Menu

Mode Gelap
JMSI Apresiasi Inisiatif KBRI Madrid dan Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam Wagub Sani Hadiri Halal bi Halal Serta Pelantikan Fatayat NU se Jambi Komisi IV DPRD Provinsi Cek Pembangunan Gedung SMA Negeri 12 Kota Jambi Anggaran Pemilu 2024 Rp 76 T Mendapat Kritikan Dari PAN

Provinsi Jambi · 4 Feb 2022 12:05 WIB

Ketika Marwah Profesi Advokat Dijatuhkan, Kritik Tajam Para Advokat Dilayangkan Untuk Korps Adhyaksa Jambi


 Aang Budi Setia, Advokad Muda usai diwawancarai awak media di depan kantor Kejati Jambi Perbesar

Aang Budi Setia, Advokad Muda usai diwawancarai awak media di depan kantor Kejati Jambi

Kabarjambikito.com — Puluhan Advokad lakukan aksi damai di depan kantor Kejaksaan Tinggi Jambi Jum’at, (04/02/2022), Aksi Solidaritas tanpa batas ini merupakan buntut dari ditangkap dan ditahannya rekan sejawat satu profesi advokad yakni Tengku Ardiansyah oleh Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung timur beberapa hari lalu.

Aang Budi Setia, salah seorang Advokad Muda yang sempat di wawancarai menyebut ada beberapa tuntutan dalam aksi damai yang di gelar di Kajati Jambi.

Salah satu protes keras dilayangkan dalam aksi damai pagi tadi, dimana Korps Adhyaksa dinilai telah menjatuhkan Marwah profesi Advokad dan tentunya hal ini membuat banyak advokad berang.

BACA LAINNYA  Edaran Sabu-sabu di Warungnya, Pasutri Diringkus BNNP Jambi

“Menyatakan protes atas penangkapan dan penahanan Tengku Ardiansyah SH. MH yang dilakukan oleh Kajari Tanjung Jabung timur dan jajaran dengan melakukan tindakan arogansi dan kesewenang-wenangan terhadap sesama penegak hukum serta menjatuhkan Marwah profesi advokat” Ujarnya. Jum’at (04/02/2022).

Penangkapan dan ditahannya Tengku Ardiansyah dinilai ada kejanggalan betapa tidak Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Timur dan jajarannya belum pernah mengadukan tindak pidana sebagaimana yang di maksud dalam rumusan pasal 21 undang undang pidana korupsi kepada organisasi yang menaungi advokat tersebut sebagaimana berdasarkan undang-undang no.18 tahun 2003 tentang advokat serta kode etik advokat.

BACA LAINNYA  Adakan Giat Two Days Coffee, Cara Anwar Sadat Dekat Dengan Rakyat

” Kejanggalan kasus ini jelas tampak dengan Kasat mata, dikarenakan Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Timur Lebih mengedepankan Sentimen Pribadi dan Arogansi bukan mengedepankan Profesionalisme sebagai Penegak Hukum ” Imbuhnya

Tengku Ardiansyah di sangkakan melakukan tindak pidana sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 21 undang-undang tindak pidana korupsi No.20 tahun 2021, menurut Aang disini ada tanda tanya dan masalah besar, bahwa perkara pokoknya sudah di sidangkan.

” Maka sudah jelas ada Kezaliman secara kasat mata. Kami memprotes keras terhadap pasal yang disangkakan terhadap rekan sejawat advokad mengingat bahwa perkara pokok yaitu perkara no.39/PID.SOS-TPK/2021/PN.JMB telah disidangkan” bebernya.

BACA LAINNYA  Al Haris: Di Bangun Gedung Mahligai Bisa Sentuh Masyarakat Paling Bawah

Diketahui Tengku Ardiansyah di tangkap dengan tangan di borgol dan baju yang di kenakannya ditarik oleh penyidik Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Timur seperti yang telah tersebar luas seakan seperti teroris yang mengancam Negara atau koruptor yang merugikan Negara.

” Jelas bahwa advokad adalah Penegak Hukum sama seperti Jaksa, bahkan kita juga mengenal 4 pilar Penegak Hukum ‘Catur Wangsa’, yakni Hakim, Jaksa, Polisi dan Advokat. Sekali lagi kita berkerja sesuai aturan dan kode etik yang selalu melekat ke diri kita sebagai advokat” Terangnya.

(Ade)

Artikel ini telah dibaca 1.237 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pasca Idul Fitri, Kapolda Jambi Pimpin Apel Pagi

9 Mei 2022 - 11:15 WIB

Pengacara Muda Ini Minta HS, HPH dan OH Selesaikan Konflik Agar Tidak Terjadi Gesekan Dibawah

27 April 2022 - 18:07 WIB

Gelar Nuzulul Qur’an, DPW PPP Jambi Ajak Anak Muda Wariskan Kepemimpinan Masa Mendatang

19 April 2022 - 04:46 WIB

Jadwal Buka Puasa Hari Ini

16 April 2022 - 18:07 WIB

Ratusan Warga Tuntut Hak Mereka Atas Lahan Yang Diberikan Jokowi

10 April 2022 - 16:37 WIB

Jokowi Bagikan Bantuan Kepada Warga, Iriana Setia Memayungi

7 April 2022 - 20:06 WIB

Trending di Provinsi Jambi