Menu

Mode Gelap
Bantu CSR, PT VAT Perbaiki Akses Jalan SMK Negeri 6 Batanghari Fadhil Terpilih Ketua Umun Asprov PSSI Jambi 2021-2025 Pasca PWN, Gubernur Al Haris: Dapat Wujudkan Rintisan Kampung Pramuka Tim UNRAS ini Akan Bertarung di Mabes Polri Mewakili Provinsi Jambi Lantik 278 Pejabat Eselon II, III, dan IV , Wagub Abdullah Sani Minta Sinergi Lintas OPD

Batanghari · 15 Nov 2021 22:48 WIB

Kapolda Cek Langsung Lapas LPKA Muara Bulian, Begini Cara Tahanan Kabur


 Kapolda Jambi Irjen A Rachmad Wibowo cek lokasi Lapas LPKA Kelas II Muara Bulian Perbesar

Kapolda Jambi Irjen A Rachmad Wibowo cek lokasi Lapas LPKA Kelas II Muara Bulian

Kabarjambikito.com – 24 Tahanan Polres Batanghari yang dititipkan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di Desa Sungai Buluh, Kecamatan Muarabulian, Kabupaten Batanghari, kabur. Data dari laporan Polres Batanghari, Jambi kejadian bermula pada Minggu 14 Nopember 2021 sekira pukul 21.30 WIB, petugas piket penjagaan memeriksa sel tahanan.

Sekitar pukul 22.00 WIB salah satu tahanan, Ledi Azwar, sebagai otak pelaku mengambil balok kayu dari kamar mandi, kemudian mencongkel salah satu besi behel jendela ruang tahanan yang dia huni sehingga besi itu patah dan lepas dari rangka teralis.

Kemudian Azwar mencoba untuk menyiasati besi itu terpasang kembali dirangka dengan mengikat menggunakan tali agar tidak diketahui petugas jaga dan mengatur siasat dengan tahanan lain agar mau melarikan diri secara bersama-sama sekitar pukul 24.00 WIB.

Satu tahanan memanggil nama salah satu petugas jaga dari arah dalam ruang sel, namun tidak ada jawaban dari petugas. Peluang itulah yang digunakan Azwar dan tahanan lainnya untuk membuka kembali besi yang tadi terikat tali.

BACA LAINNYA  Hari Sumpah Pemuda, Polres Tebo Gratiskan Pembuat SIM C Untuk Peserta Vaksinasi

Kemudian mereka keluar dari ruang tahanan melalui lobang atau celah jendela yang berhasil dia buka dan berhasil mengeluarkan badannya sehingga berpindah tempat keluar ruang tahanan atau lorong selasar.

CCTV Dimatikan

Selanjutnya yang bersangkutan diduga juga telah mematikan kamera pengintai dengan mencabut kabel dari sambungan listrik yang mengakibatkan layar monitor dan diduga Azwar berusaha mencari kunci pintu sel tahanan dan akhirnya menemukan di dalam saku baju kemeja petugas jaga atas nama Bripda Ridho yang saat itu sedang digantung di salah satu jendela ruang jaga.

Setelah berhasil menemukan kunci, Azwar kemudian membuka tiga pintu sel tahanan yang berisi total 24 orang. Atas komando dari tahanan bernama Amin seluruh tahanan akhirnya bersama-sama melarikan diri melewati pintu penjagaan yang tidak ada petugasnya, memanjat dinding bangunan setinggi 2,5 meter.

BACA LAINNYA  Kantongi Sabu, Dua Oknum Polisi Ditangkap Tim Reserse Narkoba

Mereka para tahanan itu memanjat dinding ke dua dan akhirnya memanjat dinding pagar LPKA sekira tinggi empat meter dengan menggunakan beberapa kain sarung yang diikat menjadi satu untuk sebagai tali, kemudian ke -4 orang tersebut berhasil melarikan diri ke arah perkebunan belakang atau samping kanan lapas tersebut.

Saat ini jajaran Polres Batanghari masih mengejar mereka dan salah satu tahanan, Rahmat Dwi Putra, menyerahkan diri hanya 1,5 jam setelah dia bisa kabur. Ia melapor kepada petugas jaga di pintu utama LP itu.

Sementara Kapolda Jambi Irjen A Rachmad Wibowo mengaku tahanan Polres Batanghari kabur dari lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) kelas II B Batanghari dan dugaan adanya kelalaian personil kepolisian yang bertugas menjaga tahanan.

BACA LAINNYA  Pemaparan Visi dan Misi Cakades, Warga: Program Nomor Urut 1 Banyak Menyentuh Masyarakat

Kapolda mengatakan, ada sebanyak 24 orang tahanan yang kabur dari LPKA kelas II B pada senin (15/11) sekitar pukul 04.30 WIB. Ia juga sudah perintahkan kepada anggota dan jajaran untuk memburu para tahanan yang kabur.

“Daftar nama dan foto tahanan kabur sudah kita dapatkan dan sudah kita perintahkan anggota mencari para tahanan,” jelasnya.

Albertus juga menyebutkan, sudah meninjau lokasi tahanan kabur dan sudah melakukan pemeriksaan petugas penjagaan khususnya anggota Polri.

“Kita sudah mengecek lokasi blok tahanan yang kabur dan memang agak jauh dibelakang blok lainnya dan saat ini anggota jajaran polres sedang diperiksa Propam Polda Jambi,” terangnya.***

Artikel ini telah dibaca 2.357 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bantu CSR, PT VAT Perbaiki Akses Jalan SMK Negeri 6 Batanghari

4 Desember 2021 - 23:02 WIB

Fadhil Terpilih Ketua Umun Asprov PSSI Jambi 2021-2025

4 Desember 2021 - 21:37 WIB

Pasca PWN, Gubernur Al Haris: Dapat Wujudkan Rintisan Kampung Pramuka

4 Desember 2021 - 17:52 WIB

Tim UNRAS ini Akan Bertarung di Mabes Polri Mewakili Provinsi Jambi

4 Desember 2021 - 10:52 WIB

Lantik 278 Pejabat Eselon II, III, dan IV , Wagub Abdullah Sani Minta Sinergi Lintas OPD

4 Desember 2021 - 08:07 WIB

Pasca Kaburnya Tahanan, Anggota Polres Batanghari Masih Diperiksa Bid Propam

3 Desember 2021 - 08:01 WIB

Trending di Kabar Daerah