LIVE TV
Tiga Pekan Jelang PSU, Bawaslu Perketat DPT yang TSM Apnizal: Surat Pengunduran Diri Sanusi Sudah Diteruskan ke KPU RI Dinkes Muaro Jambi Minta Perusahaan Tambah Ruang Isolasi Breaking News!! Warga Pelayangan Tembesi Temukan Mayat Gantung Diri Kapolres Tanjabbar Pimpin Langsung Apel Gelar Pasukan OPS Ketupat

Home / Provinsi Jambi

Selasa, 23 Maret 2021 - 11:46 WIB

Ini Beberapa Titik Tilang Elektronik di Kota Jambi

Kabarjambikito.com — Program penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) nasional siap diterapkan, khusus di kota Jambi.

Sedikitnya terdapat 10 Polda yang siap untuk menyelenggarakannya, yakni Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Timur, Polda DIY, Polda Riau, Polda Jambi, Polda Sumatera Barat, Polda Lampung, dan Polda Sulawesi Selatan.

Adapun langkah ini merupakan salah satu realisasi dari program 100 hari kerja Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Listyo Sigit Prabowo.

Sementara itu untuk di kota Jambi sendiri, Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo menyebut ada ETLE ini ada di beberapa titik tersebar di Kota Jambi.

Baca Juga   Jelang Pleno Kabupaten, Polda Jambi Tambah Personel Pengamanan

” Polda Jambi merupakan 1 dari 12 Polda yang akan di resmikan pada hari sistem e tilang, ini ada di 8 titik dan 16 kamera CCTV ” Sebut Kapolda Jambi, Selasa (23/3/2021).

Menurut jendral bintang dua itu, dengan terlaksananya ETLE ini semua pelanggaran lalulintas akan terekam di kamera pengawas yang sudah terpasang dan akan di proses di Ditlantas Polda Jambi selain itu juga untuk mengurangi interaksi di lapangan.

Baca Juga   Direktur PT BSA di Penjara 1,4 Tahun dan di Denda Rp 544 Juta

“Mengingat ini masih dalam situasi pandemi Tilang Elektronik ini juga untuk mengurangi interaksi di lapangan dan jadi setiap pelanggaran akan terekam kamera dan ada di proses di pusat komando ditlantas polda jambi” Sebut Rachmad Wibowo.

Dengan diberlakukannya tilang elektronik ini penindakan pelanggaran lalu lintas bisa berjalan secara optimal sekaligus menekan potensi pungutan liar di lapangan.

Nantinya petugas yang ada di pos persimpangan jalan tidak lagi melakukan tindakan penilangan. Mereka juga tidak bisa melakukan tilang di tempat karena sudah terekam melalui CCTV yang sudah disebat di setiap daerah.

Baca Juga   Perantara Awal Share Result Berhasil Diringkus Polda Jambi

Perlu di ketahui Pengaplikasian sistem E-Tilang sendiri dimulai gaungkan Listyo Sigit yang saat itu masih menjadi calon Kapolri.

Hal ini disampaikannya dalam kegiatan Fit and Proper Test bersama Anggota DPR beberapa waktu lalu di Senayan, Jakarta.

Sementara untuk beberapa wilayah yang belum difasilitasi dengan CCTV, pihak kepolisian masih berwenang untuk melakukan tilang ditempat.

(Ade )

Share :

Baca Juga

Provinsi Jambi

Jadi Pembicara di HUT Musik Nasional, Kamaludin Havis Serap Aspirasi Musisi Jambi

Hukrim

Dua Jaringan Penyeludup Benur Asal Sumsel dan Lampung di Gulung Polda Jambi

Provinsi Jambi

Massa Desak DKPP RI Nonaktifkan Sanusi dari Segala Aktivitas KPU

Provinsi Jambi

Selain Bus Angkutan Mudik, Angkutan Logistik ODOl Juga di Perketat Masuk Jambi

Provinsi Jambi

Buka Bersama, Ini Pesan Kapolda Jambi Untuk Wartawan dan Mahasiswa

Provinsi Jambi

Pengusaha Kota Jambi : Kecurangan Tidak Membawa Kebaikan Jambi

Provinsi Jambi

Dugaan Pelanggaran Kode Etik Perkara Sanusi, Ini Putusannya

Provinsi Jambi

Telegram Kapolri, Polda Jambi Akan Pecat Oknum Anggota Yang Terlibat Narkoba