LIVE TV
Viral !! Video Petani Ngamuk sampai Merusak Tanaman Cabai di Kebun Terkait Kontrak PetroChina, Bupati: Kita Sepakat Untuk Kaji Ulang Gubernur Al Haris Tekankan Sat Pol PP Layani Masyarakat Secara Baik Pendemi Covid-19, Camat Muara Bulian Ajak Warga Semangat Pasang Bendera Wawako Maulana: APRI Rumah Besar Penghulu Untuk Melayani Umat Kota Jambi

Home / Politik

Minggu, 25 April 2021 - 02:30 WIB

KPU Diduga Abaikan Perintah MK, Tetap Pertahankan PPS Lama

Kabarjambikito.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi, dinilai mengabaikan perintah Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pemilihan Suara Ulang (PSU) Pilgub Jambi. Ini terkait perintah mengganti semua Ketua PPK termasuk anggotanya dan semua Ketua PPS berikut anggotanya.

Menurut Muhammad Halik Alnemeri SH, seorang pencara Jambi, di dalam amar putusan MK soal PSU Pilgub Jambi, sudah jelas-jelas memerintahkan agar KPU mengganti KPPK termasuk anggota PPK dan KPPS dan seluruh anggota PPS.

“Baca ulang putusan MK. Di situ jelas-jelas tertulis, ‘memerintahkan kepada Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jambi untuk mengangkat Ketua dan anggota KPPS serta Ketua dan anggota PPK yang baru (bukan yanng sebelumnya) pada TPS-TPS yang dilakukan pemungutan suara ulang tersebut’. Kalau KPU ndak bisa baca, saya bacakan ulang. Kalau tidak ada salinan, saya kasih salinan MK,” ungkap Bang Alex -sapaan akrab Muhammad Halik Alnemeri SH-.

Baca Juga   Bawaslu Jambi Awasi Ketat Rekrutmen Penyelenggara Pemilu

Menurutnya, kalau KPU masih mempertahankan PPS dan PPK lama, itu artinya KPU sudah mengabaikan bahkan melanggar keputusan MK.

“Nanti gara-gara PPS ini muncul lagi masalah lama. Sudah tegas MK berusaha menghindari masalah yang lalu dengan memerintahkan KPU mengganti semua PPS/PPK lama, masih juga dipakai,” tutur Bang Alex, lagi.

“Saya bacakan lagi ya, ‘(MK) memerintahkan kepada Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jambi untuk mengangkat Ketua dan anggota KPPS serta Ketua dan anggota PPK yang baru (bukan yang sebelumnya) pada TPS-TPS yang dilakukan pemungutan suara ulang tersebut’. Pada bagian mana yang KPU tidak jelas?” tambah Alex.

Untuk diketahui, indikasi KPU melanggar dan mengabaikan putusan MK ini dari pengakuan Ketua KPU Provinsi Jambi M Subhan, yang menyebut bahwa PPS lama masih dipakai pada PSU nanti.

Baca Juga   Penampakan Buaya Besar, Polres Tanjabbar Himbau Warga Jangan Dulu Dekati Sungai

Dikatakan Subhan-Ketua KPU Provinsi Jambi, perekrutan PPK dan KPPS di tingkat Kecamatan hampir rampung semua. KPU mengganti semua anggota PPK dan KPPS sesuai arahan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Semua atas putusan MK, jadi kita ganti semua dengan anggota baru,” kata Subhan.

Untuk anggota PPS sendiri, Subhan mengatakan bahwa tidak ada pergantian selama PPS yang lama masih memenuhi syarat.

“Sementara untuk anggota PPS, kita masih pakai yang lama atau tidak ada diganti selama mereka masih memenuhi syarat. Kalau kita ganti takutnya menyalahi aturan MK dan bermasalah lagi,” ungkap Subhan, dilansir (https://pemayung.co/selain-ppk-kpu-provinsi-jambi-pergunakan-anggota-pps-lama-di-psu-pilgub-jambi/).(*)

Share :

Baca Juga

Politik

PAN Muaro Jambi Siap Mantapkan Haris-Sani Jadi Gubernur Jambi

Politik

SK Pemberhentian M Sanusi Keluar, Sah Bukan Lagi Komisioner KPU Jambi

Politik

Polisi-TNI Kawal Ketat PSU di Desa Pasar Kerman Kerinci

Politik

Minat Warga di PSU Tinggi, Ada Yang Datang Sebelum TPS Dibuka

Nasional

Datangi Kanwil Kemenkum HAM, DPD PD Sulut Tolak Hasil KLB Sumut

Politik

Moeldoko Jadi Ketua Umum Demokrat Versi KLB, Disambut Sindiran Pedas

Politik

Amankan Suara Haris-Sani di PSU, Bakri: Saksi Koalisi H-1 Menginap di TPS

Politik

Tim Centra Gakkumdu Investigasi Emak-emak Bagi Duit Jelang PSU