Firli Bahuri Rangkul Pers, Wujudkan Tujuan Indonesia JMSI Silaturahmi ke HIPMI Bahas HUT JMSI Ke2 di Kendari SulTeng Kepala SKK Migas Tinjau Sumur Eksplorasi Manpatu-1X Iin Kurniasih Ajak Pemerintah dan Masyarakat Promosikan Senam Rentak Kudo Sekda Provinsi Jambi Harapkan BI Turut Bantu Pulihkan Masyarakat

Home / Kabar Daerah / Wisata Budaya

Minggu, 28 November 2021 - 23:19 WIB

Juara 1 Perlombaan Seloko Meminang, Ada Hasan Dibalik Tiga Pemuda Ini

Tiga Datuk Muda bersama Hasan Sebelum Acara Seloko Meminang

Tiga Datuk Muda bersama Hasan Sebelum Acara Seloko Meminang

Kabarjambikito.com – Beragam jenis kegiatan yang dipertunjukkan oleh para peserta di acara Festival Ngneng Budayo Rambutan Masam, Kecamatan Muara Tembesi, Batanghari. kegiatan Ngneng Budayo ini untuk membangkitkan kembali budaya-budaya lama kepada generasi penerus kita.

Apapun Ngneng Budayo ini lebih fokus kepada anak-anak muda agar mereka tua dan faham budaya atau adat istiadat di Desa Rambutan Masam.

Seperti Seloko Meminang, yang mana selokoā€¯ yang terdapat dalam tradisi upacara pernikahan masyarakat Jambi sebagai bentuk pelestarian unsur budaya lokal Jambi khususnya.

BACA LAINNYA  Usai Dari Gudang Pinang, Mentan: Ini Menjadi Perhatian Presiden dan Dapat Respon Cepat

Bicara Seloko Meminang yang ditampilkan oleh tiga anak muda, yakni, Sandy Maulana putra sulung Syahreddy, Thorik putra Suhaili, dan Rama putra Zulkifli sangat menjadi perhatian para dewan juri dan para tamu undangan.

Karena ketiga anak muda yang di didik oleh Hasan itu dianggap suskes menampilkan di acara Festival Ngneng Budayo Rambutan. Karena, walaupun hanya berlatih hanya satu bulan, tetapi penampilan tiga anak muda ini cukup mencuri perhatian warga Desa Rambutan Masam. Hal ini terbukti, atas kerjasama yang baik, mereka keluar sebagai juara pertama pada perlombaan itu.

BACA LAINNYA  Mursyid Sonsang: Guru Bukan Hanya Mengajar Ilmu Pengetahuan, Tapi Membuat Siswa Berahlak Mulia

” Alhamdulillah… berkat kesungguhan mereka belajar, mereka bisa meraih juara 1. Selain menghafal teks yang saya berikan, juga kita ajarkan cara duduk, cara mengangkat minang. Karena semua semua tidak pada saat seloko memiliki arti dalam bahasa adat,” jelas Hasan, Ahad (28/11/2021).

BACA LAINNYA  Dirgahayu TNI ke 76, Bupati Masnah Potong Tumpeng

Lebih jauh Hasan mengatakan, dengan adanya Festival Ngneng Budayo ini, tidak hanya sekedar perlombaan. Namun lebih dari itu untuk di masa akan datang.

” Kita berharap anak-anak muda tetap semangat untuk belajar seloko lebih dalam lagi. Karena kalau mereka sudah piawai, nanti pada acara meminang akan di suruh mereka untuk tampil di tengah masyarakat. Dan kita juga akan terus membimbing mereka, ” sebut Hasan.

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Fadhil Terpilih Ketua Umun Asprov PSSI Jambi 2021-2025

Kabar Daerah

Pemuda Pancasila Provinsi Jambi Rayakan HUT Ke 62 Bersama Anak Yatim

Ekonomi

Maulana Cek Ketahanan Pangan Jelang Tahun Baru 2022, Cabe Makin Pedas

Bungo

Hampir 10 Tahun Warga Bungo Keluhkan Jalan Rusak Parah

Kabar Daerah

Gubernur Al Haris Sambut Mentri PMK Dalam Kunker di Jambi

Batanghari

KKKS Jindi South Jambi B Co., Ltd Beri Bantuan Dana CSR Kepada Siswa Berprestasi di Batanghari

Batanghari

Lakalantas Jupiter Z1 VS Grandmax, Warga Batanghari Meninggal Ditempat

Batanghari

Wabup Bakhtiar Minta Pejabat Dilantik Harus Kerja Untuk Batanghari Tangguh