LIVE TV
Ditjenpas Gagalkan Peredaran 1.129 Ton Sabu Jaringan Internasional “Kerja, Kerja, Kerja.. Kita dikejar Waktu” Musri Nauli Kolaborasi Para Mitra Dorong 1.015 Petani Swadaya di Jambi  Kembangkan Model Pertanian Sawit Berkelanjutan  AKBP Ardiyanto ke Polda Jambi, Polres Muaro Jambi Dipimpin AKBP Yuyan Priatmaja Ratusan Siswa SMAN 1 Tanjabbar Laksanakan UKK Secara Shif

Home / Ekonomi / Provinsi Jambi

Selasa, 1 Juni 2021 - 15:31 WIB

Kabar Gembira, Harga Getah Karet Batanghari Bakal Naik Lagi

Ilustri warga menderes karet

Ilustri warga menderes karet

Kabarjambikito.com – Kabar gembira bagi petani karet. Pasalnya harga getah karet ditingkat petani di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi naik dari Rp11.300 per kilogram jadi Rp12.250. Kenaikannya cukup baik, menjelang medio tahun ini.

Kepala Pasar Lelang Karet Desa Penerokan, Kabupaten Batanghari Bilal di Batanghari menjelaskan dalam satu bulan terakhir harga getah karet di Pasar Lelang Karet tersebut berkisar antara Rp11.800 hingga Rp12.500 per kilogram.

“Harga getah karet tersebut berfluktuasi di rentang harga tersebut,” ujarnya seperti dilansir Antara, Selasa (1/6/2021).

Baca Juga   Musri Nauli : Soal Putusan MK, Kita Yakin Pilihan Rakyat, Tak Mudah "Curi" Suara Rakyat

Kenaikan harga karet tersebut terjadi sebelum hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Sebelum hari raya Idul Fitri harga getah karet tersebut per kilogramnya yakni Rp11.300.

“Harga getah karet di Pasar Lelang Karet juga ditentukan oleh kualitas getah karet yang di sadap petani, jika kualitasnya baik tentu harganya tinggi,” kata Bilal.

Kualitas getah karet cukup mempengaruhi harga jual getah karet. Dimana rentang harga kualitas getah karet yang baik dan tidak baik tersebut bisa mencapai Rp900 hingga Rp1.000 per kilogram nya.

Baca Juga   Rumah Wartawan TVRI Jambi Diobok-obok Maling

Namun secara kualitas getah karet yang di sadap petani di daerah itu alami penurunan. Hal itu dikarenakan sebagian besar petani karet di daerah itu menggunakan bahan kimia untuk merangsang getah karet agar hasilnya lebih banyak.

Sementara bahan kimia tersebut mempengaruhi kadar kering karet (K3). Sementara K3 tersebut sangat mempengaruhi harga jual getah karet karena kualitas getah karet tersebut di ukur melalui K3 tersebut.

Baca Juga   Sanusi Coreng Nama KPU, Subhan: Tunggu Keputusan DKPP

Penggunaan bahan kimia oleh petani terhadap pohon getah karet tersebut dikarenakan produksi getah yang menurun karena usia pohon karet yang sudah tua.

“Petani getah karet di Desa Penerokan ini berharap ada campur tangan pemerintah untuk melakukan peremajaan perkebunan karet, jika tidak maka akan banyak petani yang melakukan alih fungsi lahan dari perkebunan karet menjadi perkebunan kelapa sawit,” kata Bilal.

Share :

Baca Juga

Batanghari

Desa Aro Dapat Bantuan Program Sosial dari BI, Wabup Batanghari: Jalankan Dengan Baik

Provinsi Jambi

Alex : KPU Provinsi Jambi Tak Profesional, Masyarakat Jambi Dirugikan

Politik

PSU 27 Mei, Al Haris: PSU Ajang Menguatkan Gurbernur Terpilih

Kesehatan

Banyak Peminat, Harga Jengkol di Jambi Kian Melambung

Provinsi Jambi

Polda Jambi Bakal Pasang CCTV Awasi Kegiatan Ilegal Driling, dan Cegah Adanya Suap Kepada Petugas

Provinsi Jambi

Pagi Ini Al Haris Sambangi Kediaman CE, Ajak Bersama-sama Membangun Jambi

Provinsi Jambi

Perang Melawan Corona, Pegawai Kejati dan Purna Jaksa juga di Vaksin

Ekonomi

No Arms, No Legs, No Worries