Iin Kurniasih Ajak Pemerintah dan Masyarakat Promosikan Senam Rentak Kudo Sekda Provinsi Jambi Harapkan BI Turut Bantu Pulihkan Masyarakat Pemprov Jambi Gelar Pasar Murah Sampai Tanggal Ini Hadiri HUT SMA N 3 Kota Jambi, Abdullah Sani: Pemprov Jambi Terus Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kapolsek Marosebo Ulu Pantau Langsung Vaksinasi Siswa SD

Home / Kabar Daerah / Wisata Budaya

Minggu, 28 November 2021 - 14:08 WIB

Hari Terakhir Festival Ngneng Budayo Rambutan Masam, Sekda Batanghari Makan Masakan Emak-emak

Sambil memegang nasi, Sekda Batanghari,  H Azan SH mengambil lauk

Sambil memegang nasi, Sekda Batanghari, H Azan SH mengambil lauk

Kabarjambikito.com -Makanan ciri khas suatu daerah juga salah satu seni budaya yang harus dijaga dan di lestarikan di tengah masyarakat. Karena setiap daerah tentunya mempunyai makanan tradisional yang menjadi makan sehari-sehari nenek moyang kita dahulu.

Seperti di Desa Rambutan Masam, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Jambi. masyarakat disuguhkan dengan perlombaan memasak dari setiap dusun dalam Desa Rambutan Masam pada hari terakhir Festival Ngneng Budayo Rambutan Masam.

Setiap dengan tagline ” Nyemput Nang Taluce, Ngangkat Nang Tapijak”.

Jika kalimat ini artikan ke dalam bahasa Indonesia dan di jabarkan, tentunya segala sesuatu yang berkaitan dengan tradisi lama atau budaya lama semuanya masuk dalam kehidupan sehari-hari orang tua zaman dahulu. Artinya yang selama ini anak muda saat belum banyak mengetahui apa itu budaya Rambutan Masam?

BACA LAINNYA  Khawatir Sembako Naik Jelang Nataru, Gubernur Al Haris Sidak ke Pasar Tradisional Angso Duo

Jika kita membahas masalah budaya lama, sangat banyak sekali yang akan perlihatkan ke tengah masyarakat Rambutan Masam, dan masyarakat luas. Maka itu di acara Festival Ngneng Budayo Rambutan Masam ini semua tradisi lama akan di Ngneng kepada masyarakat. Atau kalau di artikan dalam bahasa Indonesia Ngneng artinya memperlihatkan tradisi-tradisi lama.

Mulai dari permainan anak-anak zaman dahulu, adat istiadat jelang pernikahan, atau lebih dikenal Seloko meminang, alat tradisional warga mencari ikan, cara budi baso (ahlak yang baik) dengan orang tua, hingga makanan sehari- hari.

BACA LAINNYA  Bakhtiar Ikut Dampingi Fadhil Lantik Kades Terpilih

Selama tiga hari tiga malam berbagai kegiatan yang ditampilkan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa yang memperlihatkan tradisi-tradisi lama.

Di hari ini, Ahad (28/11/2021) ditutup dengan bakarang massal di Telago Bidar Rambutan Masam, dan lomba memasak elok emak-emak. Apapun untuk lomba memasak kali ini sedikit berbeda dari pada umumnya, karena yang harus di Ngneng oleh para peserta harus makanan orang terdahulu, tidak boleh masakan modern.

BACA LAINNYA  Meskipun Diguyur Hujan, Tak Menyurutkan Maulana Ziarah ke Makam Pahlawan

Pantauan dilapangan, ada 4 grup yang akan Mengneng masakan tersebut di depan warga hadir. Pada hari terakhir ini, juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari, H Muhammad Azan, Pj Kades Rambutan Masam, M Husen Usman, Kades terpilih A Roni Ali, dan para pejabat terkait.

Setelah makanan telah tersaji, Sekda Batanghari, M Azan, SH dan masyarakat yang hadir diberikan nasi ibat (bungkus daun) . Dan Sekda Azan bersama masyarakat lainya dipersilahkan mengambil lauk yang disediakan oleh peserta masak.

” Boleh sayo makan ibu-ibu, ikhlas yo sayo makan, ” ujar Azan bergurau sambil mengambil lauk.

Share :

Baca Juga

Provinsi Jambi

Al Haris Presentasikan Inovasi Ekonomi Daerah Mitigasi Dampak Pandemi Covid- 19

Ekonomi

Abdullah Sani: UMKM Pilar Pembangkit Perekonomian Jambi

Batanghari

Jadi Pembicara Webinar Nasional PB-HMI, Fadhil Arief: Fokus Perbaiki Sektor Hulu Pertanian

Batanghari

Dua Minggu Jabat Kapolsek Marosebo Ulu, IPTU Parlindungan Sagala Tangani Dua Kasus di Satu Lokasi

Infrastruktur

Wabup Tanjabbar Hairan Stop Pekerjaan Oprit Jembatan Pargom, Ini Kata DPR RI H. Bakrie

Batanghari

Saat Ini di Batanghari Masih Kekurangan Pengawas Sekolah

Batanghari

Batasi Mobilitas Masyarakat , Satgas Covid-19 Batanghari Dirikan Posko Dalam Daerah

Batanghari

Besok Fadhil Arief Ikut Webinar Bersama Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian