Polisi Gelar Festival Lomba Mural Berhadiah Piala Kapolri Alhamdulillah… Hasil Panen Padi Memuaskan, Petani: Kami Kekurangan Mesin Thresher dan Pupuk Sumur Energi di Kawasan PT Reki di Batanghari Meledak, Satu Orang Alami Luka Serius Heboh !!! Warga Muaro Jambi Temukan Mayat Dalam Lobang Jenderal Kapolri Listyo Sigit: Penerapan PPKM Level 1 Hingga 4 di Jambi Menunjukkan Progres yang Baik

Home / Politik

Kamis, 9 September 2021 - 09:38 WIB

Kawula Muda di Jambi Antuasias Ikuti SKPP Dasar, Ketua Bawaslu RI Bilang Gini

Kabarjambikito.com — Membuka Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP), Ketua Bawaslu Abhan mengatakan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan bisa melahirkan kader-kader pengawas pemilu. Hal tersebut menurutnya guna membangun kesadaran pentingnya keterlibatan elemen masyarakat mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan (pilkada).

“Pelaksanaan SKPP ini akan melahirkan agen-agen pengawas pemilu yang bisa nantinya ikut serta membantu tahapan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan khususnya di Provinsi Jambi”, ujar Ketua Bawaslu RI Abhan di Kota Jambi, Kamis (9/9/2021).

Dijelaskannya, SKPP ini adalah salah satu program Bawaslu yang masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2025.

“Karena sudah menjadi prioritas nasional, maka hasil kegiatan ini harus membawa dampak yang besar kepada sistem demokrasi yang ada saat ini,” jelas mantan Ketua Bawaslu Jawa Tengah ini.

BACA LAINNYA  BPBD Batanghari Dapat Bantuan Sweb Antigen Sebanyak 175 Unit dari PT PMG

Untuk diketahui, peserta SKPP ini sebagian besar adalah kawula muda dengan kebanyakan berlatar belakang organisasi, mahasiswa dan kepemudaan yang memiliki idealisme tinggi.

“Semangat inilah yang harus Bawaslu telurkan ke generasi muda saat ini dengan tujuan generasi muda bisa lebih peka dengan demokrasi, terutama dalam hal pengawasan pemilu”, ucapnya.

Dia menambahkan, setelah mengikuti SKPP ini para peserta dapat menjadi simbol-simbol pengawas partisipatif, sehingga bisa mengajak masyarakat untuk bisa ikut melakukan pengawasan.

“Peserta SKPP ini memiliki integritas dan komitmen tinggi. Semakin banyak pengawas partisipatif akan semakin baik kualitas demokrasi. Kader SKPP akan menjadi agen-agen pengawas pemilu dan menjadi virus yang akan menyebarkan semangat mengawasi,” tuturnya.

BACA LAINNYA  Kota Jambi Pertama di Indonesia Dengan Capai Vaksinasi 77,92 persen

Secara terpisah Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi Rivai menyebut Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu memiliki tugas dan fungsi yang sangat lengkap, memiliki tugas pencegahan, pengawasan sekaligus penindakan pelanggaran baik secara administratisi maupun pidana.

“Serta penyelesaian sengketa proses dari hulu hingga hilir. Namun dalam melakukan pencegahan harus melibatkan masyarakat,” Imbuhnya kepada awak media.

Asnawi sendiri meyakinkan, hal tersebut karena sejatinya pengawas adalah masyarakat itu sendiri. “Jika semua elemen ikut melakukan pengawasan maka Demokrasi akan lebih baik. Semakin banyak mata yang mengawasi maka semakin sedikit kecurangan atau pelanggaran yang akan terjadi,” tutupnya.

BACA LAINNYA  PBB Klaim Jokowi Tolak Amendemen dan Jabatan 3 Periode

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi itu juga mengatakan SKPP tingkat dasar ini akan di laksanakan di 3 titik di Provinsi Jambi.

” Ada 3 titik, pertama di titik kabupaten Muaro Jambi yang sedang berlangsung, kedepan di Kabupaten Bungo dan terakhir akan kita laksanakan di Kota Sungai Penuh ” Sebut Asnawi

Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tingkat dasar 2021 yang di selenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) di Kota Jambi itu berlangsung lancar dan sukses.(Ade)

Share :

Baca Juga

Politik

PBB Klaim Jokowi Tolak Amendemen dan Jabatan 3 Periode

Politik

Sah, Yongli Laporkan Ketua DPRD Bungo ke DPC, DPD dan DPP Gerindra

Politik

Gerindra Akan Evaluasi Ketua DPRD Bungo, Nazli : Terimakasih Atas Perhatiannya Kepada Kader Kami

Hukrim

Pay Attention to the Warning Signs of Depression, Suicide Risk

Politik

Nasib Ketua DPRD Bungo di Tangan DPP Gerindra

Politik

Disomasi Luhut, Mardani PKS Bela Haris Azhar: Perbuatan Pejabat Tapi Tidak Sesuai Konstitusi

Politik

AHY: Sampai Hari Ini Masih Ada Upaya Merampas Partai Demokrat

Nasional

Polisi Gelar Festival Lomba Mural Berhadiah Piala Kapolri