Menu

Mode Gelap
Al Haris: Semangat Idul Fitri Jadi Energi Baru Abdullah Sani ke Pejabat: Tugas Kita Memberikan Pelayanan Bukan Untuk Dilayani Al Haris Tegaskan, Fokus Pemberataan Pembangunan Setiap Kabupaten/ Kota Al Haris Jenguk Anak Jadi Korban Bacok Ibunya di Tebo Harga TBS dan Pupuk Tidak Sebanding, Petani Sawit Harapkan Pemerintah Bijaksana

Hukrim · 10 Okt 2021 00:06 WIB

Masyarakat Demo di Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Ini Masalahnya?


 Sejumlah masyarakat  melakukan aksi didepan Kantor Kanwil Menag Jambi Perbesar

Sejumlah masyarakat melakukan aksi didepan Kantor Kanwil Menag Jambi

Kabarjambikito.com – Sebelumnya para pejabat tinggi Eselon II telah dilantik oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di lingkungan Kementerian Agama Jakarta.

Namun sejumlah masyarakat Jambi kaget. Pasalnya kepala Kanwil Kemenag yang sudah terpilih dalam penyeleksian tidak dilantik.

Belum dilantiknya Kepala Kakanwil tersebut, sejumlah masyarakat langsung melakukan aksi didepan Kantor Kanwil Menag Jambi mempertanyakan penyeleksian Kakanwil Jambi dan tim penyeleksian harus terbuka.

Koordinator Lapangan, Abdullah saat dikonfirmasi mengatakan, kenapa tidak dilantiknya kepala terpilih, Kanwil Kemenag Provinsi Jambi kosong dalam kepemimpinan dan ia berharap Mentri Agama pusat, segera melantik ketua terpilih.

BACA LAINNYA  Maulana Sebut Kota Jambi Baru 53% Untuk Mencapai Healt Imunity, Suparyono : Jangan Takut Vaksin

Abdullah menyebutkan, ketika suara massa aksi tidak diindahkan dan tidak dikabulkan, tim anggotanya akan segera melakukan aksi didepan istana presiden Republik Indonesia, KPK, RI, Kejagung, Kemenag RI sambil melaporkan ke jalur hukum dalam kasus kecurangan dan manipulasi.

“Saat ini terjadi kekosongan Kanwil Kemenag Jambi dan diduga ada indikasi jual jabatan dalam pemilihan Kanwil Kemenag Jambi terhadap tim calon. Namun kita akan menunggu info lanjutkan dan semoga yang benar benar sudah terpilih segera dilantik oleh Mentri Yaqut,” jelasnya, Sabtu (09/10/2021) kepada Pemayung.co media partner Kabarjambikito.com.

Terpisah, Mantan Wakil Sekjen GP Ansor wilayah Sumatera, Ridwan Belia saat dikonfirmasi membenarkan, Menteri Yaqut sudah melantik sejumlah para pejabat di ruang lingkup Kementrian.

BACA LAINNYA  Pelaku Pembacok Anaknya Sendiri Ditangkap di Kebun Sawit Warga

Mamun untuk Kanwil Kemenag Jambi belum dilantik padahal seharusnya secara bersamaan dilantik.

“Saya memang tau informasinya Kemenag Jambi gagal dilantik, kalau masalah adanya terselubung atau tidak terselubung, saya tidak begitu paham, karena saya sudah lama meninggalkan urusan seperti itu,” terangnya.

Ridwan mengatakan, ketika adanya isu Jual jabatan tentunya harus bukti yang konkrit dan ketika itu terbukti tentunya sangat disayangkan dalam ruang lingkup Kanwil Kemenag Jambi.

“Yang jelas begini, sebaiknya kementrian agama itu melakukan perbaikan perbaikan di lingkungan dengan menghilangkan unsur unsur kepentingan pribadi dan seharusnya pihak berwajib ada turun untuk melakukan kebenaran,” tegasnya.

BACA LAINNYA  MoU Stikosa - AWS dan JMSI Mampu Menambah Ilmu Mahasiswa Dibidang Jurnalistik

Tidak sampai disitu, terkait masalah di ruang lingkup Kanwil Kemenag seharusnya Inspektorat Kemenag turun. Karena Inspektorat tersebut tugasnya adalah melakukan pengecekan ke personal maupun sub subtansi yang melakukan penyalahgunaan wewenang.

“Itu tugasnya Inspetorat Jendral, dan kita minta segera turun ke Jambi dalam melakukan pemeriksaan. Dan kita berharap terkait kepala Kemenag carilah yang berintegritas, bersih dan jauh dari kepentingan diri pribadi serta bisa jadi acuan masyarakat,” katanya.***

Artikel ini telah dibaca 153 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pelaku Pembacok Anaknya Sendiri Ditangkap di Kebun Sawit Warga

18 Mei 2022 - 21:06 WIB

Lucu!! Aksi Kades Ini Malah Bikin Uang Rp. 1.4 M Yang Akan Diterima Desa berubah Jadi DP Mobil

14 Mei 2022 - 14:27 WIB

Pelaku Penusuk Leher Warga Marosebo Ulu Berhasil Diamankan Polisi

13 Mei 2022 - 09:14 WIB

Hanya Gegara Lempar Kunci Motor, Satpam Bunuh Rekannya Sendiri

12 Mei 2022 - 17:28 WIB

Nekat Tusuk Polisi Dengan Tombak, Tiga Peluru Tembus Dada DPO Curat di Jambi

11 Mei 2022 - 08:28 WIB

Pasca Idul Fitri, Kapolda Jambi Pimpin Apel Pagi

9 Mei 2022 - 11:15 WIB

Trending di Provinsi Jambi