masam?

BACA LAINNYA  Bupati Tanjabbar Bersama Wakil, Dampingi Wagub Jambi Lokasi Cabang Lomba MTQ

Jika kita membahas masalah budaya lama, sangat banyak sekali yang akan perlihatkan ke tengah masyarakat Rambutan Masam, dan masyarakat luas. Maka itu di acara Festival Ngneng Budayo Rambutan Masam ini semua tradisi lama akan di Ngneng kepada masyarakat. Atau kalau di artikan dalam bahasa Indonesia Ngneng artinya memperlihatkan tradisi-tradisi lama.

Mulai dari permainan anak-anak zaman dahulu, adat istiadat jelang pernikahan, atau lebih dikenal Seloko meminang, alat tradisional warga mencari ikan, cara budi baso (ahlak yang baik) dengan orang tua, hingga makanan sehari- hari.

BACA LAINNYA  Nafkahi Tiga Anak, Warga Miskin Lagi Pincang Tak Dapat PKH ?

Selama tiga hari tiga malam berbagai kegiatan yang ditampilkan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa yang memperlihatkan tradisi-tradisi lama.

Di hari ini, Ahad (28/11/2021) ditutup dengan bakarang massal di Telago Bidar Rambutan Masam, dan lomba memasak elok emak-emak. Apapun untuk lomba memasak kali ini sedikit berbeda dari pada umumnya, karena yang harus di Ngneng oleh para peserta harus makanan orang terdahulu, tidak boleh masakan modern.

BACA LAINNYA  Menjamin Adanya Kepastian Hukum, Akankah PT. BCA Finance Jambi Kembali Disegel LPKNI

Pantauan dilapangan, ada 4 grup yang akan Mengneng masakan tersebut di depan warga hadir. Pada hari terakhir ini, juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari, H Muhammad Azan, Pj Kades Rambutan Masam, M Husen Usman, Kades terpilih A Roni Ali, dan para pejabat terkait.

Setelah makanan telah tersaji, Sekda Batanghari, M Azan, SH dan masyarakat yang hadir diberikan nasi ibat (bungkus daun) . Dan Sekda Azan bersama masyarakat lainya dipersilahkan mengambil lauk yang disediakan oleh peserta masak.

” Boleh sayo makan ibu-ibu, ikhlas yo sayo makan, ” ujar Azan bergurau sambil mengambil lauk.

Artikel ini telah dibaca 246 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Meskipun Umurnya 300 Tahun, Rumah Tuo di Jangkat Masih Kokoh

25 Juni 2022 - 18:46 WIB

Patut Berbangga, Bakar Jaudah di Festival Pariwisata Jangkat Jambi Masuk Rekor Dunia

25 Juni 2022 - 14:16 WIB

Irwasum Komjen Pol Agung Maryoto Gowes ke Candi Muaro Jambi

24 Mei 2022 - 10:45 WIB

Berbagai Daerah Kunjungi Objek Wisata Jambi Faradise

5 Mei 2022 - 16:43 WIB

Jokowi Sebut Batik Batanghari Elegan, Zulva Fadhil: Kita Promosikan UMKM ke Tingkat Nasional

23 Maret 2022 - 17:25 WIB

Kejaksaan Negeri Batanghari Musnahkan Ratusan Gram Sabu

18 Maret 2022 - 19:11 WIB

Trending di Kabar Daerah