Oknum Polda Jambi Ditahan Jaksa Peduli, Polsek Batin XXIV Bagikan Sembako Kepada Masyarakat Tak Mendidik, Oknum Guru Hukum Siswa Makan Sampah PetroChina Mulai Program Pengeboran di 11 Sumur Wilayah Kerja Jabung Sambut Hari Raya Imlek, Ditpolairud Polda Jambi Gelar Jumat Bersih

Home / Politik

Kamis, 9 September 2021 - 09:38 WIB

Kawula Muda di Jambi Antuasias Ikuti SKPP Dasar, Ketua Bawaslu RI Bilang Gini

Kabarjambikito.com — Membuka Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP), Ketua Bawaslu Abhan mengatakan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan bisa melahirkan kader-kader pengawas pemilu. Hal tersebut menurutnya guna membangun kesadaran pentingnya keterlibatan elemen masyarakat mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan (pilkada).

“Pelaksanaan SKPP ini akan melahirkan agen-agen pengawas pemilu yang bisa nantinya ikut serta membantu tahapan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan khususnya di Provinsi Jambi”, ujar Ketua Bawaslu RI Abhan di Kota Jambi, Kamis (9/9/2021).

Dijelaskannya, SKPP ini adalah salah satu program Bawaslu yang masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2025.

“Karena sudah menjadi prioritas nasional, maka hasil kegiatan ini harus membawa dampak yang besar kepada sistem demokrasi yang ada saat ini,” jelas mantan Ketua Bawaslu Jawa Tengah ini.

BACA LAINNYA  Kantornya Banjir, Deputi LPKNI Minta Pemerintah Provinsi Jambi Turun Tangan

Untuk diketahui, peserta SKPP ini sebagian besar adalah kawula muda dengan kebanyakan berlatar belakang organisasi, mahasiswa dan kepemudaan yang memiliki idealisme tinggi.

“Semangat inilah yang harus Bawaslu telurkan ke generasi muda saat ini dengan tujuan generasi muda bisa lebih peka dengan demokrasi, terutama dalam hal pengawasan pemilu”, ucapnya.

Dia menambahkan, setelah mengikuti SKPP ini para peserta dapat menjadi simbol-simbol pengawas partisipatif, sehingga bisa mengajak masyarakat untuk bisa ikut melakukan pengawasan.

“Peserta SKPP ini memiliki integritas dan komitmen tinggi. Semakin banyak pengawas partisipatif akan semakin baik kualitas demokrasi. Kader SKPP akan menjadi agen-agen pengawas pemilu dan menjadi virus yang akan menyebarkan semangat mengawasi,” tuturnya.

BACA LAINNYA  Jadwal Pemilu dan Pilkada 2024 Telah Diputuskan

Secara terpisah Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi Rivai menyebut Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu memiliki tugas dan fungsi yang sangat lengkap, memiliki tugas pencegahan, pengawasan sekaligus penindakan pelanggaran baik secara administratisi maupun pidana.

“Serta penyelesaian sengketa proses dari hulu hingga hilir. Namun dalam melakukan pencegahan harus melibatkan masyarakat,” Imbuhnya kepada awak media.

Asnawi sendiri meyakinkan, hal tersebut karena sejatinya pengawas adalah masyarakat itu sendiri. “Jika semua elemen ikut melakukan pengawasan maka Demokrasi akan lebih baik. Semakin banyak mata yang mengawasi maka semakin sedikit kecurangan atau pelanggaran yang akan terjadi,” tutupnya.

BACA LAINNYA  Usai Minum Obat Kuat, Warga Merangin Meninggal Dunia

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi itu juga mengatakan SKPP tingkat dasar ini akan di laksanakan di 3 titik di Provinsi Jambi.

” Ada 3 titik, pertama di titik kabupaten Muaro Jambi yang sedang berlangsung, kedepan di Kabupaten Bungo dan terakhir akan kita laksanakan di Kota Sungai Penuh ” Sebut Asnawi

Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tingkat dasar 2021 yang di selenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) di Kota Jambi itu berlangsung lancar dan sukses.(Ade)

Share :

Baca Juga

Politik

Dalih Prabowo Kembali Maju di Pilpres 2024, Gerindra: Permintaan Rakyat

Politik

Maju di Pileg 2024, Irwanto Mulai Silaturahmi Bersama Masyarakat

Politik

Demokrat: Sudahlah Bung Yusril Akui Saja Pembelaan Moeldoko Ini Demi Rupiah Bukan Demi Demokrasi

Nasional

Megawati Pimpin Dewan Pengarah BRIN, Prof Azyumardi Azra: Harusnya Dijabat Peneliti bukan Politisi

Politik

Email hingga Telpon Seluler 19 Pegawai KPK yang Akan Diberhentikan Diretas, Novel: Makin Jelas Pihak yang Terlibat!

Politik

Tanggapi Pemecatan Pegawai KPK, Buya Syafii Sebut TWK Cuma Alasan yang Dicari-cari

Nasional

Polisi Gelar Festival Lomba Mural Berhadiah Piala Kapolri

Politik

Lama Tak Muncul, Tokoh Sekaligus Mantan Wabup Batanghari Ini Gabung ke PKS