LIVE TV
Viral !! Video Petani Ngamuk sampai Merusak Tanaman Cabai di Kebun Terkait Kontrak PetroChina, Bupati: Kita Sepakat Untuk Kaji Ulang Gubernur Al Haris Tekankan Sat Pol PP Layani Masyarakat Secara Baik Pendemi Covid-19, Camat Muara Bulian Ajak Warga Semangat Pasang Bendera Wawako Maulana: APRI Rumah Besar Penghulu Untuk Melayani Umat Kota Jambi

Home / Tanjabbar

Kamis, 10 Juni 2021 - 16:44 WIB

Jaksa Ajak Siswa Melek Hukum Sejak Dini

Kabarjambikito.com – Jaksa masuk sekolah salah satu upaya mengajak siswa melek hukum sejak dini. Kegiatan berlangsung di SDN 009/ Pelabuhan Dagang ini di hadiri langsung tim kejaksaan kabupaten Tanjab Barat dan Dinas Pendidikan dan kebudaya Tanjab Barat.

Mengedepankan protokol kesehatan tim kejaksaan kabupaten Tanjab Barat bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan gelar kegiatan Jaksa masuk sekolah, sebanyak 31 orang peserta terdiri dari siswa SD dan SMP dalam wilayah kecamatan Tungkal ulu hadir pada kegiatan ini, Kamis (10/6/2021).

Kegiatan ini dihadiri Langsung tim kejaksaan Tanjab Barat yakni Kasi Intel Arnold S. Hutagalung beserta tim, Sekretaris Dinas Pendidikan dan kebudaya Zainul Abidin SE, ME dan Kabid Dikdas Drs Triyono.

Kajari Tanjab Barat, melalui kasi Intel kejaksaan Arnold S Hutagalung mengatakan, kegiatan ini merupakan penjelasan singkat tentang teori hukum termasuk hal hal yang berkaitan dengan perlindungan anak.

“Jaksa masuk sekolah ini merupakan salah satu upaya pembelajaran singkat tentang hukum kepada siswa, ” katanya.

Baca Juga   Gubernur Jambi Al Haris Dorong Perbaikan Gedung Baru RSUD Raden Mattaher

Dia juga menjelaskan, penjelasan singkat tentang teori hukum. Diantaranya, peraturan dan undang undang tentang anak UU nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan UU nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan terhadap anak.

” Hal hal terkait hak anak, kewajiban dan tanggung jawab orang tua terhadap anak, contoh contoh terkait kekerasan terhadap anak, hukum perlindungan anak, bullying/penindasan/perundungan yang bisa dilakukan secara langsung ataupun melalui elektronik, ” jelasnya.

Lebih lanjut, perlindungan terhadap korban korban KDRT serta menyampaikan pada siswa tentang prosedur laporan tindak pidana.

” Kita juga menyampaikan tentang pengertian narkoba, jenis narkoba, serta faktor yang mempengaruhi baik itu secara individu maupun lingkungan, yang dalam hal ini memerlukan peran remaja, orang tua, masyarakat dan pemerintah, ” terangnya.

Kegiatan Jaksa masuk sekolah ini juga mengingatkan pada siswa tentang kesadaran pengendara kendaraan bermotor.

Baca Juga   Bupati Tanjabbar Anwar Sadat: RPJMD Selesaikan Secara Berkualitas Menuju Tanabbar Berkah

” Tentang pentingnya penggunaan helm standar, hindari pengendara yang tidak sesuai aturan, no drive under 17 tahun, serta utamakan keselamatan di jalan, ” tutupnya.

Terpisah kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Tanjab Barat, Martunis M Yusuf, S. Pd, M. Pd melalui Kabid Dikdas Drs Triyono mengatakan. Pihak dinas sangat mendukung penuh kegiatan jaksa masuk sekolah.

” Kita sangat mendukung kegiatan ini, dan berterimakasih pada pihak kejaksaan yang telah memberikan pemahaman hukum pada generasi muda terutama para pelajar di sekolah dasar, ” sebutnya.

Ia juga menambahkan, dengan adanya sosialisasi hukum melalui jaksa masuk sekolah ini tentunya akan berdampak positif terhadap generasi mendatang.

” Kegiatan ini juga memberikan pemahaman kepada generasi muda supaya tidak terjerumus dengan pergaulan yang bersifat negatif, yang tentunya dapat berdampak tidak baik pada generasi penerus bangsa. “pungkasnya.

(Sul)

Share :

Baca Juga

Tanjabbar

Belasan Warga Positif Covid, Kantor Desa Jati Emas Lockdown

Tanjabbar

Bupati Tanjabbar Buka Forum Konsultasi Publik dan Rancangan Awal RPJMD

Tanjabbar

Bupati Tanjabbar Janjikan Reward Puluhan Juga Untuk Qori dan Qori’ah Berprestasi

Tanjabbar

Pemkab Tanjabbar dan PLN Sepakat Listrik Menyala di 19 Desa Sebelum Ramadhan

Tanjabbar

Polres Tanjabbar Terima Penghargaan Dari TRCPPA

Tanjabbar

16 Pelaku Usaha Nelayan Tanjabbar Dapat Bantuan Dana

Tanjabbar

Bupati Tanjabbar Koordinasi PT PGN, Terkait Pembangunan Jaringan Gas Rumah Tangga

Tanjabbar

Ruas Jalan Kualatungkal Rusak, LSM Kritisi Kinerja Dinas Terkait