Menu

Mode Gelap
Al Haris Apresiasi Upaya Muhamadiyah Tingkatkan SDM Jambi Kebakaran Dzulhijah Muara Bulian, Santri Harus Kehilangan Tempat Tinggal Saat Fadhil Arief Pidato, Tiga Oknum Camat Ini Asyik Ngobrol Jamaah Haji Asal Sarolangun Persiapkan Diri Sebelum Wukuf di Arafah Tuntut Kenaikan Gaji, Anggota BPD Se-Sarolangun Gelar Unjukrasa

Kabar Daerah · 28 Nov 2021 23:19 WIB

Juara 1 Perlombaan Seloko Meminang, Ada Hasan Dibalik Tiga Pemuda Ini


 Tiga Datuk Muda bersama Hasan Sebelum Acara Seloko Meminang Perbesar

Tiga Datuk Muda bersama Hasan Sebelum Acara Seloko Meminang

Kabarjambikito.com – Beragam jenis kegiatan yang dipertunjukkan oleh para peserta di acara Festival Ngneng Budayo Rambutan Masam, Kecamatan Muara Tembesi, Batanghari. kegiatan Ngneng Budayo ini untuk membangkitkan kembali budaya-budaya lama kepada generasi penerus kita.

Apapun Ngneng Budayo ini lebih fokus kepada anak-anak muda agar mereka tua dan faham budaya atau adat istiadat di Desa Rambutan Masam.

Seperti Seloko Meminang, yang mana seloko” yang terdapat dalam tradisi upacara pernikahan masyarakat Jambi sebagai bentuk pelestarian unsur budaya lokal Jambi khususnya.

BACA LAINNYA  Fadhil Terpilih Ketua Umun Asprov PSSI Jambi 2021-2025

Bicara Seloko Meminang yang ditampilkan oleh tiga anak muda, yakni, Sandy Maulana putra sulung Syahreddy, Thorik putra Suhaili, dan Rama putra Zulkifli sangat menjadi perhatian para dewan juri dan para tamu undangan.

Karena ketiga anak muda yang di didik oleh Hasan itu dianggap suskes menampilkan di acara Festival Ngneng Budayo Rambutan. Karena, walaupun hanya berlatih hanya satu bulan, tetapi penampilan tiga anak muda ini cukup mencuri perhatian warga Desa Rambutan Masam. Hal ini terbukti, atas kerjasama yang baik, mereka keluar sebagai juara pertama pada perlombaan itu.

BACA LAINNYA  Masuk Jurang Karena Mengantuk, Sopir Mobil Truk Terjepit

” Alhamdulillah… berkat kesungguhan mereka belajar, mereka bisa meraih juara 1. Selain menghafal teks yang saya berikan, juga kita ajarkan cara duduk, cara mengangkat minang. Karena semua semua tidak pada saat seloko memiliki arti dalam bahasa adat,” jelas Hasan, Ahad (28/11/2021).

BACA LAINNYA  Hadiri MTQ Ke 50 Tingkat Provinsi, Bupati Tanjabbar : Membumikan Ajaran Al-Qur'an

Lebih jauh Hasan mengatakan, dengan adanya Festival Ngneng Budayo ini, tidak hanya sekedar perlombaan. Namun lebih dari itu untuk di masa akan datang.

” Kita berharap anak-anak muda tetap semangat untuk belajar seloko lebih dalam lagi. Karena kalau mereka sudah piawai, nanti pada acara meminang akan di suruh mereka untuk tampil di tengah masyarakat. Dan kita juga akan terus membimbing mereka, ” sebut Hasan.

Artikel ini telah dibaca 191 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Hari Puncak Adat Melayu, Al Haris: Semoga Adat Jambi Makin Banyak Dikenal

2 Juli 2022 - 14:46 WIB

Meskipun Umurnya 300 Tahun, Rumah Tuo di Jangkat Masih Kokoh

25 Juni 2022 - 18:46 WIB

Patut Berbangga, Bakar Jaudah di Festival Pariwisata Jangkat Jambi Masuk Rekor Dunia

25 Juni 2022 - 14:16 WIB

Irwasum Komjen Pol Agung Maryoto Gowes ke Candi Muaro Jambi

24 Mei 2022 - 10:45 WIB

Berbagai Daerah Kunjungi Objek Wisata Jambi Faradise

5 Mei 2022 - 16:43 WIB

Jokowi Sebut Batik Batanghari Elegan, Zulva Fadhil: Kita Promosikan UMKM ke Tingkat Nasional

23 Maret 2022 - 17:25 WIB

Trending di Kabar Terbaru