Menu

Mode Gelap
Memasuki Masa Purna Tugas, Kajati Jambi Pererat Hubungan Dengan Awak Media Memasuki Masa Purna Tugas, Kajati Jambi Pererat Hubungan Dengan Awak Media Fadhil Arief Minta Pejabat Gali Motivasi Diri Gelontorkan Dana Ratusan Juta Untuk PKL Tugu Keris, Pedagang : Terimakasih PLN Pemerintah Siapkan Puluhan Ribu Set Top Box Gratis Untuk Warga Jambi,  Hasbi Anshory : Kita Berpihak Kepada Rakyat

Politik · 9 Sep 2021 09:38 WIB

Kawula Muda di Jambi Antuasias Ikuti SKPP Dasar, Ketua Bawaslu RI Bilang Gini


 Kawula Muda di Jambi Antuasias Ikuti SKPP Dasar, Ketua Bawaslu RI Bilang Gini Perbesar

Kabarjambikito.com — Membuka Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP), Ketua Bawaslu Abhan mengatakan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan bisa melahirkan kader-kader pengawas pemilu. Hal tersebut menurutnya guna membangun kesadaran pentingnya keterlibatan elemen masyarakat mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan (pilkada).

“Pelaksanaan SKPP ini akan melahirkan agen-agen pengawas pemilu yang bisa nantinya ikut serta membantu tahapan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan khususnya di Provinsi Jambi”, ujar Ketua Bawaslu RI Abhan di Kota Jambi, Kamis (9/9/2021).

Dijelaskannya, SKPP ini adalah salah satu program Bawaslu yang masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2025.

“Karena sudah menjadi prioritas nasional, maka hasil kegiatan ini harus membawa dampak yang besar kepada sistem demokrasi yang ada saat ini,” jelas mantan Ketua Bawaslu Jawa Tengah ini.

BACA LAINNYA  Muncul Wajah Baru di Tubuh Pengurus Pemuda Pancasila Jambi, Begini Komentar Panglima Ardi

Untuk diketahui, peserta SKPP ini sebagian besar adalah kawula muda dengan kebanyakan berlatar belakang organisasi, mahasiswa dan kepemudaan yang memiliki idealisme tinggi.

“Semangat inilah yang harus Bawaslu telurkan ke generasi muda saat ini dengan tujuan generasi muda bisa lebih peka dengan demokrasi, terutama dalam hal pengawasan pemilu”, ucapnya.

Dia menambahkan, setelah mengikuti SKPP ini para peserta dapat menjadi simbol-simbol pengawas partisipatif, sehingga bisa mengajak masyarakat untuk bisa ikut melakukan pengawasan.

“Peserta SKPP ini memiliki integritas dan komitmen tinggi. Semakin banyak pengawas partisipatif akan semakin baik kualitas demokrasi. Kader SKPP akan menjadi agen-agen pengawas pemilu dan menjadi virus yang akan menyebarkan semangat mengawasi,” tuturnya.

BACA LAINNYA  Bupati Anwar Sadat, Sambut Kunker Ketua Pengadilan Agama Provisi Jambi

Secara terpisah Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi Rivai menyebut Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu memiliki tugas dan fungsi yang sangat lengkap, memiliki tugas pencegahan, pengawasan sekaligus penindakan pelanggaran baik secara administratisi maupun pidana.

“Serta penyelesaian sengketa proses dari hulu hingga hilir. Namun dalam melakukan pencegahan harus melibatkan masyarakat,” Imbuhnya kepada awak media.

Asnawi sendiri meyakinkan, hal tersebut karena sejatinya pengawas adalah masyarakat itu sendiri. “Jika semua elemen ikut melakukan pengawasan maka Demokrasi akan lebih baik. Semakin banyak mata yang mengawasi maka semakin sedikit kecurangan atau pelanggaran yang akan terjadi,” tutupnya.

BACA LAINNYA  NasDem Siap Birukan Tanjabbar, Riano Yakin Raih Kemenangan di 2024

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi itu juga mengatakan SKPP tingkat dasar ini akan di laksanakan di 3 titik di Provinsi Jambi.

” Ada 3 titik, pertama di titik kabupaten Muaro Jambi yang sedang berlangsung, kedepan di Kabupaten Bungo dan terakhir akan kita laksanakan di Kota Sungai Penuh ” Sebut Asnawi

Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tingkat dasar 2021 yang di selenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) di Kota Jambi itu berlangsung lancar dan sukses.(Ade)

Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemerintah Siapkan Puluhan Ribu Set Top Box Gratis Untuk Warga Jambi,  Hasbi Anshory : Kita Berpihak Kepada Rakyat

27 Juni 2022 - 17:39 WIB

Prabowo-AHY Kompak Bilang Punya Kesamaan Usai Bertemu 2 Jam

24 Juni 2022 - 22:04 WIB

Surya Paloh Bertemu Sejumlah Ketua Umum Partai Politik, Pengamat Prediksi Tiga Poros Ini

23 Juni 2022 - 22:13 WIB

Pertemuan PKS-Nasdem, Syaikhu: Kita Banyak Persamaan

23 Juni 2022 - 18:05 WIB

MaulanaJadi Bintang Pada Rakernas NasDem 2022

18 Juni 2022 - 10:52 WIB

Demokrat: Biar Menteri Diganti Berulang Kali, Kalau Sibuk Kampanye Tidak Akan Membaik

17 Juni 2022 - 08:07 WIB

Trending di Nasional