Menu

Mode Gelap
Irwasum Komjen Pol Agung Maryono Gowes ke Candi Muaro Jambi Atlet Jambi Raih 14 Medali di Sea Games Vietnam Kapolri Perintahkan Berantas Perjudian, Kapolres Hasan Bilang Gini Bersama Al Haris, Kapolda Jambi Sambut Kedatangan Irwarsum Komjen Pol Agung Budi Maryoto Awas!! Plafont Gedung Dinas Pendidikan di Batanghari Banyak Yang Ambruk

Pendidikan · 4 Nov 2021 15:46 WIB

JMSI Lahat Jadi Pemateri Kegiatan Pelatihan Jurnalistik di Emirates Islamic School


 JMSI Lahat Jadi Pemateri Kegiatan Pelatihan Jurnalistik di Emirates Islamic School Perbesar

JMSI – Pengurus Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Pengcab Lahat, menjadi pemateri kegiatan Pelatihan Jurnalistik di Sekolah Emirates Islamic School Kabupaten Lahat.

Kegiatan dengan tema “Be A Good Jurnalist Make A Better Future” dilaksanakan Kamis (04/11/2021) bertempat di aula Sekolah Emirates Islamic School.

Pelatihan jurnalistik yang dihadiri ratusan siswa-siswi itu berjalan santai dan tertib mengikuti materi yang disampaikan narasumber.

Bertindak sebagai pemateri teknik pembuatan berita, Ketua JMSI Lahat, Robiansyah.

Sementara pemateri Teknik Wawancara diberikan Darmawan selaku Sekretaris JMSI Kabupaten Lahat.

Usai memberikan materi secara umum, peserta pelatihan langsung menerapkan hasil materi yang didapat melalui praktek langsung, berupa tata cara pembuatan berita serta teknik wawancara kepada narasumber secara langsung.

BACA LAINNYA  Tingkatkan Mutu & Kualitas, Al Haris Segera Reformasi dan Revitalisasi SMA Titian Teras

Ketua Yayasan Bina Insani Marwan Ardiansyah SE,. M.Si, menjelaskan, pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan merupakan bentuk sinergi Sekolah Emirates Islamic School Kabupaten Lahat dengan JMSI Pengcab Lahat. Tujuannya adalah, agar siswa-siswi memahami profesi wartawan serta diharapkan setidaknya siswa dan siswi juga mengerti tata cara maupun aturan cara teknik membuat berita dan teknik wawancara.

“Atas nama sekolah Emirates Islamic School Kabupaten Lahat, mengucapkan terima kasih atas materi yang telah disampaikan oleh pengurus JMSI Kabupaten Lahat. Kita berharap setelah selesai pelatihan jurnalistik, anak-anak memahami dan tahu apa itu kegiatan jurnalistik yang dilakukan wartawan.

BACA LAINNYA  Hamdy Putra Sulung Wawako Maulana Berhasil Lolos di Kampus Bisnis Paling Bergengsi di Asia

“Tentunya dari sini anak-anak juga memahami mana berita yang baik dan berita yang tidak baik,” terang Marwan.

Dirinya pun menyampaikan terima kasih kepada dewan guru maupun siswa yang telah serius mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik hari ini.

“Saya melihat antusias yang luar biasa dari siswa-siswi kita yang ikut kegiatan pelatihan. Semoga apa yang didapat bermanfaat kedepannya,” ujarnya.

Sementara, Robiansyah Ketua JMSI Lahat mengucapkan terima kasih kepada Sekolah Emirates Islamic School Lahat yang mempercayakan kepada JMSI Lahat sebagai pemateri dalam kegiatan pelatihan jurnalistik.

“Sejauh ini saya melihat ada potensi yang cukup besar di Emirates Islamic School, keingintahuan siswa-siswi terhadap jurnalistik cukup sangat antusias. Dari awal materi hingga selesai kegiatan semua berjalan aman dan lancar,”ungkap Robiansyah.

BACA LAINNYA  Adakan HUT LPKNI, Yang Keluar Rekomendasi Izin Kegiatan Lomba Senam

Masih kata Robi, pemahaman dan pengetahuan terhadap jurnalistik maupun dunia kewartawanan sangat baik diketahui anak sejak dini. Adapun tujuannya, dituturkan Robi, agar siswa memahami mana berita berkualitas baik sehingga bisa menghindarkan siswa-siswi sekolah pada perbuatan menyebarkan berita bohong alias hoax.

“Kegiatan ini adalah kegiatan positif, selain anak memahami dasar membuat berita dengan berpedoman pada rumus berita 5W+1H, tentunya anak-anak bisa membedakan berita yang bisa dipertanggung jawabkan, sehingga terhindar dari kegiatan ikut-ikutan menyebar berita bohong yang marak di media sosial,” tutupnya.* JMSI

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Awas!! Plafont Gedung Dinas Pendidikan di Batanghari Banyak Yang Ambruk

23 Mei 2022 - 15:46 WIB

Komisi IV DPRD Provinsi Cek Pembangunan Gedung SMA Negeri 12 Kota Jambi

16 Mei 2022 - 17:14 WIB

Al Haris Tegaskan, Pemrov Fokus Tingkatkan Kualitas Pendidikan

13 Mei 2022 - 20:27 WIB

Sani Tegaskan Komitmen Pemerintah Beri Layanan Adminduk Bagi Disabilitas

15 April 2022 - 03:07 WIB

Kadis Pendidikan Provinsi Jambi Senin Hari Ini Gaji Gruru Honorer Akan Cair

4 April 2022 - 07:27 WIB

Acara Perpisahan, Kepsek SMAN 7 Batanghati Minta Siswa Jaga Ahlak Ditengah Masyarakat dan Orang Tua

1 April 2022 - 19:38 WIB

Trending di Pendidikan