Menu

Mode Gelap
Fadhil Arief Minta Pegawai Berikan Pengaruh Yang Baik Kepada Instansi Demi Mempertahankan Seluruh Honorer Indonesia, Anies Baswedan Temui Jokowi Persiapan Kenduri Swarnabhumi, Tim Kemendikbud Turun ke Tebo Prabowo-AHY Kompak Bilang Punya Kesamaan Usai Bertemu 2 Jam Tajak 21 Juni 2022, SKK Migas dukung kelancaran Pengeboran Sumur Eksplorasi Markisa-001

Muaro Jambi · 7 Jun 2022 11:25 WIB

Maulana Fasilitasi Petani di Jambi Untuk Sekolah Lapangan Iklim


 Maulana Fasilitasi Petani di Jambi Untuk Sekolah Lapangan Iklim Perbesar

Kabarjambikito.com – Curah hujan merupakan parameter iklim terpenting di Indonesia karena variabilitasnya yang tinggi terhadap ruang dan waktu, mengingat kondisi ini Wakil Walikota Jambi, Dr. dr. Maulana. MKM membuka acara kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) sekaligus penanaman perdana padi fortifikasi pada lahan kelompok tani Runas Harapan RT. 11, Kelurahan Penyengat Rendah, Kecamatan Telanaipura.

” Peristiwa iklim ekstrim dikaitkan dengan kekeringan dan banjir, sering mengakibatkan gagal panen. Beberapa upaya antisipasi dalam mengurangi dampak iklim ekstrim telah dilakukan tetapi biasanya difokuskan pada mitigasi kerusakan, bukan tindakan pencegahan, ” Kata Maulana

BACA LAINNYA  DPRD kabupaten Muaro Jambi Gelar Paripurna Mengikuti Pidato Kenegaraan Presiden RI

Menurut Maulana hal ini bertujuan upaya untuk mentransfer pengetahuan tentang ilmu iklim dasar kepada para pemangku kepentingan, istilah teknis dalam informasi iklim BMKG diterjemahkan ke dalam bahasa sehari-hari yang praktis dan mudah dipahami.

Selain itu SLI Tematik membantu petani untuk memahami informasi iklim (prakiraan) untuk mendukung kegiatan pertanian mereka, terutama dalam menentukan awal tanam dan dalam memilih varietas tanaman yang tepat, berdasarkan variabilitas iklim dan kondisi iklim saat ini.

BACA LAINNYA  Berakhir Masa Jabatan Pj Gubernur, Bupati UAS Lontarkan Dua Pantun Perpisahan

Dia Menilai Sekolah Lapang Iklim adalah program belajar sambil bekerja sehingga para petani mampu meningkatkan kemampuan dalam melakukan penyesuaian dan adaptasi yang tepat untuk menghadapi resiko cuaca dan iklim ekstrem.

BACA LAINNYA  Perkuat Satgas BINTER TNI AD, SKK Migas – SKK Sumbagsel Serahkan Kendaraan Operasional

Terakhir Wawako Maulana mengingatkan Program ini tidak akan mencapai tujuannya tanpa adanya kemitraan yang baik antara BMKG sebagai Pusat Layanan Meteorologi Nasional, dan Lembaga terkait seperti Kementerian Pertanian, Akademisi, Pemerintah Daerah, dan Lembaga Internasional, memastikan bahwa semua yang diperlukan untuk keberhasilan kegiatan.

“Kolaborasi merupakan kunci keberhasilan dalam mengantisipasi potensi kerugian dan mengoptimalkan potensi keuntungan, baik bagi pengguna sektoral maupun sektor publik” tandasnya. (Ade)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pj Bupati Muaro Jambi Serahkan Bantuan Bedah Rumah Kepada Warga

14 Juni 2022 - 20:40 WIB

Pj Muaro Jambi Targetkan Peringkat Tiga MTQ Tingkat Provinsi Jambi ke – 51

10 Juni 2022 - 15:29 WIB

Buka Acara KOSN dan FLS2N, Pj Bupati Bachyuni Deliansyah Minta Jangan Hanya Serimonial Saja

9 Juni 2022 - 22:30 WIB

Langkah, Pj Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah Gelar Lomba Azan Bagi OPD

7 Juni 2022 - 17:06 WIB

Aktivitas Illegal Drilling Beroperasi Lagi, Polres Muaro Jambi Turun ke Lokasi

4 Juni 2022 - 19:01 WIB

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pj Muaro Jambi Ajak Selamatkan Sungai Batanghari

3 Juni 2022 - 07:17 WIB

Trending di Muaro Jambi