Diduga Oknum TNI Bekingi Perusahaan, Brigjen Junior Tumilaar Marah Besar: Jalan Takut Kita Lawan Centul City Dapat Untung Besar, Pedagang Sebut NasDem Membawa Berkah Fasha Instruksikan Kader Nasdem Batanghari Dukung Pemerintahan Fadhil – Bakhtiar Oknum Polda Jambi Ditahan Jaksa Peduli, Polsek Batin XXIV Bagikan Sembako Kepada Masyarakat

Home / Bisnis / Ekonomi

Senin, 20 Desember 2021 - 21:46 WIB

KKKS MontD’Or Oil Tungkal Limited (“MOTL”) Memulai Pemboran 4 Sumur Pengembangan di Blok Tungkal, Jambi

NASIONAL – 20 Desember 2021. KKKS MontD’Or Oil Tungkal Limited. (“MOTL”), perusahaan migas asal Qatar, telah memulai kembali kampanye pengeboran sumur pengembangan dengan ditajaknya sumur MGH-47 (MGH-B1) pada tanggal 19 Desember pukul 10:30 WIB.

Sumur pengembangan MGH-47 berada di Lapangan Mengeopeh, Blok Tungkal, Propinsi Jambi. Pengeboran dilakukan menggunakan rig 750 HP Vinct-01 dengan rencana pengeboran total (Total Depth/TD) sedalam 1268 mMD pada lapisan Upper Talang Akar (UTAF) dan Lower Talang Akar (LTAF) sebagai objektif pengeboran.

Rangkaian pengeboran ini diawali dengan pemancangan _conductor_ dilanjutkan dengan pengeboran lubang 12-1/4″, pemasangan casing 9-5/8″, pengeboran lubang 8-1/2″ sampai TD, kegiatan _Openhole logging_ dan pemasangan casing 7″. Kegiatan pengeboran dilanjutkan dengan pemasangan rangkaian komplesi.

Kepala Divisi Eksplorasi SKK Migas, Surya Widyantoro, mengatakan KKKS MontD’Or selaku operator Wilayah Kerja Tungkal berencana membor 4 sumur pengembangan. “Pada Lapangan Mengeopeh akan dibor sebanyak 2 sumur pengembangan yaitu, sumur MGH-47 dan MGH-D. Kegiatan pemboran kemudian akan dilanjutkan dengan pengeboran 2 sumur lagi di Lapangan Pematang Lantih (PLT) yaitu, Sumur PLT-12 dan Sumur PLT-13.

BACA LAINNYA  Harap Cemas Tenaga Honorer, Pemerintah Bakal Hapus Tenaga Honorer

Surya menambahkan, kegiatan pengeboran pengembangan di Lapangan Mengopeh dan Pematang Latih membutuhkan waktu 25 hari operasional untuk setiap sumurnya dengan target tambahan produksi sebesar 145 BOPD per sumur. “Kegiatan pemboran keempat sumur ini ditargetkan akan dapat diselesaikan pada Mei 2022 mendatang, ” terang Surya.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, A. Rinto Pudyantoro mengatakan upaya pengeboran 4 sumur baru ini merupakan implementasi dari work, program and budget (WPnB) 2021 dalam rangka memberikan dukungan bagi peningkaran lifting migas.

“Kita mendorong semua KKKS untuk merealisasikan program yang sudah disepakati dalam WPnB untuk melakukan pemboran untuk menjaga lifting migas nasional,” kata Rinto.

BACA LAINNYA  Terkait Penyelewengan APBD dan BLUD DI RSUD Raden Mattaher, LSM 9 Jambi Minta Gubernur Teruskan ke Hukum

Lebih lanjut Rinto menambahkan bahwa sampai 10 Desember 2021, dari 444 sumur yang sudah tajak, sebanyak 342 sumur sudah onstream. “Di sisa waktu ini, SKK Migas terus melakukan koordinasi dengan KKKS untuk menyelesaikan target pemboran sumur pengembangan, karena akan memberikan kontribusi pada capaian lifting migas di tahun 2022, ujar Rinto.

“Selain itu, berbagai langkah sedang dilakukan untuk mendorong keseluruhan sumur yang sudah tajak bisa onstream secepatnya, agar memberikan entry level yang optimal memasuki tahun 2022 sebagai upaya kami agar target lifting tahun 2022 dapat dipenuhi”, pungkas Rinto.

Sebagai latarbelakang, Pemerintah Indonesia telah memberikan perpanjangan masa Kontrak Kerja Sama Gross Split Wilayah Kerja Tungkal selama 20 tahun kepada KKKS MontD’Or Oil Tungkal Ltd. pada Nopember 2018 lalu dan akan berlaku efektif pada 26 Agustus 2022 mendatang.(*)

BACA LAINNYA  Carrageenan: Sustainability From Farm to Table

TENTANG SKK MIGAS
Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) adalah institusi yang dibentuk oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi. SKK Migas bertugas melaksanakan pengelolaan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi berdasarkan Kontrak Kerja Sama. Pembentukan lembaga ini dimaksudkan supaya pengambilan sumber daya alam minyak dan gas bumi milik negara dapat memberikan manfaat dan penerimaan yang maksimal bagi negara untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

========================================================================

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi
A. Rinto Pudyantoro
Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas
Email : rinto@skkmigas.go.id
Telp : 08121077225

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Harga Karet Melonjak, Petani Karet Muaro Jambi Sumbringah

Ekonomi

Tinjau Peternakan Sapi, Bupati Anwar Sadat: Budidaya Sapi Bisa Ditiru Kelompok Lain

Bisnis

Dukung Percepatan Produksi Sumur, SKK Migas Bangun Aplikasi Monitoring Pembangunan Well Connection/ Flowline |

Batanghari

Curah Hujan Tinggi Beberapa Hari Ini, Membuat Padi Warga Batanghari Terendam

Bisnis

Technician Education Can Fuel Financial Success

Bisnis

Ketum LPKNI Minta Pemkot Jambi Tutup Renternir Berkedok Koperasi Ditengah PPKM

Ekonomi

Melalui DUMISAKE Pemprov Jambi Terus Berupaya Dorong UMKM

Ekonomi

Ketemu Menteri PUPR , Gubernur Al Haris Bahas Pembangun Ujung Jabung