LIVE TV
Komunitas Sahabat Sejati Bersama Wawako Maulana Beri Santunan 10 Ton Daging Kerbau Beku Perum Bulog Jambi, Habis di Serbu Pembeli Ratusan Warga Bersama Pengemudi Ojol di Jambi Terima Zakat Maal Bupati Tanjabbar Saksikan Secara Virtual Gema Membumi Arakan Sahur Online PT Putra Duta Indahwood Mangkir di Sidang Karhutla Jambi

Home / Provinsi Jambi

Kamis, 11 Maret 2021 - 20:55 WIB

Komitmen Cegah Karhutla, Kapolda Jambi Tinjau ke Lokasi

Kapolda Jambi Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo turun mengecek langsung lokasi

Kapolda Jambi Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo turun mengecek langsung lokasi

Kabarjambikito.comKomitmen untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saat musim kemarau ini, hingga Kamis (11/2/2021) terus dilakukan oleh tim pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan di Provinsi Jambi.

Kapolda Jambi Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo kembali turun mengecek langsung kemajuan program revitalisasi sekat kanal di wilayah Kumpeh dalam rangka mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Pasalnya, kata Kabid Humas, Kombes Pol. Mulia Prianto, wilayah langganan kebakaran ini menjadi fokus pihaknya, karena memiliki potensi dan berisiko tinggi terjadinya kembali Karhutla di tahun 2021 ini.

Baca Juga   PETI Mulai Hilang, Warga Bungo Panen Ikan: Terimakasih Pak Kapolda Jambi

Guna mengantisipasi risiko tersebut, Kapolda Jambi menggandeng berbagai pihak untuk bersama mengambil langkah taktis di wilayah PT. Pesona dan PT. PDIW, terutama dengan menyiapkan sekat kanal agar dapat berfungsi dengan baik sebagai sumber air dan menjaga sistem kelembaban gambut.

“Peninjauan kali ini, Kapolda Jambi bersama tim menjangkau titik sekat kenal KM 1 sampai KM 17 yang jalurnya amat sulit dan menantang. Beberapa kali tim mengalami kendala hingga kendaraan Land Rover yang ditumpangi oleh Kapolda Jambi pun terpaksa berhenti karena terjerembab dalam jalur yang merupakan lahan gambut”, ujarnya.

Baca Juga   Tinjau Pemasangan Sekat Kanal di Lahan Gambut, Polda Jambi Terus Operasi Cegah Illegal Logging

Menurut Kombes Pol. Mulia Prianto, perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu karet sampai KM 17 guna melihat pengerjaan sekat kanal oleh alat berat. Dari peninjauan ini Kapolda Jambi berkesimpulan bahwa risiko kebakaran disebabkan setidaknya dua faktor.

Baca Juga   Canangkan Zona Integritas WBK dan WBBM, Kapolda Jambi Ajak Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

“Yaitu masih adanya aktivititas illegal logging dan masyarakat pemancing yang beraktivitas menggunakan api baik untuk memasak maupun untuk melindungi diri”, bebernya.

Kendati demikian, Kapolda Jambi, Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo juga tetap berkeyakinan bahwa program sekat kanal, operasi illegal logging dan kesiapan water bombing menjadi langkah antisipasi yang harus dilaksanakan dengan konsisten.

“Turut mendampingi Kapolda Jambi ke lokasi yaitu, Dansat Brimob, Dir Reskrimsus dan Kapolres Muaro Jambi”, jelasnya.***

Share :

Baca Juga

Provinsi Jambi

DPRD Provinsi Jambi Sebut, Anggaran Penanganan Covid-19 Harus Jelas Peruntukannya

Provinsi Jambi

Tinjau Lahan Gambut, Kajati : Ruang Gerak Pelaku Karhutlah di Jambi Sempit

Provinsi Jambi

Diduga Salahgunakan Wewenang, Tiga Oknum Polisi Diamankan Propam Polda Jambi

Provinsi Jambi

Polda Jambi Bakal Pasang CCTV Awasi Kegiatan Ilegal Driling, dan Cegah Adanya Suap Kepada Petugas

Kesehatan

Banyak Peminat, Harga Jengkol di Jambi Kian Melambung

Provinsi Jambi

7 Personil di Test Urine Positif Narkoba, Ini kata Kabid Humas Polda Jambi

Provinsi Jambi

Doni Monardo Dianugerahi Doktor HC, Mursyid Sonsang : Sangat Pantas

Politik

Terbukti Lakukan Money Politics di PSU Jambi, Kapolda Langsung Ekspos Pelaku