Kapolda Jambi Hadiri Pemakaman Praka Anumerta Tuppal Halomoan Barasa Diduga Oknum TNI Bekingi Perusahaan, Brigjen Junior Tumilaar Marah Besar: Jalan Takut Kita Lawan Centul City Dapat Untung Besar, Pedagang Sebut NasDem Membawa Berkah Fasha Instruksikan Kader Nasdem Batanghari Dukung Pemerintahan Fadhil – Bakhtiar Oknum Polda Jambi Ditahan Jaksa

Home / Peristiwa / Provinsi Jambi

Selasa, 14 September 2021 - 18:40 WIB

Jadi Sorotan, Pemrov Jambi dan Kabupaten Harus Serius Tangani Batubara di Jambi

Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Jambi.

Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Jambi.

Kabarjambikito.com — Seperti tak kunjung usai sejak tahun 2004 permasalahan eksplorasi dan eksploitasi tambang batubara memang banyak bermasalah Ternyata banyak Izin Usaha Pertambangan (IUP) bodong pada masa itu.

Namun, menurut Panglima Adri, SH, MH pada saat ini ada berapa perusahaan tambang batubara yang masih bisa beroperasi.

Hal tersebut mendapatkan sorotan tajam dari Adri yang juga Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Jambi.

Dikatakan Abdri, Pemerintah Kabupaten dan Provinsi Jambi Harus benar-benar serius menangani permasalahan batu bara di Jambi.

” Ini permasalahan klasik dari tahun 2004 lalu, seberapa besar kontribusi perusahaan tambang batubara untuk PAD, jalan rusak. Disisi lain dampak lingkungan dan apa bentuk CSR dari perusahan tambang batu bara tersebut ” Ungkap Panglima Adri, Selasa (14/09/2021).

BACA LAINNYA  Didemo BEM se-Indonesia, Ketua KPK Firli Bahuri Terbang ke Jambi

Disamping itu aksi ugal-ugalan para pengemudi truck batu bara dan insiden kecelakaan hingga plat nomor kendaraan armada batu bara yang bukan plat Jambi turut di sorot oleh mata tajam panglima.

“Kita ini dihadapkan dengan para sopir yang juga saudara-saudara kita yang mencari makan, namun disisi lain juga kita temukan dilapangan di sepanjang jalan, batubara sering membuat terjadi macet di sana sini dan tidak ada lagi ruang bagi masyarakat” bebernya.

Dengan nada lantang Adri kembali mempertanyakan apa yang di dapat oleh provinsi Jambi? .

BACA LAINNYA  Penampakan Dua Ekor Harimau Membuat Warga Muaro Jambi Getar-Getir

” Dana bagi hasil itu tidak sebanding dengan sumber daya alam kita tentang tambang batu bara,kita yang punya sumber daya alam ini tapi merugikan kita, hampir semuanya pengusaha tambang batu bara ini berdomisili di Jakarta ” Imbuh Panglima Adri

Solusi juga tercetus dari sang panglima yang kritis dimana, Adri mengatakan batubara harus memiliki jalur khusus agar tidak menganggu mobilitas pengguna jalan umum.

” Kalau bisa seperti yang rencana dulu jalan khusus apakah itu melalui sungai atau melalui jalur kereta api yang sesuai dengan yang diinginkan pak gubernur Jambi jalur kereta api, Kita sangat senang sekali ” Kata pengacara kondang di Jambi itu.

BACA LAINNYA  Nongki di Cafe, Maulana Hadiri Temu Kangen Purna Tugas Kesehatan Jambi

Dirinya juga menyebutkan kritisi tajam ini bukan berarti Anti Pemerintah, namun ini hanya sebuah masukan dari masyarakat Jambi untuk kebaikan bersama.

” Bukan anti pemerintah ataupun melarang saudara-saudara kita untuk mencari makan tapi ini harus di atur untuk kepentingan bersama, agar tidak ada masyarakat Jambi yang di rugikan ” Terangnya.

Kendati itu Panglima Adri diketahui sedang berkonsolidasi dengan Stakeholder terkait untuk mengambil langkah tegas terkait hal ini.

” Saya masih berkonsolidasi mengambil langkah-langkah untuk menentukan langkah apa yang kita ambil, apakah kita harus mendatangi pemerintah daerah kita lihat aja nanti perkembangannya ” pungkasnya. (Ade)

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Unjuk Rasa Soal IUP Dan Titik Koordinat, PT MFR Angkat Bicara

Kabar Daerah

Warga Tungkal Dihebohkan Penemuan Sosok Mayat Dengan Kondisi Membusuk

Provinsi Jambi

Lantik 91 Pejabat Fungsional, Sekda Sudirman Minta Pejabat Aktif Berinovasi

Merangin

Naas… Warga Ini Meninggal Setelah di Terkam Harimau

Peristiwa

Fasilitas Listrik WFC Dicuri, Wabup Tinjau ke Lokasi

Provinsi Jambi

Al Haris: Pengawasan Keselamatan Kerja Harus Ditingkatkan

Provinsi Jambi

Sekda Sudirman Minta ASN Lebih Meningkatkan Displin

Muaro Jambi

11 Ekor Bauaya Dievakuasi dari Tempat Penangkaran Tak Terawat