Menu

Mode Gelap
Al Haris Akan Bantu Pemkab Tanjung Jabung Barat Tangani Permasalahan Listrik Sekda Sempat Bertanya Tentang Kegiatan di 2021, Fadhil Arief: Saya Yakin Hutang Lunas dan Jalan Tetap Dibangun JMSI Apresiasi Inisiatif KBRI Madrid dan Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam Wagub Sani Hadiri Halal bi Halal Serta Pelantikan Fatayat NU se Jambi

Batanghari · 15 Apr 2022 06:45 WIB

Ini Besaran Zakat Fitrah di Batanghari


 Ini Besaran Zakat Fitrah di Batanghari Perbesar

Kabarjambikito.com- Kementerian Agama Kabupaten Batanghari saat ini telah menetapkan besaran zakat fitrah. Dalam penentuan zakat fitrah tersebut, besaran zakat disesuaikan dengan harga beras di wilayah setempat, mulai dari harga beras berkualitas baik hingga kualitas biasa.

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Batanghari, Ahmad Sholahuddin mengatakan, zakat fitrah ini merupakan kewajiban yang harus ditunaikan bagi setiap umat muslim yang memiliki kelebihan rezeki atau bahan pokok menjelang perayaan hari Raya Idul Fitri.

BACA LAINNYA  Fakultas Hukum Unja Selesai Magang, Dosen Pembimbing Ucapkan Terimakasih DPRD Batanghari

“Untuk ketentuan pembayaran zakat fitrah di tahun 2022 ini sebagai berikut, bagi yang bermazhab kepada Imam Syafi’i, Imam Hambali dan Imam Maliki, besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah bahan pokok makanan atau beras yang dimakan sehari-hari seabnyak satugantang atau 2,5 kilogram perjiwa,” katanya.

BACA LAINNYA  Mantan Kepsek Tersangka Korupsi Dana Bos Ditangkap, Rugikan Negara Rp 450 Juta

Dilanjutkan Sholahuddin, dan bagi yang bermazhab Imam Hanafi, besaran zakat fitrah yang harus di keluarkan jika dengan beras yaitu 3,8 kilogram dan boleh dengan nilai tukar uang.

“Untuk rincian harga beras yang dikeluarkan ialah, kalau beras berkualitas baik dibayarkan uang tunai sebesar Rp.53.200 ribu rupiah perjiwa, beras kualitas sedang sebesar Rp.45.600 dan beras kualitas rendah sebesar Rp.38.000 perjiwa,” ungkapnya.

BACA LAINNYA  Ultimatum ke Pengusaha Minyak Goreng, Kapolres Batanghari: Jika Ada Penimbunan Kita Tindak Tegas

Sementara itu, penunaian dan penyaluran zakat fitrah dianjurkan melalui Badan Amil atau Unit Pengumpul Zakat pada masjid dan musholla dalam wilayah Desa atau Kelurahan masing-masing.

“Penyaluran zakat fitrah ini juga mengacu pada hasil muzakarah Ulama IV Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Batanghari tahun 2019 tentang pembagian zakat fitrah per ashnaf,” tutupnya.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Al Haris Akan Bantu Pemkab Tanjung Jabung Barat Tangani Permasalahan Listrik

17 Mei 2022 - 21:28 WIB

Sekda Sempat Bertanya Tentang Kegiatan di 2021, Fadhil Arief: Saya Yakin Hutang Lunas dan Jalan Tetap Dibangun

17 Mei 2022 - 19:07 WIB

Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam

16 Mei 2022 - 21:23 WIB

Komisi IV DPRD Provinsi Cek Pembangunan Gedung SMA Negeri 12 Kota Jambi

16 Mei 2022 - 17:14 WIB

Fadhil Arief Sebut Orang Yang Kritik dan Protes Berarti Sudah Cerdas

16 Mei 2022 - 12:08 WIB

Mengalami Rugi Jual Duku, Fadhil Arief Masih Tetap Ketawa Lebar

15 Mei 2022 - 19:11 WIB

Trending di Kabar Terbaru