Menu

Mode Gelap
Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam Wagub Sani Hadiri Halal bi Halal Serta Pelantikan Fatayat NU se Jambi Anggaran Pemilu 2024 Rp 76 T Mendapat Kritikan Dari PAN Fadhil Arief Sebut Orang Yang Kritik dan Protes Berarti Sudah Cerdas Bupati Masnah Busro Apresiasi Juara III Tim PBM Desa Pulau Karo

Kabar Terbaru · 18 Mar 2022 09:09 WIB

Ini Kata Fadhil Arief Tentang Pendidikan SAD


 Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja ke Jambi untuk meresmikan community center bagi warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Batanghari atau Suku Anak Dalam Sungai Terab Perbesar

Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja ke Jambi untuk meresmikan community center bagi warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Batanghari atau Suku Anak Dalam Sungai Terab

Kabarjambikito.com – Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief mengaku kesulitan memberikan akses pendidikan, terutama mendapatkan tenaga pengajar bagi suku anak dalam (SAD) atau yang biasa dikenal dengan orang rimba.

Hal ini disampaikan Fadhil saat mendampingi peresmian community center bersama dengan Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Risma di SAD Sungai Terap, Batanghari, Jambi, Rabu (16/3/2022).

“Kami terhambat susah dengan guru yang mau mengajar di wilayah SAD yang jauh dari tempat pemukiman,” kata dia.

1. Anak SAD bisa jadi guru buat sesamanya

Dia menjelaskan bahwa sebagian dari anak yang dibina Komunitas Konservasi Indonesia Warsi (KKI-Warsi) sudah layak menjadi guru untuk sesamanya.

BACA LAINNYA  Polres Muaro Jambi Siapkan Personil Untuk Amankan Pilkades Serentak

“Mungkin nanti tinggal ditambah kompetensinya sedikit yang nanti kita akan diminta Pemkab Batanghari yang nanti bisa mengajar sanak saudara kita menyesuaikan dengan waktu sanak saudara kita,” kata Fadhil.

2. Anak-anak SAD bisa belajar sampai malam

Dari laporan yang diberikan WARSI, anak-anak di SAD kadang bisa belajar sampai malam hari karena saat siang atau hari masih terang anak-anak pergi ke kebun.

“Ini adaptasi yang perlu dilakukan oleh tenaga-tenaga yang ada di Kabupaten Batanghari sehingga pelayanan berjalan maksimal,” kata dia.

BACA LAINNYA  Fadhil Arief Minta ASN Jangan Menunggu Perintah Baru Bekerja

3. Puji formula yang dilakukan oleh menteri sosial

Fadhil Arief memuju formula yang Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dalam upaya mengejar ketertinggalan SAD di Jambi. Dia menjelaskan telah banyak hal yang dilakukan pemerintah daerah namun belum semuanya tepat untuk memanjukkan, membuat terampil, cerdas dan menyehatkan masyarakat SAD.

“Kali ini, kita mencoba formula yang dilakukan Bu Menteri, mudah-mudahan bisa mengakselerasi peningkatan kesejahteraan dari sanak saudara kita di sini,” ujarnya

BACA LAINNYA  Ini Resep Ampuh Dari Kapus Sungai Rengas, Agar Masyarakat Mau di Vaksin

4. Sudah ada 308 jiwa SAD Sungai Terap yang tercatat

Dia berterima kasih atas peresmian community center untuk SAD dan pemberian fasilitas sanitasi yang dilakunan kementerian sosial dan stakeholder lainnya

Fadhil menjelaskan di wilayah Sungai Terap sudah tercatat ada 101 KK SAD dengan 308 jiwa yang sudah terekam dalam KTP-el dan KK.

“Jadi di Batanghari saat ini dengan total 3.700 SAD yang terdata menurut versi Pemkab Batanghari baru 749 KK yang sudah melakukan perekaman KTP-el,” ujarnya.

Sumber: idntimes.com

Artikel ini telah dibaca 54 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam

16 Mei 2022 - 21:23 WIB

Fadhil Arief Sebut Orang Yang Kritik dan Protes Berarti Sudah Cerdas

16 Mei 2022 - 12:08 WIB

Mengalami Rugi Jual Duku, Fadhil Arief Masih Tetap Ketawa Lebar

15 Mei 2022 - 19:11 WIB

Tidak Penuhi Kewajiban, Warga Tutup Akses Jalan Yang Dilewati PT Integra

15 Mei 2022 - 13:53 WIB

Bupati Masnah Busro Resmikan Jembatan Gantung Putri Ponjen

15 Mei 2022 - 07:32 WIB

Fadhil Arief: Saya Yakin Nurani dan Do’a Masyarakat Kepingin Batanghari Jadi Daerah Lebih Maju

14 Mei 2022 - 07:33 WIB

Trending di Kabar Terbaru